Jordan Pickford, Kiper yang Bikin Inggris Belum Kebobolan di Euro 2020

Tikum Bola – Mari mengenal sosok yang berjasa menjaga gawang timnas Inggris hingga belum pernah kebobolan sama sekali di laga Euro 2020!

Digadang-gadang sebagai kandidat terkuat juara Euro 2020, timnas Inggris tampil luar biasa saat menumbangkan semua lawannya. Di babak perempat final, pada 4 Juli 2021, The Three Lions mampu menekuk Ukraina dengan kekalahan tanpa balas, 4-0, di Stadio Olimpico, Roma. Kemenangan itu juga menandai kalau gawang tim asuhan Gareth Southgate belum pernah kebobolan sama sekali di kompetisi ini.

Di balik catatan luar biasa itu, tentunya ada peran besar kiper Jordan Pickford. Lalu, seperti apa kiprahnya di dunia persepakbolaan selama ini? Klub-klub mana saja yang pernah dibelanya? Simak ulasan berikut untuk mengenal sosok Jordan Pickford lebih jauh!

Jordan Pickford 1

Awal Debut

Pickford telah bergabung di akademi sepak bola sejak usia delapan tahun. Dia sempat memperoleh beasiswa 2 tahun, hingga pada tahun 2011, Pickford dipromosikan ke tim cadangan oleh akademinya. Maka sejak itu, dia pun resmi dikontrak untuk bermain secara profesional bagi klub Sunderland.

Pickford juga sempat dipinjamkan ke tim Darlington, yang memberinya kesempatan untuk benar-benar bermain di lapangan. Sayangnya, debutnya tidak berakhir manis, setelah Darlington mengalami kekalahan menyakitkan di kandang sendiri, 0-1, atas Fleetwood Town. Meski belum menunjukkan perkembangan yang diharapkan, kontak pinjaman Pickford saat itu tetap diperpanjang. Bapak satu itu membuat total 17 penampilan untuk Darlington, yang harus tetap gigit jari karena terdegradasi.

Deretan Klub Sepak Bola yang Pernah Dibela

Meski debutnya di Darlington tidak berjalan mulus, Pickford berhasil membuktikan kemampuannya saat dipinjamkan ke klub Preston North End. Dia mencapai hasil clean sheet, 0-0, dalam pertandingan melawan Middlesbrough. Bahkan, catatan nirbobol itu terus diperolehnya hingga enam kali berturut-turut selama membela Preston North End.
Dengan pencapaian fantastis yang diperolehnya bersama Preston, Sunderland memanggilnya kembali pada Januari 2016. Pickford kemudian memperbarui kontraknya dengan Sunderland hingga 2020. Memasuki musim 2017-2018, Everton memutuskan untuk mengontrak Pickford selama lima tahun.

Walau dalam penampilannya bersama Everton, Pickford sempat membuat beberapa blunder yang berbuah gol ke gawangnya, Everton tetap memilihnya sebagai kiper utama. Pickford mencatatkan 38 penampilan bersama timnya di Premier League musim 2020–2021, dengan hasil 13 clean sheet.

Pencapaiannya Bersama Timnas Inggris

Tidak hanya berkiprah di level klub, Pickford juga kerap dipanggil untuk mewakili timnas Inggris di berbagai turnamen internasional. Dia bahkan dipercaya untuk bergabung di setiap level, mulai dari timnas U-16 hingga U-21. Pickford mendapatkan panggilan pertamanya untuk bergabung dengan skuad senior pada Oktober 2016.

Dia dipilih untuk menggantikan Tom Heaton yang mengalami cedera dan tidak bisa tampil dalam pertandingan melawan Slovenia di Piala Dunia 2018. Karena dianggap menunjukkan performa yang luar biasa, Pickford kembali dipanggil untuk memimpin Inggris di babak semifinal UEFA European Under-21 Championship 2017.

Pickford melanjutkan kariernya di timnas senior dengan tampil di Piala Dunia 2018. Pada pertandingan pembuka melawan Tunisia, dia berhasil memimpin Inggris menang 2-1. Dia juga berhasil mencatatkan kemenangan pertamanya dalam sesi adu penalti di Piala Dunia, usai mengeblok bola yang ditendang pemain Kolombia, Carlos Bacca.

Kini, setelah dirinya ditunjuk lagi oleh Gareth Southgate untuk tampil mewakili Inggris di UEFA Euro 2020, Pickford kembali membuktikan kepiawaiannya. Dia menjadi satu-satunya kiper yang berhasil menjaga clean sheet dalam lima pertandingan pertama Euro Cup. Bahkan, hingga berhasil menembus laga semifinal, belum ada satu negara pun yang mampu menjebol gawang Inggris. Sungguh luar biasa, ya?

Anda mungkin suka