Ketahui 5 Manfaat Gowes bagi Wanita

Sebagai olahraga yang belakangan semakin populer, gowes atau bersepeda ternyata punya banyak manfaat terutama bagi wanita. Apa saja?

Sebagai olahraga yang belakangan semakin populer, gowes atau bersepeda ternyata punya banyak manfaat terutama bagi wanita. Apa saja?

Olahraga bersepeda sebenarnya sudah dilakoni orang-orang sejak lama. Namun, pandemi yang berlangsung membuat banyak orang mengalihkan waktunya untuk ikutan gowes. Selain mengisi kekosongan waktu karena aktivitas rutin yang diliburkan, bersepeda menjadi pilihan olahraga yang menyehatkan.

Tidak hanya para pria, wanita pun kini banyak yang gemar gowes. Tidak seperti aerobik, senam, Zumba atau yoga yang terbatas hanya bisa dilakukan di dalam ruangan, bersepeda bisa dilakukan secara outdoor sehingga lebih menyenangkan.
Buat Anda para wanita yang belakangan gemar gowes, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga ini. Apa saja?

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Berdasarkan statistik, wanita cenderung lebih rentan mengalami serangan stroke dibanding pria. Ini karena lebih banyak wanita yang tidak aktif atau jarang berolahraga ketimbang pria. Bersepeda secara rutin bisa menjadi pilihan yang bagus untuk para wanita yang ingin tubuhnya bergerak aktif. Ketika tubuh aktif, potensi beragam penyakit termasuk stroke, jantung bahkan diabetes bisa dikurangi.

2. Menjaga Bobot Tubuh

Rutin melakukan gowes tidak hanya menjaga tubuh bergerak aktif tapi juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, lemak-lemak yang bertumpuk bisa dikikis perlahan-lahan. Hobi ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga bentuk dan bobot tubuh ideal yang Anda impikan.

3. Mengatasi Masalah Menopause dan Menstruasi

Dari segi fisik dan psikis, wanita sangat berbeda dengan pria. Ini karena wanita mengalami periode datang bulan, masa kehamilan, melahirkan hingga menopause. Fluktuasi hormonal bisa menyebabkan ketidaknyamanan baik secara fisik maupun mental. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan olahraga rutin yang tidak terlalu berat. Salah satu pilihannya adalah dengan gowes.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Olahraga ternyata tidak hanya berhubungan dengan kesehatan fisik saja tapi juga psikis atau pikiran. Sebagai salah satu aktivitas yang dilakukan di luar ruangan, olahraga bersepeda memungkinkan Anda untuk menjelajahi area di sekitar. Melihat pemandangan yang menyenangkan tidak hanya membuat pikiran menjadi jernih tapi juga akan menyingkirkan energi negatif dari dalam diri Anda.

Ketika Anda aktif bersepeda, jantung akan memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh. Ini memungkinkan hormon endorfin untuk mengalir secara konsisten ke seluruh tubuh. Endorfin sendiri merupakan hormon yang bisa mengurangi rasa sakit sekaligus memunculkan perasaan positif. Inilah sebabnya kenapa orang-orang yang rajin berolahraga biasanya terlihat lebih bahagia. Ketika endorfin meningkat, hormon pemicu stres juga bisa dikurangi. Efeknya, Anda akan merasa lebih sehat secara mental.

5. Membuat Anda Lebih Percaya Diri

Krisis percaya diri bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari stres, pikiran negatif hingga kondisi fisik yang tidak bugar bisa menjadi alasannya. Dengan bersepeda, Anda bisa menyingkirkan semua itu. Ketika tubuh sehat, berat badan ideal dan Anda bebas stres, secara langsung hal ini akan membuat kepercayaan diri Anda meningkat.

Itulah beberapa manfaat gowes untuk Anda para wanita. Jika Anda tertarik untuk mulai bersepeda, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dengan menghindari tempat yang ramai. Kalau kawasan yang hendak Anda datangi cenderung kurang aman, tidak ada salahnya mengajak teman-teman atau anggota keluarga lain untuk bersepeda bersama. Ayo dapatkan fisik dan mental yang sehat dengan bersepeda secara rutin!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka