Komunitas BOGAS (Brompton Owners Group Kelapa Gading) Jakarta

Tikum Bicycle – Berbagai perkumpulan dan Hobi sudah pernah kita bahas pada setiap edisi, tapi kali ini kita akan menampilkan komunitas yang baru dan belum pernah kita bahas yaitu tentang sepeda.

Sepeda terdiri dari berbagai jenis sobat tikum, mulai dari tipe, ukuran, dan fungsi. Mari kita mulai edisi pertama tentang sepeda dengan membahas sepeda lipat asal pabrikan negara Inggris yaitu Brompton.

bogas 2

Sepeda Brompton pertama kali dibuat pada tanggal 3 Juni 1976, oleh Andrew Ritchie di Greenford, London. Brompton memiliki kerangka yang unik, tidak seperti sepeda lain pada umumnya salah satu keunggulannya adalah ukurannya yang kecil dan bisa dilipat. Ketika dalam posisi terlipat ukurannya hanya setinggi 58,5 cm, panjang 56,5 cm dan selebar 27 cm.

Sepeda mewah ini punya berbagai macam jenis model setangnya, antara lain tipe S, M, P, dan H.

Di Indonesia Brompton sangat populer sekali di berbagai usia dan profesi, untuk itulah mari kita berkenalan dengan komunitas Brompton Owners Group Kelapa Gading (BOGAS)

Klub sepeda ini berdiri pada Oktober 2019, dan jika melihat dari nama klub ini sudah bisa dipastikan bahwa Kelapa gading, Jakarta Utara adalah tempat mereka mendeklarasikan berdirinya komunitas Brompton Owners Group Kelapa Gading (BOGAS).

Siapa saja para pendiri dari klub Brompton gading ini ? adalah mas Chriswanto dan mas Alan. Mereka berdua memiliki hobi dan ketertarikan yang sama pada sepeda Brompton.

Visi misi terbentuknya klub Brompton gading adalah untuk mempersatukan sesama hobi sepeda lipat, terutama merk brompton di kelapa gading, Jakarta. Selain itu wadah ini adalah untuk kemudian saling mengenal dan bertukar pikiran dalam hal modifikasi, rute perjalanan, dan pastinya menambah pertemanan lintas usia, gender, profesi, dan lainnya.

Ada hal unik dalam komunitas ini sobat tikum, biasanya kita selalu mengetahui bahwa dalam perkumpulan akan struktur pengurus klub, mulai Ketua, wakil ketua, dll. Akan tetapi didalam klub BOGAS sampai saat ini tidak memberlakukan hal itu alias non-struktural.

Bagi mereka semua dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Wah.., suasana demokrasi yang berbeda neh sobat tikum.

Mari kita lihat apa saja latar belakang dari para anggota BOGAS. Dalam klub ini usia termuda dimulai dari umur 23 tahun sampai 65 tahun. Lalu bagaimana dengan profesi ? ternyata sangat bervariasi , dimulai dari ibu rumah tangga, pengusaha, pejabat pememerintahan, polisi, dan Tentara. Semua bergabung menjadi satu dalam kecintaan yang sama akan sepeda Brompton.

bogas 3

Sampai saat ini BOGAS sudah memiliki 150 anggota, mereka tampil berbeda karena mengelola komunitas ini atas dasar ingin bahagia bersama, dan untuk pengelolaan keuangan didalam klub mereka selalu update berkala kepada semua anggota, termasuk dalam hal keuntungan melalui penjualan barang dagangan dari klub.

Apa saja kegiatan rutin BOGAS ? mereka membaginya dalam 3 hal yaitu, mingguan,bulanan, dan event tahunan. Mari kita simak satu persatu.

  1. Mingguan
    BORIS (BOGAS CARI SARAPAN) setiap sabtu pagi dan Rabu malam gowes kuliner
  2. Bulanan
    kopdar akbar di basecamp (off jersey utk semakin mengakrabkan sesama member),
    BARON (BOGAS RAME2 NONTON)
  3. Tahunan
    baksos natal, BOGI Ramadhan (BOGAS BERBAGI RAMADHAN), dan acara yg sesuai kondisi terkini seperti di awal bulan Maret 2020, adalah mengadakan GOWES MERONA (Gowes Melawan Corona)

Mereka melakukan gowes dari Senayan – Gading bersama klub lain, lalu finish di basecamp. Mereka menghadirkan dokter pakar untuk menjelaskan segala sesuatu tentang Covid-19, dan dilanjutkan ramah tamah, kuliner, dan doorprize.

bogas 4

Last but not least, jika anda penasaran sudah sampai mana rute perjalan BOGAS ? di akhir tahun 2019 lalu tepatnya di bulan Desember, BOGAS sudah melakukan perjalan sepeda hingga mencapai kota Bogor. Namun ditengah situasi pandemic Covid-19 saat ini, beberapa rencana mereka ada yang tertunda.

Bogas 5

Rencana perjalan di bulan Maret 2020 menuju London, Inggris harus tertunda dikarenakan wabah Covid-19. Sedangkan di bulan April ini, seharusnya BOGAS terbang untuk agenda kegiata gowes ke Belitung, namun harus ikutan batal juga karena alasan yang sama dengan London.

bogas 6

Yaah, bersabar dulu ya teman- teman semua, mari kita dukung himbauan pemerintah untuk pembatasan sosial berskala besar (PSBB), untuk kebaikan kita sendiri dan bersama.

Gimana sobat tikum, seru buka kegiatand dari komunitas ini.. Jika anda warga Jakarta Utara dan sekitarnya tertarik untuk bergabung dalam komunitas brompton ini, silahkan mencari tahu terlebih dahulu melalui akun sosial media mereka di Instagram : @bromptongading

Pihak admin akan segera membantu pertanyaan kalian dan mengarahkan bagaimana proses menjadi anggota dari BOGAS.

Life is like riding a bicycle: you don’t fall off unless you stop pedaling.
Claude Pepper (American Politician)

Anda mungkin suka