Komunitas 1000 Kebun, Wadah Para Penggemar Berkebun

Tikum OrganisasiBerkebun menjadi kegiatan dan hobi yang cukup bertumbuh di masyarakat sejak masa pandemic Covid-19 karena berkurangnya mobilitas masyarakat. Banyak orang ingin tetap melakukan kegiatan positif dan mungkin Berkebun bisa menjadi pilihan baru.

Komunitas 1000kebun 1

Pertanian dan Perkebunan, selintas kedua hal ini memang nampak serupa, namun sesungguhnya serupa tapi tidak sama. Dimana letak perbedaannya?

Pertanian lebih fokus kepada budidaya di bidang tani, sementara untuk perkebunan dilakukan ada plot skala kecil.

Perbedaan lainnya adalah, Pertanian berfokus pada penyediaan untuk kebutuhan pertumbuhan populasi, oleh sebab itu cenderung mono tanaman dan lebih mengurangi keberagaman hayati. Sementara itu untuk bidang Perkebunan lebih mempromosikan mengenai keberagaman hayati dan suksesi ekologi.

Pada umumnya berkebun hanya merupakan pekerjaan sambilan, namun percaya atau tidak kegiatan berkebun di rumah diyakini bisa melepaskan stress di tengah tekanan pandemi. Bahkan, dua tahun kebelakang warga perkotaan juga mulai memanfaakan lahan di sekitar rumah mereka dengan mulai menanam tumbuhan holtikultura, yaitu sayuran, bunga-bungan dan buah-buahan.

Jika Anda rajin dan disiplin menjalankan kegiatan berkebun ini, bukan tidak mungkin kegiatan ini bisa menjadi penghasilan tambahan. Sebab ini sudah dibuktikan oleh wadah sekelompok orang-orang yang gemar berkebun yaitu Komunitas 1000 kebun.

Komunitas 1000 kebun, merupakan wadah para penggemar berkebun ini telah berdiri pada tahun 2015. Atas inisiasi beberapa orang yaitu Rd. Galih Raditya, Vania Febriyantie, Ali Abdullah, Putri, Nina dan Ida. Dan saat ini komunitas 1000 kebun diketuai oleh Rd. Galih Raditya.

Komunitas 1000kebun 2
(Ketua Komunitas 1000 kebun)

Pada awalnya embrio komunitas ini berasal dari beberapa warga perumahan Arcamanik kota Bandung yang senang untuk berkebun dan mengkonsumsi pangan organik. Atas dasar ketertarikan yang sama inilah, akhirnya diputuskan untuk membangun sebuah wadah yang bernama Komunitas 1000 Kebun.

VISI komunitas ini adalah untuk membangun masyarakat Indonesia yang memiliki pola hidup berkualitas berdasarkan pangan sehat dan organik dengan menekankan kepada aktvitas berbasis komunitas dan berkelanjutan. Dan MISI komunitas bertujuan menumbuhkan kesadaran dan memperkuat kapasitas masyarakat Indonesia untuk secara aktif, produktif, dan parsitipatif membangun pola hidup berkualitas berdasarkan pangan sehat dan Organik dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang ramah secara ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Anggota komunitas terdiri dari berbagai latar belakang, dari mulai pensiunan, penggiat lingkungan, dosen, peneliti, mahasiswa, ibu rumah tangga dan sebagainya. Usianya beragam, dari 20an sampai 60an tahun. Dan Sejak terbentuk hingga sekarang jumlah anggota komunitas ini sudah mencapai 800 orang lebih dengan total pembagian di 4 grup applikasi WhatsApp komunitas 1000 Kebun. Para anggota Komunitas tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan bahkan ada yang di luar negeri seperti di Eropa dan Amerika.

