Kepemudaan Internasional Untuk Hidup Manusia Yang Lebih Baik

Tujuan Hari Kepemudan Internasional (IYD 2020) adalah menjelaskan kebutuhan untuk memungkinkan keterlibatan kaum muda dengan membuat lembaga lokal, nasional dan global lebih inklusif untuk tujuan memperkuat kapasitas mereka (dan relevansinya) untuk mencapai aksi global.

Sobattikum, Hari Ini kita memperingati Hari Pemuda Internasional 2020 dengan tema “Keterlibatan Pemuda untuk Aksi Global”

Hal ini untuk menyoroti cara keterlibatan kaum muda di tingkat lokal, nasional dan global dalam memperkaya lembaga dan proses nasional dan multilateral, serta menarik pelajaran dari bagaimana representasi dan keterlibatan mereka dalam politik kelembagaan formal dapat ditingkatkan secara signifikan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa sudah berusia 75 tahun, dan dengan hanya 10 tahun tersisa untuk membuat Agenda 2030 menjadi kenyataan bagi semua, kepercayaan pada lembaga publik terkikis.

Di tingkat internasional, dengan latar belakang dunia yang semakin terpolarisasi, sistem pemerintahan internasional saat ini sedang mengalami krisis legitimasi dan relevansi. Secara khusus, krisis ini berakar pada kebutuhan untuk memperkuat kapasitas sistem internasional untuk bertindak bersama dan mengimplementasikan solusi untuk tantangan dan ancaman yang mendesak, contohnya termasuk beberapa dari konflik kontemporer terburuk dan darurat kemanusiaan, seperti Suriah dan Myanmar, serta tantangan global wabah COVID-19 dan perubahan iklim.

Memberi ruang bagi keterlibatan pemuda dalam mekanisme politik formal akan meningkatkan keadilan proses politik dengan mengurangi defisit demokrasi, berkontribusi pada kebijakan yang lebih baik dan lebih berkelanjutan, dan juga memiliki kepentingan simbolis yang selanjutnya dapat berkontribusi untuk memulihkan kepercayaan pada lembaga publik, terutama di kalangan pemuda. Selain itu, sebagian besar tantangan yang dihadapi umat manusia saat ini, seperti wabah COVID-19 dan perubahan iklim memerlukan tindakan global bersama serta keterlibatan dan partisipasi yang berarti dari kaum muda untuk ditangani secara efektif.

Tujuan Hari Kepemudan Internasional (IYD 2020) adalah menjelaskan kebutuhan untuk memungkinkan keterlibatan kaum muda dengan membuat lembaga lokal, nasional dan global lebih inklusif untuk tujuan memperkuat kapasitas mereka (dan relevansinya) untuk mencapai aksi global.

IYD tahun ini berupaya menyoroti keterlibatan kaum muda melalui tiga aliran yang saling berhubungan berikut:

  1. Keterlibatan di tingkat lokal / komunitas;
  2. Keterlibatan di tingkat nasional (perumusan undang-undang, kebijakan, dan pelaksanaannya); dan,
  3. Keterlibatan di tingkat global.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka