J-pop VS K-pop di Indonesia

Sobat tikum, di tengah maraknya demam korea di Indonesia banyak hal menarik yang bisa kita telusuri bagaimana proses itu bisa terjadi. Mengingat negara tetangga mereka yaitu Jepang juga memiliki basis fans yang cukup besar di Indonesia.

Jepang dan Korea, terlihat sama dari luar tapi sangat berbeda jika kita mempelajari budayanya. Kedua negara tersebut juga memiliki pengaruh yang besar dalam industri bisnis global pada kategori electronic, otomotive dan hiburan.

Sebenarnya kedua budaya pop ini lahir karena adanya  sebab akibat, jadi menurut  tikum.id  J-Pop mulai terkenal ketika orang Indonesia dan juga negara lain, mulai tertarik denganyang namanya Manga dan Anime Jepang.

Anime Jepang juga  menyisipkan musik pada tiap pembuka dan penutup episode Anime tersebut. Sehingga membuat orang yang mendengarkannya akan mencari lagu apa yang diputar pada Anime yang mereka tonton contohnya di Indonesia seperti Saint Seiya, Sailor Moon, Samurai X.

bukan hanya J-Pop saja yang masuk ke Indo, tapi juga J-Rock atau Japanese Rock seperti band L’Arc-en-Ciel sempat begitu popular di awal tahun 2000 an

Sedangkan K-Pop sendiri mulai populer di Indonesia, bukan lewat K-drama nya karena K-Pop ini lebih dikenal karena lebih banyak dibawakan oleh boyband atau girlband, dan sedikit dibawakan oleh penyanyi solo

Lalu kenapa K-Pop begitu terlihat dominan di Indonesia pada saat ini ? Menurut mimin (tikum.id)  ada beberapa factor, yuk kita bahas :

1.  K-drama

Kecantikan dan ketampanan dari para pemain drama korea ini sangat mengundang rasa penasaran yang besar dari para penontonnya. sehingga orang mulai mencari hal-hal yang berbau Korea.

Sebenarnya hal yang sama juga berlaku untuk Anime/Manga Jepang yang juga demikian, walaupun dulu jepang juga pernah memproduksi drama serial sebut saja Tokyo love story, Love generation dan Ordinary people.

2. kekuatan promosi

K-Pop masuknya belakangan dari J-Pop, namun agresifnya jauh lebih kerasa dari J-Pop. Kok bisa begitu ya ?

K-Pop yang masuk belakangan ini juga pas momentumnya ketika yang namanya media sosial lagi hits nya digunakan di Tanah Air. Dan juga strategi pemasaran untuk K-Pop sendiri lebih gencar lewat media sosial membuat K-Pop tumbuh lebih pesat.

Ditambah dengan girlband dan boyband yang beragam serta beberapa penyanyi solo yang juga bukan hanya menjual musik, tapi juga visual dari para penyanyinya karena kecantikan dan ketampanannya disertai konsep yang sepertinya lebih segar, sehingga K-Pop lebih di sukai saat ini.

Berbeda dengan J-Pop, mereka memiliki konsep yang sedikit berbeda namun tetap sama. Mereka juga punya yang namanya girlband / girl group asuhan 48 Family. Mereka bakan membuat sister group di tempat lain, termasuk di Indo seperti JKT48.

3.  Agensi

selain sebagai promotor mereka juga bertindak sebagai talent management mulai dari perekrutan , pelatihan hingga siap tampil ke masyarkat. Mereka mampu menelurkan idola baru ke pasaran, dan siap mendanai mereka dari debut hingga menuju kesuksesan mereka.

Dan para idol ini tetap diberi jaminan, sesuai kontrak yang ditandatangani. Hal yang sebenarnya juga ada di J-Pop. Namun, perlu diketahui, bahwa Agensi yang sangat terkenal hanya satu di indrustri J-Pop, yaitu 48 Production yang membawahi 48Family.

Berbeda dengan K-Pop, saya bisa sebut Top 3 agensi yang sama2 kuat, SM, YG, dan JYP. 

dengan semakin banyak agensi yang terlibat dalam indrustri hiburan khususnya yang sama-sama kuat, maka akan menghasilkan persaingan yang ketat dalam menghasilkan konsep dan inovasi yang bisa menarik minat pasar.

Nah sobat tikum, gimana penjelasa dari tikum di atas ? kalian makin cinta sama yang mana neh Oppa atau  Senpai J

Anda mungkin suka