Kebangkitan Teknologi Nasional dengan Harteknas

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, disingkat Hakteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan ini pertama kali diadakan pada tahun 1995

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional kita peringati setiap tanggal 10 Agustus. Mengapa ada peringatan hari ini? Bagaimana sejarahnya?

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, disingkat Hakteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan ini pertama kali diadakan pada tahun 1995 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995. Hari itu adalah tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia yang ditandai dengan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca di Bandung. Pesawat N-250 adalah pesawat hasil rakitan bangsa kita sendiri di bawah prakarsa Bapak BJ Habibie.

Teknologi memberi pengaruh besar pada kehidupan kita. Kehidupan kita menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi terbaru.

Misalnya saja teknologi komunikasi. Saat kakek dan nenek kita masih muda, komunikasi dengan teman di kota lain hanya dapat dilakukan dengan surat. Saat ini, kita dapat berkomunikasi dengan teman dari kota lain dengan menggunakan gawai. Kita tidak hanya dapat mengirim tulisan. Gambar dan video pun dapat dikirimkan dengan waktu hanya beberapa detik.

Begitu halnya dalam kegiatan menjual-berbelanja, teknoogi semakin canggih dan yang lebih penting lagi teknologi yang kita miliki dapat memaslahatkan masyarakat banyak seperti, memudahkan kolaborasi untuk innovasi, menciptakan ruang kerja baru, menjalankan pemerintaan dengan Good Governance dan juga untuk memberi ruang bagi komunitas.

Harteknas bertujuan untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan pengetahuan dan teknologi.

Peringatan ini juga untuk memberi dorongan agar kita dapat terus mengembangkan inovasi yang berguna bagi bangsa kita bahkan mungkin untuk seluruh dunia.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka