Komunitas B2W Indonesia, Penginisiator Sepeda Untuk Alat Transportasi

Tikum Bicycle – Trend bersepeda pada jaman sekarang seperti sudah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya bagi kaum urban. Pada dasarnya olahraga bersepeda itu menyehatkan, asal kita melakukannya secara teratur dan konsisten.

Istilah “bike to work” atau “Gowes ke Kantor” yang berarti berangkat bekerja dengan menggunakan sepeda, sudah sering kita dengar dan lihat di kota besar. Sepeda memang bisa jadi pilihan alat transportasi yang lebih hemat, menyehatkan, praktis dan lincah di tengah kemacetan dan jalan di kota-kota besar.

bike2work 2

Beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin memulai Bike to work adalah :

  1. Pastikan sepeda dalam keadaan baik, artinya Ban, kondisi rantai dan semua baut berfungsi dengan baik
  2. Hapalkan jalur khusus sepeda agar jika terjadi kemacetan anda tahu rute jalan singkat melalui gang atau daerah tertentu.
  3. Pergunakan Helm dan Baju yang mudah dilihat pengguna kendaraan lainnya.
  4. Tetap patuhi rambu lalu lintas yang terdapat dalam rute perjalanan yang anda pilih,
  5. Hal terakhir ini cukup penting juga, bawa perlengkapan mandi dan pastikan di kantor anda ada kamar mandi untuk anda bisa membersihkan diri dari keringat dan polusi. Jika tidak ada anda sudah harus mencari SPBU yang memiliki kamar mandi umum.

Agar anda semakin yakin untuk memulai kegiatan bersepeda, pada edisi hari ini tikum.id akan membahas tentang komunitas sepeda yang sarat akan kegiatan positif. Mari kita berkenalan lebih dekat dengan komunitas B2W atau BIKE TO WORK INDONESIA sebagai penginisiator sepeda sebagai alat transportasi .

Komunitas B2W indonesia berdiri pada tanggal 27 Agustus 2005, penginisiator sebuah gerakan moral yang lahir dari keprihatinan akan kemacetan, pemborosan energi dan meningkatnya polusi yang akan berakibat pada degradasi kecerdasan dan mental manusia Indonesia.

Pada awalnya gerakan ini memang diberi identitas bike to work indonesia atau b2w indonesia atau komunitas pekerja bersepeda indonesia dengan logo seperti di atas yang merupakan hasil karya Abby Kahuna.

Dalam perkembangannya, b2w Indonesia bersepakat bahwa kata #work maknanya diperluas tidak sekedar bekerja atau ke kantor tetapi menjadi beraktifitas.

Menurut b2w, Definisi Bike to Work adalah Bersepeda ke kantor adalah KELIRU BESAR, kata “work” disini bukan berarti “kerja” tetapi bermakna lebih luas, yaitu “aktifitas”, sehingga apapun aktifitasnya jika menggunakan sepeda sebagai sarana transportasinya, maka itu adalah bike to work.

VISI dari b2w Indonesia adalah menciptakan kualitas hidup yang lebih baik dengan Bersepeda.

sedangkan MISI mereka, ingin meningkatkan jumlah pengguna sepeda untuk beraktivitas sehari-hari.

Ada filosofi yang sangat mendalam dari arti logo b2w, penjelasan mereka adalah sebagai berikut:

  • Lingkaran , bentuk dinamis yang berkesan berputar simbolisasi dari roda.
  • Warna kuning dan hitam , yang mana kuning diartikan waspada , dan hitam untuk kesan kontras sehingga mudah terlihat. Mengadaptasi dari rambu lalu lintas ,melambangkan komunitas ini lebih banyak berada di jalan raya.
  • Nama bike to work, yang berarti bersepeda ke tempat kerja, menggunakan bahasa inggris agar komunitas ini lebih universal tanpa mentargetkan hanya orang Indonesia yang berada dalam komunitas ini bahkan mendunia. Penggunaan jenis huruf Arial yang mana jenis huruf ini jelas terbaca sehingga pesan lebih mudah sampai , dan dipilih huruf kecil semua menggambarkan dalam komunitas ini lebih didominasi oleh masyarakat kecil.
  • Jenis sepeda yang digunakan dalam logo adalah mountain bike , karena gerakan ini berawal dari komunitas tersebut.
  • Simbol sepeda dengan memanfaatkan dua huruf ‘O’ pada tulisan dan menghadap keatas mencerminkan komunitas ini akan naik dan berkembang terus.
  • Tulisan dalam lingkaran yang menyentuh garis tepi menggambarkan didalam komunitas ini tidak ada

Sejak berdiri di tahun 2005 sampai dengan sekarang, B2W Indonesia sudah pernah dipimpin oleh berbagai tokoh, seperti :

  1. Taufik Hidayat (2005)
  2. Toto Sugito (2006–2009)
  3. Poetoet Soedarjanto (2016- Saat ini)
bike2work 3

Sampai saat ini komunitas b2w sudah tersebar di 100 kota lebih di seluruh Indonesia. walau tidak menggunakan sistem keanggotaan, siapa pun bisa bergabung dan berperan aktif dalam kegiatan b2w.

