Komunitas Barcelona FC Penya Barcelonista Indobarca

Tikum Komunitas Bola – Sepakbola Eropa selalu memiliki magnet kuat bagi seluruh warga dunia, beberapa negara di Eropa pun memiliki banyak Club besar yang sarat akan prestasi di tingkat domesik dan internasional. Pada edisi ini kami ingin membahas salah satu klub sepakbola asal Catalunya, Spanyol yaitu FC Barcelona.

indobarca 2
(Kota Barcelona)

FC Barcelona atau dikenal dengan Barca berdiri pada tanggal 29 November 1899, dan bermarkas di stadion Camp Nou. Prestasi Barca di tingkat domestik adalah menajadi juara sebanyak 74 kali (La Liga, Piala Raja Spanyol, Piala super Spanyol, Copa Eva Duarte, Copa de La Liga).

Trophy untuk tingkat Eropa sebanyak 17 kali (Liga Champions UEFA, Piala Winners UEFA, Piala Inter-Cities Fairs) dan untuk tingkat dunia adalah sebanyak 3 kali (Piala dunia antar Klub FIFA).

Prestasi ini didukung oleh banyak Pelatih berkualitas dan tentunya para pemain bintang kelas dunia yang selalu mengisi line up Barca dari jaman dulu hingga masa sekarang, diantaranya : Diego Maradona, Johan Cruijff, Thierry Henry, Ronaldo, Xavi, Carles Puyol, Lionel Messi, dll.

Di Indonesia kepopuleran Azulgranas sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, bahkan Indonesia memiliki basis Fans yang sangat besar, mari kita kenal lebih dekat dengan Penya Barcelonista Indobarca.

indobarca logo

Komunitas ini berdiri atas inisiatif dari beberapa orang Barcelonistas asal Indonesia yaitu, M. Rizky (kibun), Mike Roland, Wilem, Anggoro Manik, Tray Alves, Ferry Kamoto, Amel dan beberapa rekan lainnya.

Indobarca atau Penya IndoBarca berdiri secara resmi pada tanggal 23 Mei 2009, bertempat di Hanggar futsal Pancoran, Jakarta. dengan dihadiri beberapa orang komunitas dan juga beberapa pengamat sepakbola seperti Coach Justin, Towel dan lainnya.

Visi dari IndoBarça adalah ingin menjadi komunitas yang mampu menjalin persatuan, kesatuan, dan mempererat persaudaraan terhadap sesama pecinta klub FC Barcelona.

  • Dan untuk mewujudkan visi tersebut, IndoBarça mempunyai misi antara lain:
  • Menjadikan IndoBarca sebagai wadah berkumpul, berinteraksi, dan berbagi terhadap para pecinta klub FC Barcelona di Indonesia.
  • Mengembangkan kreativitas dan menumbuhkan rasa sosial anggota IndoBarça terhadap masyarakat.
  • Menjadikan IndoBarça sebagai komunitas penggemar klub FC Barcelona yang dapat mewakili Indonesia di mata FC Barcelona.
indobarca 3

Sejak berdiri dari tahun 2009 tercatat beberapa nama yang pernah dan masih memimpin Penya Barcelonista Indobarca Fans FC Barcelona hingga saat ini, mereka adalah :

  1. M. Rizky Sutanjamaris (2009-2011)
  2. Antares Perreira (2012-2014)
  3. Gigih Prawira syaban  (2014-2016)
  4. Satria Juliarto (2016-2018, 2018-2021)
indobarca 4

Berdasarkan data terbaru dari pihak pengurus pusat jumlah anggota IndoBarca sejak tahun 2009 sudah mencapai 50 ribu orang. Namun, update terbaru pada tahun 2016 hingga hari ini berdasarkan keaktifan adalah sebanyak 8 ribu anggota/orang di seluruh Indonesia.

Berbagai genre, usia, hingga profesi banyak yang bergabung dalam Indo Barca. Mulai dari Pelajar, Mahasiswa, Aparatur Sipil Negara, Pegawai Swasta, anggota Polri / TNI, Wiraswasta dan Publik Figur (Coach Justinus lhaksana, Conchita Caroline, Mario Lawalata, Ardiansyah Runtuboy, dll)

indobarca 5
Carles Puyol saat berkunjung ke Indonesial
indobarca 6
indobarca 7

tikum.id sempat bertanya kepada perwakilan mereka mengenai apa yang membedakan Barcelona FC dengan club Spanyol lainnya. dan menurut versi mereka Barcelona memiliki sistem organisasi, sejarah bintang sepakbola dan prestasi yang luar biasa baik di tingkat lokal, eropa dan internasional.

Selayaknya komunitas sepakbola IndoBarca memiliki banyak sekalai agenda kegiatan sebelum adanya Pandemi Covid-19 saat ini. berikut diantaranya :

  1. Fun Soccer.
  2. Futsal.
  3. Nonton bola bersama (Nobar).
  4. Kopdar mingguan.
  5. Merchandising.
  6. Gathering nasional.
  7. Bakti sosial untuk masyarakat.
  8. Menghadiri undangan berbagai media. 

Jika anda juga fans dari FC Barcelona dan selama ini belum mengetahui bagaimana proses untuk bergabung menjadi Barcelonistas atau Penya Barcelonista Indobarca silahkan menghubungi beberapa akun sosial media mereka dibawah ini.

E-mail : indobarca@fcbworld.org
Website : www.indobarca.org
Instagram : @indobarca
Facebook : FC Barcelona Indonesia Fans Club
Twitter : @penaindobarca

Tetap kompak dan terus berkarya untuk Penya Barcelonista Indobarca dimanapun kalian berada, karena IndoBarca ‘Mes que Un Club’ Bukan hanya sekedar Klub, tapi keluarga besar.

“You have to fight to reach your dream. You have to sacrifice and work hard for it.”

Lionel Messi
Anda mungkin suka