Komunitas 1000kebun 3

Kami bertanya juga kepada perwakilan komunitas ini yaiu Ibu Anggi, mengenai apa yang membedakan komunitas 1000 kebun dengan perkumpulan lainnya? Dan jawabannya adalah “Komunitas 1000 Kebun memiliki berbagai wadah interaksi bagi sesama anggota komunitas, seperti WhatsApp Grup, Pasar Sehat 1000 kebun, Workshop Ngebun Seru Yuk! (NgeRuk!), Wisata Kebun, Diskusi Online (Dion), Warung 1000 Kebun, Bincang Seru di Sudut Kebun (SuKun), dan Kebun Komunal Seni Tani.”

Anggi menambahkan “dalam setiap kegiatannya, Komunitas 1000 kebun selalu mengedepankan tekad untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan berdasarkan pangan sehat. Caranya, dengan membangun pusat pengetahuan gaya hidup sehat berbasis komunitas serta memfasilitasi akses terhadap pangan sehat, beserta sarana dan prasarananya.”

Selain itu, komunitas 1000 kebun juga berusaha untuk meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan dalam rantai-nilai pangan sehat, sehingga bisa memperluas jangkauan terhadap pangan sehat. Langkah-langkah ini diharapkan bisa memasyarakatkan gaya hidup sehat yang lebih luas kepada masyarakat Indonesia.

Hal lain yang membuat kami penasaran adalah apa keistimewaan berkebun dan kenapa berkebun menjadi pilihan kegiatan Mereka? Dan jawabannya adalah “karena berkebun bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyembuhkan dan therapeutic. sebab kegiatannya dilakukan dengan cara bersentuhan langsung dengan apa yang ada di alam, seperti bermain tanah, menyemai, membuat kompos, menyiram, sampai memanen.” Semua kegiatan berkebun yang komunitas ini lakukan menggunakan prinsip pertanian regenerative yang alami dan berkelanjutan. Komunitas ini meyakini bahwa dengan menyediakan pangan organik, bisa menjadi kegiatan yang mampu menyelamatkan manusia dan planet bumi dari kehancuran dan kepunahan.

Mari kita lihat apa saja kegiatan rutin komunitas ini sebelum pandemic covid-19. Di setiap bulannya komunitas ini pasti mengadakan kegiatan NgeRuk (Ngebun Seru, Yuk!) dan kegiatan Pasar Sehat 1000 kebun yang kerap kali diadakan 2 kali dalam setahun atau lebih bergantung dari tempat di mana Mereka melaksanakannya.

Komunitas 1000kebun 4
Komunitas 1000kebun 5
Komunitas 1000kebun 6
Komunitas 1000kebun 7
Komunitas 1000kebun 8

Namun saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Mereka terpaksa harus mengganti aktivitas offline berkebun bersama-sama ini dengan kegiatan NgeRuk via Instagram Live. Selain itu mereka juga rutin mengadakan Diskusi Online melalui platform WhatsApp Group. kegiatan lain yang Mereka lakukan sejak pandemi ada SuKun (Bincang Seru di Sudut Kebun) sebuah kegiatan webinar via applikasi Zoom dan Kebun Komunal Seni Tani. Namun, kegiatan di Kebun Komunal Seni Tani benar-benar kami batasi jumlah pengunjungnya supaya bisa menerapkan protokol kesehatan.

Komunitas 1000 Kebun 9
Komunitas 1000 Kebun 10

Jika Anda juga punya hobi berkebun atau memanfaatkan pekarangan rumah, Kami mengajak Anda untuk bergabung menjadi anggota komunitas 1000 kebun. tidak ada syarat khusus bagi yang ingin bergabung menjadi anggota komunitas, asalkan suka dengan topik yang sama, kegiatan berkebun yang sehat dan alami (organik), mau belajar menjalankan gaya hidup sehat, alami dan berkelanjutan.

Bagi yang ingin bergabung silahkan melihat akun sosial media resmi mereka di Instagram @komunitas 1000 kebun atau melalui tautan ini 1000 Kebun

Pandemi Covid boleh saja merubah pola hidup manusia, tapi kreatifitas dan karya nyata jangan pernah berhenti. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini dan bagikan kepada orang-orang terdekat.

Salam Lestari.

“The greatest service which can be rendered any country is to add a useful plant to its culture.”

Thomas Jefferson
Anda mungkin suka