Hal lain yang menjadi keunikan dan membedakan b2w dengan komunitas sepeda lainnya adalah, Entitas ini dibangun dengan nama komunitas , namun dalam praktek lebih kepada social movement atau gerakan moral untuk mengajak masyarakat luas menjadikan sepeda sebagai alat transportasi. karena komunitas ini bersifat gerakan maka mereka tidak mensyaratkan keanggotaan, jadi tidak ada batasan profesi. Siapapun dengan sepeda jenis apapun, bisa bergabung menjadi bagian dari b2w.

Mari kita simak secara lengkap apa saja yang menjadi kegiatan b2w.

1. Advokasi

Advokasi yang sudah mereka lakukan adalah adanya pasal-2 yg terkait sepeda di UU LLAJ no 22 tahun 2009, dan hingga tahun 2020. b2w berpendapat bahwa hal ini belum terlihat memuaskan dalam realisasinya. Selain itu, keluarnya pergub DKI no 51 tahun 2020 juga tak lepas dari dorongan b2w bersama teman- teman lain, maka b2w support pemprov DKI dengan membantu penyediaan sepeda sebagai feeder angkutan umum

2. Campaign

Kegiatan campaign dan edukasi saat ini lebih banyak dilakukan dengan online, semua kegiatan offline untuk sementara ditunda, dan sekarang sedang kita rancang kegiatan offline dengan mengaktifkan kembali dan tetap dengan penyesuaian protokol kesehatan. Untuk wilayah DKI rencananya akan dilakukan setiap senin di FX Sudirman.

bike2work 4

3. Social

Hampir sebulan sekali b2w melakukan donasi sepeda untuk mereka yang membutuhkan. Baik secara spontan (tergantung situasi) dan donasi dalam bentuk lainnya. Bentuk support kegiatan teman-teman komunitas bisa dalam bentuk dana, publikasi atau hal lain yg terkait.

Salah satu contoh nyata kegiatan sosial mereka adalah, ketika b2w terlibat untuk pengadaan sepeda motor bagi sahabat ojek online yang kehilangan motornya. Lalu ada juga kegiatan bakti sosial terkait permasalah pandemi saat ini dengan melakukan pengumpulan dana dan alat pelindung diri untuk diserahkan kepada kaum Dhuafa, para supir ojek online, pedagang kaki lima dan tenaga medis Indonesia di berbagai daerah.

4. Education

Saat ini kami fokus agar bagaimana pemerintah tetap memperhatikan bahwa sepeda itu sebuah solusi, tidak saja bagi persoalan perkotaan dan juga penyebaran wabah corona.

bike2work 5

5. Anniversary

Kegiatan ini juga menarik untuk kita lihat, karena perayaan hari jadi sekaligus juga ajang untuk bisa melakukan kegiatan sosial dan berinteraksi kepada masyarakat, berikut diantaranya :

  • Paket merchandise berupa kaos + bike tag + masker, yang akan di distribusikan kepada b2w di berbagai daerah untuk digunakan dalam kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan.
  • Mengeluarkan sepeda special edition bekerja sama dengan element bike.
  • Lomba video selama 3 bulan berturut-turut.
  • Memproduksi jersey edisi khusus.
  • Aktifitas sosial bersama Komunitas lain seperti Human on Wheel dan Help 2 Help.

Youtube Channel: Disini

Bagaimana sobat tikum, anda sudah mulai tertarik untuk bisa bergabung ? Jika iya silahkan simak beberapa akun sosial media mereka untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Website : www.b2w-indonesia.or.id
Facebook : @biketoworkindonesia
Instagram : @b2w_indonesia
Hotline : +62 82121467558

tikum.id sangat bangga bisa memperkenalkan komunitas bersepeda ini kepada anda, semoga anda mendapatkan banyak inspirasi dan insight menarik dari Bike to Work Indonesia.

Sukses selalu untuk komunitas B2W Indonesia sebagai penginisiator sepeda sebagai alat transportasi, semakin bertambah banyak dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

“Nothing compares to the simple pleasure of riding a bike”.
John F Kennedy

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka