5 Kebun Binatang Terbaik di Dunia. Apa Sudah Berkunjung ke Sana?

Kebun binatang terbaik di dunia memiliki koleksi satwa dan fasilitas unggulan. Kebun binatang tersebut tersebar dari Asia hingga Eropa

Kebun binatang terbaik di dunia memiliki koleksi satwa dan fasilitas unggulan. Kebun binatang tersebut tersebar dari Asia hingga Eropa

Kebun binatang bukan hanya taman bermain dan tempat memamerkan satwa saja. Kebun binatang juga memiliki fungsi sebagai tempat konservasi, terutama bagi satwa-satwa yang dianggap langka.

Masing-masing negara di dunia tentunya memiliki kebun binatang unggulannya sendiri. Dengan pengelolaan maksimal dan penyediaan fasilitas yang mumpuni membuat kebun binatang yang ada bisa mendapatkan peringkat terbaik di dunia.

Berikut adalah 5 kebun binatang terbaik di dunia yang bisa menjadi alternatif wisata Anda dan keluarga berikutnya.

1. Singapore Zoo

Kebun binatang terbaik di dunia 1

Memiliki julukan kebun binatang hutan hujan terbaik di dunia, Singapore Zoo telah dibuka sejak tahun 1973. Dulunya bernama Singapore Zoological Gardens dan memiliki koleksi satwa awal hanya sekitar 300 hewan yang terdiri dari 70 spesies.

Konsep yang diusung adalah ruang terbuka sehingga hewan-hewan di sini berada di kandang terbuka yang didesain semirip mungkin dengan habitat asli mereka. Saat ini Singapore Zoo telah mempunyai sekitar 2.800 hewan yang berasal dari 300 spesies.

Salah satu aktivitas unggulan yang ada di sini adalah pengunjung bisa menikmati santap pagi langsung bersama dengan orangutan. Atraksi lain yang ditawarkan di kebun binatang ini adalah kegiatan berkemah dan tersedia berbagai wahana menyenangkan lainnya.

2. San Diego Zoo

Kebun binatang terbaik di dunia 2

Menawarkan konsep kebun binatang terbuka yang ramah untuk seluruh habitat hewan, San Diego Zoo memiliki sekitar 3.000 jenis binatang yang berasal dari 300 spesies. Kebun binatang ini juga memiliki koleksi botani yang cukup lengkap, sekitar 3.500 spesies dan 1, 75 juta spesimen. Tidak heran San Diego Zoo dinobatkan sebagai salah satu kebun binatang terbaik di dunia.

Salah satu aktivitas unggulan di kebun binatang ini adalah safari malamnya. Pengunjung dapat menikmati syahdunya malam dengan melihat berbagai satwa nokturnal beraktivitas dan lebih serunya lagi pengunjung dapat berkemah dan melakukan tur malam.

3. ZSL London Zoo

Kebun binatang terbaik di dunia 3

Adalah kebun binatang tertua di dunia dan didirikan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1826. Awalnya merupakan tempat untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Baru resmi dibuka secara umum pada tahun 1847. Memiliki total luas 14 hektare dengan koleksi 698 spesies dan lebih dari 20 ribu individu hewan.

Ada beragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan di ZSL, di antaranya adalah memberi makan gorila, berperan sebagai penjaga jerapah, bermain bersama penguin, hingga bermalam di kebun binatang, tepat di sebelah kandang singa.

4. Taronga Zoo, Australia

Kebun binatang terbaik di dunia 3

Lokasi tepatnya di salah satu pelabuhan di Sydney, kebun binatang terbaik di dunia satu ini telah memiliki koleksi hewan kurang lebih sebanyak 4000 individu. Kebun Binatang Taronga sudah menjadi pilihan wisata keluarga, baik bagi wisatawan lokal maupun asing.

Taronga Zoo juga aktif dalam kegiatan konservasi. Berbagai riset dan penelitian dilakukan demi keberlangsungan kehidupan binatang yang ada di dunia. Taronga Zoo juga mengajak kita sebagai masyarakat umum untuk ikut serta dalam usaha konservasi yang dilakukan.

5. Wronclaw Zoo, Polandia

Kebun binatang terbaik di dunia 5

Dibangun lebih dari 150 tahun yang lalu, kebun binatang satu ini cukup mendapatkan popularitas yang besar dari warganet di seluruh dunia. Koleksi yang dipunya Wronclaw Zoo juga tidak main-main, total ada sekitar 1.100 spesies dari yang terkecil hingga sampai yang terbesar.

Atraksi unggulan yang ada di Wronclaw Zoo adalah Afrykarium, oceanarium pertama di Polandia dan satu yang paling unik di dunia. Sebagian besar koleksinya adalah ikan, tetapi ada juga 7 spesies hiu, manatee, kuda nil, dan ratusan burung yang sengaja dibiarkan terbang bebas.

Sangat seru dan menarik ya Sobattikum, jika berkesempatan berkunjung ke kebun binatang terbaik di dunia. Jadi, dari 5 kebun binatang di atas, mana yang sudah kalian kunjungi?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka