Klub Mercedes-Benz Tiger Club Indonesia (MTC Ina), Pemilik MB W123

Tikum Otomotif – Bercerita mengenai Mercedes Benz memang selalu menarik, selain memiliki banyak tipe, mobil ini juga memiliki jutaan penggemar di berbagai negara. Saat ini kami di tim redaksi rindu untuk kembali menampilkan cerita dari salah satu varian Mercedes yaitu W123 yang merupakan bagian dari komunitas Mercedes Benz Tiger Club.

Sedikit kilas balik mengenai mobil mewah ini, Mercedes-Benz W123 adalah rangkaian mobil eksekutif yang diproduksi oleh produsen negara Jerman dari November 1975 hingga Januari 1986. Mobil ini bisa telihat “manis” atau “gagah” tergantung dari para pemiliknya dalam menampilkan seleranya.

Lalu bagaimana di Indonesia, apa para penggemarnya cukup banyak ? maka dengan bangga kami mengatakan YA pada mobil Classic ini. Mari kita berkenalan dengan para “Macan” Senior dari klub Mercedes-Benz Tiger Club Indonesia (MTC Ina).

mtc ina 2
  1. Iwan Diah (purna tugas)
  2. Tubagus Syamsul (purna tugas)
  3. Radhitya Girindra W. (purna tugas)
  4. Afif Rusman (purna tugas)
  5. Deddy Rachmadi (purna tugas)
  6. Andi Zulfakar (purna tugas)
  7. Rudy Rozaldi (purna tugas)
  8. Ade Rahardjo (purna tugas)
  9. Ary Yudhanto (Presiden saat ini)
mtc ina 3

Lalu bagaimana keberagaman para anggota dalam keluarga MTC Ina ? ini juga menarik untuk dikupas karena menurut sumber tikum.id rentang usia anggota mereka dimulai dari usia 20 tahun – 70 tahun. dengan profesi seperti, Mahasiswa, Pegawai Swasta, Pegawai negeri sipil, Pengusaha dan Seniman.

mtc ina 4

Klub Mercedes-Benz Tiger Club Indonesia (MTC Ina) berdiri pada tanggal 12 Maret 1999, dan Klub ini sudah mendapatkan pengakuan sebagai Mercedes-Benz Club yang telah disertifikasi oleh Mercedes-Benz Museum di Stuttgart, Jerman. Namun hal lain yang menarik dan wajib kita ketahui adalah Pra terbentuknya MTC Ina.

Cikal bakal MTC diawali dengan kegiatan kumpul-kumpul beberapa enthusiast Mercedes Tiger di daerah Parkir timur Senayan, Jakarta. pada tahun 1997/1998.

Saat itu beberapa penggemar Mercy Tiger berkumpul secara rutin di hari Jumat sore di parkir timur senayan (patung kuda) di seberang lapangan baseball. Pada awalnya terdiri dari 8 mobil yakni antara lain : Fin Qodaratta (Tata), Fernando Reza, Deni August, Ade Subhan, Gammar, Fathur, Endi.

Penambahan peserta yang berkumpul setiap minggunya cukup signifikan mulai dari bergabungnya Cahyo, Ongky, Dharma, Ijoel, Hery, Iyoen, Merdi, mas Bambang, mas Deddy, mas Yudi, Alm. Ronald, Edu, Ito, Ary Priok, Pupun, Iwar, Crispien, Tomy Aquino, Yongky, Hengky dan yang lainnya hingga tercetuslah utk membuat Komunitas Mercedes Tiger club di Jakarta.

Kegiatan tersebut berjalan kurang lebih 1 tahun lamanya dan bahkan sempat berkolaborasi dgn Kelpie utk mengadakan acara pameran Mercedes Benz (MB) yang pertama sebelum di Champion Cafe Kemang, bersama MB Distributor dan Familie Der W123 Bandung.

Masa pembentukan MTC dimulai ketika tercetus untuk membentuk Klub Otomotif yang memiliki AD/ART setelah bergabungnya Denny Edward, Ronny Arifuddin, Iwan Diah, Aditya, Didot, Janjan, Kiky, Reza, Furqon, Ordo, mas Iksan, mas Anto, Alm. Joshua, Ronald dan banyak lagi.

Dan seiring dengan berjalannya waktu maka ditunjuklah Iwan Diah, sebagai ketua acara utk kegiatan pameran MB di Champion Cafe, Kemang, Jakarta. (sekarang area Mc-Donalds).

Tahap selanjutnya rekan – rekan tersebut melakukan pembahasan draft AD/ART serta pola kerja organisasi di Apartemen Widya Chandra yang akhirnya terbentuk MTC Ina, sekaligus menunjuk ketua sementara yakni Iwan Diah sampai proses pemilihan ketua umum MTC periode 1 di hotel Atlet Century, Jakarta.

Visi MTC Ina adalah untuk menjadi sebuah klub otomotif Mercedes Benz W123 yang terkemuka di kancah nasional dan international yang memberi benefit yang bagi anggota serta masyarakat secara luas.

Dan Misi dari MTC ina adalah :

  1. Menyediakan solusi menyeluruh bagi para Enthusiast dan pemilik MB W123 yang dapat memberikan nilai tambah secara luas dan mendukung melestarikan MB W123
  2. Mengembangkan sistem dan tata kelola organisasi serta prosedur yang menjadi standar yang lebih transparan dan akuntable yang diimplementasikan secara menyeluruh di organisasi
  3. Mengembangkan dan memberdayakan pengurus / pengelola organisasi club yang professional , Capable dan Berintegritas tinggi.
  4. Mewadahi anggota untuk berkontribusi aktif kepada masyarakat luas melalui sosialpreneur.
  5. Menjalin dan mengembangkan hubungan dengan pihak pemerintah dan instansi terkait yang dapat membantu dan mendukung program pemerintah.
  6. Menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan induk organisasi MB Club Ina dan club otomotif lainnya serta club MB W123 yang ada di seluruh dunia.

Core values dari MTC ina adalah : fun enthusiasm, respect, forward thinking, family, care, positive.

Selama berdiri hingga saat ini, tercatat beberapa nama ketua umum dari yang pertama hingga yang masih memimpin di MTC Ina. Mereka adalah :

  1. Iwan Diah (purna tugas)
  2. Tubagus Syamsul (purna tugas)
  3. Radhitya Girindra W. (purna tugas)
  4. Aditya Adinatha (Purna tugas)
  5. Afif Rusman (purna tugas)
  6. Deddy Rachmadi (purna tugas)
  7. Andi Zulfakar (purna tugas)
  8. Rudy Rozaldi (purna tugas)
  9. Ade Rahardjo (purna tugas)
  10. Ari Yudhanto (Ketum saat ini)

Lalu bagaimana keberagaman para anggota dalam keluarga MTC Ina ? ini juga menarik untuk dibahas karena menurut sumber tikum.id rentang usia anggota mereka dimulai dari usia 20 tahun – 70 tahun. dengan berbagai profesi yaitu : Pelajar/Mahasiswa, Pegawai Swasta, PNS/ASN, TNI, Pengusaha, Artis dan Seniman.

Selain kota Jakarta sampai dengan saat ini MTC Ina sudah memiliki 7 Chapters yang tersebar di seluruh Indonesia yaitu :

  1. Semarang (Jawa Tengah)
  2. Surabaya (Jawa Timur)
  3. Cirebon (Jawa Barat)
  4. Malang (Jawa Timur)
  5. Medan (Sumatera Utara)
  6. Yogyakarta (DIY)
  7. Pekanbaru (Riau)

Secara total jumlah anggota dari MTC Ina sudah mencapai 500 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan para anggota MTC Ina menggunakan seri Mercedes Benz Tiger seperti : 200, 230, 230E, 250, 280, 280E, 300D.

MTC Ina juga padat akan kegiatan rutin sebelum pandemi Covid-19, seperti SOTR (Sunday On The Road), Gathering, Touring baik jarak dekat, menengah dan jauh, Baksos, Olah raga dan kebersamaan seperti MTC Gowes, MTC Run, MTC Autosport / Race, kegiatan Coaching Clinic, Workshop, dan terakhir kegiatan on line / instagram live Garasi Sore MTC, dan kuliner bersama.

Bukan anak otomotif namanya kalo tidak hobi touring.. setuju ? nah, salah satu chapter mereka yaitu MTC Yogyakarta Chapter pernah berkolaborasi dengan Club Mercedes-Benz di Malaysia dengan mengadakan touring di Malaysia.

mtc ina 5
mtc ina 6

Jika anda selama ini ternyata memiliki unit Mercedes Benz W123, mari bergabung bersama keluarga klub Mercedes-Benz Tiger Club Indonesia (MTC Ina) dan silahkan sesuaikan dengan domisili masing – masing untuk proses registrasi. Anda juga bisa melihat melalui beberapa akun sosial media mereka di bawah ini :

Facebook & FB Messenger : Mercedes-Benz Tiger Club Indonesia
Instagram : @W123_MTC_INA

Salam hormat kami dari meja redaksi untuk para Macan Senior, semoga semakin bertambah besar di masa depan dan selalu dicintai masyarakat Indonesia. BRAVO MTC INA !

“You can’t develop a great car and sell it as an independent. You can develop a great car and make a deal with Mercedes.”
Eric Fellner

Anda mungkin suka