Jalan-Jalan ke Spanyol? 5 Bangunan Karya Antoni Gaudi Ini Wajib Dikunjungi

Saat berkunjung ke Spanyol, pastikan Anda melihat bangunan karya Antoni Gaudi yang sebagian besar berada di Barcelona. Antoni Gaudi sendiri merupakan arsitek lulusan University of Barcelona yang memiliki gaya arsitektur eksentrik.

Tikum Destinasi – Bergaya unik, ini 5 bangunan karya Antoni Gaudi yang wajib dikunjungi ketika Anda berlibur ke Spanyol. Cari tahu informasi lengkapnya berikut ini, yuk!

Saat berkunjung ke Spanyol, pastikan Anda melihat bangunan karya Antoni Gaudi yang sebagian besar berada di Barcelona. Antoni Gaudi sendiri merupakan arsitek lulusan University of Barcelona yang memiliki gaya arsitektur eksentrik.

Mulanya, Antoni menganut aliran neo-Gothik yang saat itu sedang populer. Tetapi akhirnya ia mulai mengembangkan gayanya sendiri dan mengadaptasi bentuk-bentuk organik seperti garis bidang tidak beraturan dan sulur tanaman.

Di antara karyanya, Sagrada Familia menjadi bangunan paling terkenal. Meski begitu masih ada empat bangunan karya Antoni Gaudi lainnya yang tak boleh dilewatkan ketika jalan-jalan ke Barcelona. Berikut informasi lengkapnya.

1. Sagrada Familia

Bisa dibilang bahwa Sagrada Familia merupakan masterpiece-nya seorang Antoni Gaudi. Berdiri kokoh di tengah kota Barcelona, bangunan yang berfungsi sebagai katedral Katolik Roma ini memiliki sejarah panjang akibat usia pembangunannya mencapai lebih dari 100 tahun. Wow!

Pembangunan awal Sagrada Familia dimulai tahun 1882 dan direncanakan selesai pada tahun 2026 nanti. Berbeda dengan bentuk katedral pada umumnya, Sagrada Familia memiliki tampilan yang unik dan sarat akan makna.

Memasuki bagian dalam, Anda akan dibuat terkesima dengan desain interior yang ada. Bagian atapnya ditopang oleh pilar besar menyerupai pohon dan rantingnya. Sementara di bagian dasar, pilar tersebut berdiri di atas patung kura-kura yang melambangkan keseimbangan antara laut dan daratan.

2. Casa Mila

Bangunan Casa Mila atau La Pedrera berlokasi di daerah Passeig de Gracia, Barcelona atau sekitar 7 menit berkendara dari Sagrada Familia. Menurut sejarahnya, Casa Mila dibangun antara tahun 1906 dan 1910.

Sebagai arsitek bergaya naturalis, Antoni Gaudi terinspirasi membangun Casa Mila berdasarkan bentuk bebatuan. Menurutnya Antoni bentuk bebatuan alami tidak akan memiliki sudut yang tajam dan garis lurus. Itu sebabnya sebagian besar fasad Casa Mila berbentuk melengkung untuk menciptakan kesan alami.

Di tahun 1984, Casa Mila resmi dinyatakan sebagai World Heritage oleh UNESCO. Casa Mila juga disebut sebagai salah satu ikon Barcelona dan menjadi pusat kebudayaan di kota tersebut.

3. Casa Batllo

Dari Casa Mila, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Casa Batllo yang lokasinya berjarak sekitar 2 menit. Masyarakat setempat mengenal bangunan karya Antoni Gaudi ini sebagai Rumah Tulang.

Bila diperhatikan, fasad bagian dasar dipenuhi oleh pilar-pilar yang berbentuk tulang manusia. Sementara di bagian atasnya terdapat balkon yang didesain menyerupai tengkorak. Ketika dilihat dari ketinggian, bagian atas Casa Batllo dihiasi oleh sentuhan mozaik hingga terlihat seperti sisik naga.

Sampai saat ini Casa Batllo disebut sebagai aset wisata kebanggaan Kota Barcelona dan telah ditetapkan sebagai World Heritage oleh UNESCO.

4. Park Guell

Berdiri di atas lahan seluas 45 hektare, Park Guell merupakan sebuah taman rancangan Antoni Gaudi yang diresmikan pada tahun 1926. Di antara bangunan di sekitarnya, Park Guell tampak mencolok karena hiasan mozaik yang ada pada atap dan tembok bangunannya.

Alih-alih berbentuk simetris, atap-atap bangunan di Park Guell dibuat bergelombang menyerupai elemen-elemen organik yang ada di alam. Memasuki area taman pengunjung bisa menikmati sentuhan mozaik yang lebih berwarna.

Konon, setiap simbol atau elemen yang ada di Park Guell memiliki misteri tersendiri yang kabarnya belum terpecahkan sampai sekarang.

5. Casa Vicens

Bangunan karya Antoni Gaudi terakhir yang wajib dikunjungi adalah Casa Vicens. Lokasinya berada dekat dengan Casa Mila, kurang lebih 5 menit berkendara. Sebelum berubah menjadi museum, Casa Vicens dulunya berfungsi sebagai rumah pribadi.

Dibangun pada tahun 1877, Casa Vicens tampak berbeda dari karya Antoni lainnya. Bagian fasadnya banyak menggunakan garis lurus dan beberapa sudutnya terlihat meruncing. Yang paling menarik dari gedung ini adalah desainnya bergaya mozaik mirip catur dengan warna dominan hijau, kuning, dan biru.

Itulah 5 bangunan karya Antoni Gaudi yang semuanya memiliki gaya tak biasa. Sambil jalan-jalan, mengunjungi kelima bangunan di atas juga bisa menjadi sarana untuk belajar sejarah, lho.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka