Komunitas BMX (Asosiasi BMX Indonesia), Wadah Penggemar BMX

Tikum Bicycle – BMX merupakan salah satu jenis sepeda yang banyak digandrungi anak muda. Sensasi menunggangi BMX dinilai berbeda. Apakah Anda penggemar BMX juga?

BMX adalah singkatan dari Bicycle Motocross. Sepeda ini dibuat untuk balap off-road dan trick riding. Sepeda yang berasal dari California, Amerika Serikat ini diciptakan pada tahun 1970-an. Terinspirasi oleh pengendara motorcross saat itu, hingga orang-orang mulai membalapkan sepeda mereka di trek tanah.

Faktanya, BMX dirancang untuk menarik lebih banyak orang ke motocross, tetapi segera berkembang menjadi olahraga tersendiri. Walau awalnya BMX dirancang untuk balap dan ketangkasan Anda tidak harus berlomba dan tetap bisa menikmati bobotnya yang ringan dan bentuknya yang eksotis.

Desain BMX yang kecil, kuat, ringan, dapat bermanuver, ditambah dengan bingkainya yang ringan dan kokoh membuat harga sepeda ini tinggi. BMX umumnya terbuat dari baja chromoly atau aluminium yang andal. BMX tidak hanya digunakan untuk berolahraga, melainkan juga menyalurkan emosi, mengekspresikan diri, hingga memacu adrenalin.

Hal semacam ini sangat jarang ditemukan pada sepeda jenis lain. maka tak heran jika pesona BMX sulit ditandingi. Dan untuk lebih mengenal perkembangan BMX di Indonesia mari kita juga berkenalan dengan organisasi sepeda ini yaitu Asosiasi BMX Indonesia.

Komunitas BMX dari Asosiasi BMX Indonesia (ABI) resmi berdiri pada tanggal 1 April 2001. Asosiasi ini merupakan suatu wadah atau perkumpulan yang dibentuk oleh sekelompok pemerhati sepeda BMX, hingga akhirnya disahkan oleh Akte Notaris pada tanggal 9 Januari 2003 dan diketahui oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pada tanggal 24 Februari 2003.

Ide pendirian asosiasi ini diharapkan agar dapat menjalin komunikasi dan mendapatkan informasi dalam hal pengembangan bakat, keterampilan penggemar dan pengguna sepeda BMX di seluruh Indonesia pada umumnya.
VISI mereka adalah ingin menghadirkan sebuah pilihan positif untuk mengaktualisasikan potensi dan adrenalin bagi generasi muda.

MISI ABI untuk mewadahi para pecinta dan pelaku olah raga sepeda BMX untuk dapat mewujudkan cita-cita dan impian mereka dengan cara sebagai berikut.

  • Memberikan fasilitas bagi para anggotanya yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
  • emberikan salah satu pilihan kegiatan yang positif untuk generasi muda.
  • Membantu program pemerintah untuk ikut berpartisipasi dalam mengisi pembangunan negeri ini.
  • Menciptakan hiburan baru dan lapangan pekerjaan bagi generasi muda

ABI sempat diketuai oleh Bapak Danil Gunawan, namun sepeninggalan ketua umum Danil yang telah wafat, saat ini Pelaksana Tugas (Plt) Ketua umum adalah Bapak Firman Kurniawan.

(Kiri: Danil Gunawan – Kanan: Firman Kurniawan)

Latar belakang para anggota yang bernaung di bawah ABI sangat beragam baik pria dan wanita. Mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, seniman, atlet professional, hingga pengusaha.

Penyebaran asosiasi ini sudah cukup banyak di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Bali, Surabaya, Banyuwangi, Samarinda, Banjarmasin, Medan, Palembang dan Lampung.

Hal yang istimewa dari asosiasi ini adalah selain organisasi olahraga resmi yang diakui dan didukung oleh pemerintah dalam penyaluran minat dan bakat, sekaligus mencetak calon atlet profesional masa depan guna mencapai prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Kegiatan rutin asosiasi selama berdiri sangat beragam dengan berbagai kompetisi seperti coaching clinic di car free day, BMX Freestlye competition, BMX Mall to Mall, Street park competition, Kejuaraan nasional BMX, Wimcycle BMX open series, hingga BMX Indonesia International event. Yaitu event dengan mendatangkan atlet BMX internasional yang punya prestasi sebagai juara dunia.

(Sertifikasi Pelatihan instruktur/juri Olahraga Xtreme/petualangan dan tantangan 2021 oleh Komite Olaharaga Rekreasi provinsi Jawa Barat)

Indonesia saat ini punya beberapa atlet balap BMX nasional seperti I Gusti Bagus Saputra, Toni Syarifudin dan Rio Akbar yang sudah berlaga di ajang internasional seperti Olimpiade. Diharapkan Asosiasi ini juga akan mencetak bibit-bibit potensial atlet BMX guna meneruskan regenerasi.

Bagaimana sobatttikum, apakah semakin kagum akan sepeda BMX? Jika Anda pemilik sepeda BMX, kolektor atau hanya sekedar penggemar saja, kami mengajak Anda untuk turut bergabung sekaligus berkontribusi bagi kemajuan perkembangan olahraga prestasi ini. Silahkan meluncur ke situs resmi ABI di asosiasibmx.com

Kami bangga bisa turut menyosialisasikan sepeda legenda ini kepada masyarakat Indonesia ditengah tren sepeda yang sedang meningkat sejak masa pandemi covid-19. Semoga Komunitas BMX dari Asosiasi BMX Indonesia semakin berkibar di internasional.

Riding BMX is a constant pursuit and attainment of fun.

Tyson Jones-Peni
Anda mungkin suka