5 Jenis Marmot Peliharaan Ini Buat Makin Betah di Rumah

Ingin mencari hewan piaraan yang membuat Anda lebih betah di rumah? Yuk, pilih dari lima jenis marmot peliharaan berikut ini!

Ingin mencari hewan piaraan yang membuat Anda lebih betah di rumah? Yuk, pilih dari lima jenis marmot peliharaan berikut ini!

Ingin mempunyai hewan piaraan, tetapi bukan anjing atau kucing? Mengapa tidak memilih marmot saja? Marmot, atau yang juga disebut sebagai tikus belanda dan guinea pig, merupakan hewan pengerat berekor pendek yang termasuk famili Caviidae. Meskipun dinamai tikus belanda, mamalia ini sebenarnya berasal dari wilayah Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Marmot adalah binatang peliharaan eksotis yang sangatp direkomendasikan, terutama untuk keluarga atau orang-orang yang baru pertama kali memiara hewan.

Ada banyak jenis marmot peliharaan yang bisa dipilih. Jika Anda bingung menentukan salah satunya, mari simak rekomendasi berikut ini!

1. Peru

Jenis yang pertama ini berasal dari wilayah Argentina, Bolivia, dan Peru. Marmot Peru terkenal dengan ciri khasnya, yaitu bulunya yang panjang, lebat, dan lembut. Tikus belanda ini bahkan dinobatkan sebagai spesies marmot dengan bulu terpanjang, yakni mencapai 20 inci! Marmot Peru memiliki warna yang bervariasi, termasuk cokelat muda, cokelat tua, hitam, dan putih.

Jenis hewan ini mudah dipelihara karena memiliki sifat alami yang menggemaskan dan penuh rasa ingin tahu, baik dengan lingkungan sekitar maupun manusia. Jadi, selama Anda rutin berinteraksi dengannya, tikus belanda Peru akan menjadi piaraan yang menyenangkan. Oleh karena bulunya yang panjang dan mudah kusut, jenis ini memerlukan grooming yang lebih rutin ketimbang spesies marmot lainnya.

2. Alpaka

Nama marmot alpaka diperoleh dari alpaka, mamalia dari keluarga unta asal Amerika Selatan. Hal ini karena keduanya memiliki model bulu keriting yang sama. Jenis tikus belanda ini sangat ramah terhadap manusia maupun teman sekandangnya. Marmot alpaka mudah dipegang dan sangat suka bermanja-manja. Selain itu, jenis hewan ini punya kemampuan deteksi khusus yang cerdas, serta bisa menelusuri labirin kompleks dengan simbol-simbol sebagai rambu-rambu jalan.

Marmot alpaka sebaiknya diberi pakan yang terdiri dari banyak sayuran hijau. Anda boleh menambahkan beberapa sayur berwarna lain untuk tambahan vitamin C. Selain itu, buah-buahan berkualitas tinggi, seperti bluberi dan stroberi, dapat sesekali diberikan sebagai selingan. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak terlalu banyak memberi asupan gula pada jenis marmot ini.

3. Amerika

Menurut Guinea Pig Hub, marmot peliharaan yang satu ini merupakan jenis paling umum. Marmot Amerika memiliki watak yang manis dan bersemangat sehingga cocok untuk anak-anak. Jenis tikus belanda ini mempunyai bulu-bulu lembut yang pendek. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk kebutuhan grooming-nya. Bagi yang memiliki bujet terbatas, jenis Amerika merupakan pilihan paling tepat.

4. Coronet

Satu lagi tikus belanda berbulu panjang dan lebat. Marmot Coronet memiliki sifat yang selalu ingin tahu, manja, dan senang diperhatikan. Jenis ini biasanya berukuran 8 sampai 16 inci serta berbobot 680 gram sampai 1,3 kilogram. Bulu-bulu dari Coronet mengharuskan Anda untuk melakukan grooming secara intensif dan rutin.

5. Silkie

Marmot Peliharaan 5

Terakhir, ada marmot Silkie yang berasal dari Inggris atau hasil dari kawin silang. Jenis ini merupakan spesies berwatak paling kalem di antara marmot-marmot lain. Silkie cenderung santai dan pemalu di awal. Butuh waktu yang cukup lama sampai tikus belanda ini mau bermanja-manja dengan Anda. Namun, bagi yang menyukai hewan peliharaan yang tenang dan tidak terlalu aktif, Silkie bisa menjadi opsi pas.

Nah, manakah jenis marmot peliharaan yang membuat Anda tertarik? Pilih yang paling sesuai dengan selera dan kemampuan, ya! Tikus belanda umumnya berusia panjang, tidak mudah sakit, serta gampang dirawat. Meskipun begitu, pastikan Anda tetap memberikan perhatian khusus kepada hewan yang lucu nan menggemaskan ini. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka