Kebangkitan Musik Rock Era 80an

Halo sobattikum, kali ini kami akan membahas tentang suatu jenis musik, yaitu Rock. Berbicara tentang musik ini, tidak terlepas dari peranan 2 negara besar seperti Amerika dan Inggris, mari kita kupas sedikit dengan artikel ini.

Pada akhir tahun 1970an, di Amerika dan Inggris terjadi suatu ekspansi musik yang cukup massive dan juga variatif dengan ditandai oleh banyak bermunculan grup grup musik dan itu didominasi oleh satu jenis musik, yaitu Rock. Kita mulai dari band tanah Paman Sam pada pertengahan tahun 1970an,diantaranya ada KISS, RUSH, VAN HALEN , AEROSMITH ,UFO, JUDAS PRIEST , CHEAP TRICK ,GREATFUL DEAD,KANSAS dan CHICAGO.

KEBANGKITAN MUSIK ROCK ERA 80an 2

Sementara itu di tanah Inggris telah lahir terlebih dulu dan dikemudian hari menjadi band Legend seperti LED ZEPPELIN, DEEP PURPLE, QUEEN, GENESIS ,THE WHO, PINK FLOYD, IRON MAIDEN , DEF LEPPARD , BLACK SABBATH, WHITESNAKE, SEX PISTOLS , RAINBOW, dan YES .Tanpa mengurangi rasa hormat penulis kepada band pendahulu seperti the BEATLES dan the ROLLING STONES yang sangat melegenda hingga sekarang. 

Begitu masuk tahun 1980 , banyak bermunculan juga musik Rock dengan berbagai aliran seperti Heavy Metal, Glam Rock, Speed Metal, Hard Rock.

Di tahun ini pula banyak grup grup band yang dikemudian hari menjadi SuperGroup seperti , MOTLEY CRUE, METALLICA, GUNS N’ ROSES, AC/DC, STRYPER, POISON, MEGADETH, HELLOWEEN, SCORPIONS, EUROPE, BONJOVI, JOURNEY, TOTO, U2, MR.BIG dan STYX. Sedangkan dari Negeri Matahari Terbit yang diakui oleh dunia Internasional adalah LOUDNESS dan X- JAPAN.

Band band tersebut masing masing berakar dari Rock, tapi mereka dapat meracik suatu komposisi musik, tampilan dan aksi panggung yang berbeda namun sangat atraktif dan menarik. Karena pada jaman itu Audio Visual sangatlah diperhatikan. Terbukti dari sound rekaman yang masih sakti di kuping hingga hari ini. Soal aksi panggung, jangan ditanya,karena mereka sangatlah memanjakan para fans yang membeli tiket konser dengan panggung yg luar biasa megah (pada jaman itu) dan dandanan kostum yang tidak sembarangan. Walau banyak yang memakai make up tebal, bukan berarti mereka tidak dapat menendang bokongmu (slogan dari MOTLEY CRUE). Namun seiring waktu berputar, begitu juga pada musik dan manusia, diawal tahun 1990, perubahan trend musik terjadi dengan hadirnya band seperti NIRVANA , PEARL JAM, SOUNDGARDEN, SMASHING PUMPKINS, STONE TEMPLE PILOT , RED HOT CHILLI PEPPER, ALICE IN CHAIN, CRANBERRIES dan BLUR ,OASIS, WEEZER dari tanah Inggris.

Aliran baru yang sangat disukai kawula muda saat itu, otomatis membuat band era 80an menjadi redup pamornya. Sejalan waktu, band band tersebut juga mengalami pasang surut. Bagi anak musik yang lahir di era 70an dan 80an , akhirnya menyadari suatu hal,yaitu bahwa musik pada era tahun 70an dan 80an adalah yang terbaik dengan aransemen dan lirik yang luar biasa, bahkan masih terdengar enak hingga sekarang, contoh saja Bohemian Rhapsody (QUEEN), Stairway to Heaven (LED ZEPPELIN), Smoke on the water (DEEP PURPLE), Enter Sandman ( METALLICA), November Rain (GUNS N ROSES), Home sweet home ( MOTLEY CRUE), Every rose has its thorne (POISON), Pour some sugar on me ( DEF LEPPARD) dan masih banyak lagi.

Kebangkitan musik rock ere 80an mulai terjadi lagi dari pertengahan tahun 2000an sampai sekarang. Pada tahun 2009 event MONSTER OF ROCK CRUISE kembali digelar, dimana band rock era 80an kembali tampil pada stage yang digelar didalam kapal pesiar raksasa. Pada tahun 2019- 2020 telah digelar TOUR STADIUM DEF LEPPARD , MOTLEY CRUE , POISON dengan JOAN JETT AND THE BLACKHEARTS sebagai opening band.

Dan dari perfilman telah dibuat film tentang band MOTLEY CRUE dengan judul “The DIRT” produksi NetFlix yang sebelumnya dibuat juga film tentang band QUEEN dengan judul ” Rhapsody” yang sangat mencuri perhatian khalayak, dan banyak juga yang menjadi fans QUEEN “dadakan” karena film tersebut.

Kita juga boleh merasa bangga apabila jenis musik ini kembali disukai khalayak ramai, karena kita adalah sang pionir dalam hal ini, yaitu sang penggemar sejati walau jaman telah berubah, aliran musik kami tetaplah..ROCK! 

Salam Metal dari penulis.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka