Komunitas Hobi Basket Indonesia, Wadah Pencinta Olah Raga Basket

Tikum Olahraga – Basket adalah salah satu olahraga terpopuler di Indonesia di era tahun 90an karena didukung oleh stasiun televisi yang kala itu selalu menyiarkan pertandingan dari liga basket Amerika yaitu NBA.

Olahraga ini diciptakan oleh Dr. James Naismith, seorang profesor pendidikan jasmani dan instruktur di Young Men’s Christian Association Training School, Springfield, Massachusetts.

hobi basket 2

Selain menjadi kiblat basket dunia, NBA juga merajai pasar bisnis olahraga Amerika selain MLB (Baseball) dan NFL (American Football). Demam NBA memang begitu dahsyat dan kami yakin Anda pasti juga memiliki tim dan pemain basket NBA idola pada saat itu. Tidak hanya itu, Season yang juga sangat ditunggu penggemar basket adalah ketika adanya kompetisi wilayah yang disebut West vs East coast. Dimana kedua tim tersebut bertaburan pemain bintang basket dengan skill yang mumpuni.

Indonesia melalui KOBATAMA juga pernah mencanpai kejayaannya pada era 90an, dengan tersebarnya berbagai tim basket Indonesia seperti Indonesia Muda, Aspac Jakarta, CLS Surabaya, dll. Dengan panjangnya sejarah olahraga basket di internasional dan Indonesia apakah Anda juga semakin rindu dengan bola basket?

Jika jawabannya adalah “YA”, mari kita coba bangkitkan lagi semangat itu melalui sebuah klub basket nonprofessional di Indonesia yaitu komunitas HOBI BASKET INDONESIA.

hobi basket 3

Pada awalnya komunitas Hobi Basket Indonesia berdiri di kota Jakarta melalui Hobi Basket kota Jakarta. Komunitas yang terbentuk dari sosial media pada tahun 2014 ini terbentuk atas inisiatif pendirinya yaitu Khairil Anbiya.

Visi Hobi Basket ingin menjadi wadah olahraga basket sekaligus merangkul seluruh penggemar basket di tanah air untuk menjadi satu keluarga tanpa memandang perbedaan status.

Misi Hobi Basket:

  • Ingin mendatangi dan mendekat kepada masyarakat yang hobi berolahraga Basket.
  • Menjadi komunitas olahraga yang bermanfaat dan menginspirasi gaya hidup sehat untuk masyarakat Indonesia.

Kemudian seiring berjalannya waktu klub ini mengalami stuck dan cenderung sepi aktifitas karena kesibukan pekerjaan para anggotanya. Orang-orang baru yang ingin bergabung pada saat itu juga sangat sedikit, bahkan cenderung mengurungkan niatnya. Karena kami juga saat itu komunitas basket yang hanya sekedar Hobi Basket aja dan masih minim secara kemampuan bermain basket.

Hingga di akhir tahun 2016, Hobi Basket Jakarta mulai dikembangkan secara serius dan profesional oleh Kaisar Fauzi. Pada saat itu Ia dibantu dengan pasangannya berniat untuk kembali membangun dan meningkatkan prestasi dari klub Hobi Basket Jakarta.

Alhasil usaha mereka membuahkan hasil, karena tidak lama setelah dikelola oleh Kaisar, Hobi Basket Jakarta sangat mengalami peningkatan. Ia mulai kembali mengajak teman-temannya yang pernah terkucilkan ditempat mereka bernaung sebelumnya. Karena pada komunitas Hobi Basket Jakarta sangat peduli kepada orang-orang yang minim tehnik dan kemahiran bermain Basket.

Selama berdiri klub ini pernah dipimpin beberapa nama seperti:

  • Septian Cesar Tambunan dan wakilnya Mike Manuputty.
  • Aldian dan wakilnya Septian.

Dan untuk saat ini Hobi Basket Indonesia dipimpin oleh Kaisar Fauzi (@kaisarvdberg)

hobi basket 4
(Foto Eksklusif ketua Hobi Basket Indonesia)

Saat ini Hobi Basket sudah memiliki 11 cabang yang tersebar dibeberapa daerah Indonesia yaitu: Jakarta, Tangerang, Kalimalang, Bandung, Medan, Siantar, Palembang, Lampung, Cirebon, Banjarmasin. Latar belakang para anggota klub ini sangat terlihat dari usia dan profesi. Mulai dari usia 22 tahun – di atas 30 tahun, dengan profesi sebagai Praktisi sosial media, koordinator lapangan, wasit olahraga, professional swasta, dan konsultan. Berdasarkan data base yang mereka miliki hingga saat ini total jumlah anggota Hob Basket di Jakarta dan kota-kota lainnya sudah mencapai hingga 2000 orang.

hobi basket 5
hobi basket 6

Berbagai kompetisi dan lomba yang pernah mereka ikuti sudah cukup banyak, tapi ada satu moment event yang dimana Hobi Basket Jakarta, bertanding di babak final melawan Tim yang berisikan pemain-pemain bagus/Jago, karena didalamnya ada pemain professional Indonesia.

Secara diatas kertas Tim Hobi Basket Indonesia pasti kalah, akan tetapi akhirnya mereka berhasil mengalahkan Tim lawan hingga berhasil meraih Juara-1. Moment itu begitu mengejutkan dan tidak terlupakan bagi para anggota Hobi Basket Jakarta, bahkan ada yang sampai menangis terharu hingga sujud syukur atas kemenangan yang tidak terduga ini.

Kegiatan rutin mereka sebelum masa pandemic covid-19 berlatih dan bermain basket bersama di beberapa tempat favorit seperti:
1. YPK Panglima Polim, Jakarta Selatan. Sabtu jam 21.00 wib.
2. Lapangan Indoor Sektor 2 Bintaro. Jakarta Selatan. Minggu jam 20.00 wib

hobi basket 7

Tidak hanya itu, klub ini juga peduli dengan keadaan disekitar dan masyarakat Indonesia, mereka sering melakukan kegiatan bakti sosial atau pengumpulan donasi bagi korban bencana alam di berbagai daerah di Indonesia.

hobi basket 8
hobi basket 9

Untuk jadwal latihan dari kota lainnya bisa langsung Anda ketahui melalui akun Instagram masing-masing yang akan di jawab oleh petugas admin. Hobi Basket Jakarta memiliki kebiasaan atau budaya yang sudah terus menerus berjalan dengan baik, saat dimana keadaan hujan lebat saat jadwal bermain basket di lapangan outdoor, para anggotanya tetap datang ramai-ramai.

Mereka akan menunggu hujan hingga berhenti, kemudia mereka langsung segera mengeringkan lapangan bersama-sama. Tidak ada kata “patah semangat” dan tak perlu diragukan lagi akan ramai atau sepi yang datang, karena pasti akan selalu ramai.

Jika Anda gemar bermain basket dan ingin mendapatkan persahabatan dalam kegiatan olahraga ini silahkan bergabung bersama Hobi Basket, komunitas ini terbuka untuk umum dari berbagai kalangan dan tidak perlu malu jika kemampuan bermain basket masih di level pemula atau tidak memiliki sepatu basket yang keren sekalipun. Silahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini.

E-mail: kaisar.fauzi@yahoo.com
Instagram: @hobibasketindonesia

Kami bangga bisa turut mengkampanyekan olahraga basket bersama komunitas Hobi Basket Indonesia. Semoga komunitas ini semakin beprestasi di tingkat lokal dan internasional serta membanggakan Indonesia. tetap jalankan pola hidup sehat dan protokol kesehatan di tengah pandemic saat ini ya guys.
I love this game!

“Talent wins games, but teamwork and intelligence wins championships.”
Michael Jordan

Anda mungkin suka