Jeep JK Owners Indonesia (JKOI), Komunitas Penggemar Jeep JK

Tikum Otomotif – Melihat Jeep Wrangler dengan kode bodi JK yang bentuknya maskulin, ikonik dan berukuran besar membuat Wrangler pantas jadi suksesor CJ-Series. Apa cerita menarik kali ini dibalik mobil tangguh ini? Simak di Tikum.id

jk owners indonesia 1

Mobil ini seperti punya berbagai julukan, ada yang menyebutnya Jeep Wrangler, Jeep JK, dan ada juga yang menyebutnya sebagai Jeep Rubicon. Padahal, Rubicon sendiri sebenarnya adalah varian dari Wrangler yang memang punya banyak jenis seperti Sport, Unlimited, Sahara atau Brute. Intinya Wrangler sudah menjadi kendaraan off-road yang mumpuni dan populer di Indonesia.

Mari kita mengulas sedikit tentang Jeep. Setiap model mobil ini (dengan beberapa pengecualian) hadir dengan singkatan dua karakter seperti: YJ – Wrangler (1987 – 1995), TJ – Wrangler (1997 – 2006), LJ – Wrangler Unlimited (2003 – 2006), JK – Wrangler (2007 – 2018). Namun edisi hari ini mari kita mengenal tentang kode JK.

Menurut kami Jeep JK merupakan kendaraan serbaguna terbaik sepanjang masa, selain dilengkapi dengan berbagai teknologi kekinian seperti Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist (HSA), Electronic Roll Mitigation (ERM). Mobil ini juga bisa dipakai untuk berbagai kegiatan karena mempunyai desain modern, berteknologi canggih dan tangguh dalam segala medan. Bahkan, mobil ini mampu berjalan di gurun, salju, bebatuan dan jalan berlumpur. Luar biasa bukan!

Untuk lebih mengenal lebih banyak tentang Jeep JK dan keseruan penggemarnya, mari kita berkenalan dengan para pemilik Jeep JK Indonesia yaitu JK Owners Indonesia (JKOI).

Jeep JK Owners Indonesia JKOI resmi berdiri pada tanggal 11 Juni 2011. Klub ini terbentuk atas prakarsa beberapa orang pendiri yaitu Arie Yuwono, Okky Dewanto, Chris Salam, Agus Sofiandi, Sri Hascaryo, Danun Adrianto, Shinta Roselyne Merodina, Okerda Daswarlyn. Dan saat ini JKOI diketuai oleh Ir. Mohammad Winarto.

jk owners indonesia 2
(Foto Eksklusif Ketua Umum JKOI)

VISI terbentuknya klub ini terdiri dari beberapa pion penting yang terdiri dari:

  1. Sebagai wadah untuk bersosialisasi, berkegiatan dan mengembangkan wawasan dalam dunia otomotif serta membina hubungan kekeluargaan sesama pemilik mobil Jeep Wrangler JK.
  2. Meningkatkan profesionalisme para penggemar otomotif dan non otomotif diberbagai bidang untuk kepentingan dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Membina, memajukan dan meningkatkan kegiatan di bidang olahraga, lingkungan hidup, sosial dan pariwisata pada umumnya, khususnya yang berhubungan dengan kegiatan otomotif dan non otomotif.
  4. Memupuk dan mempererat hubungan silaturahmi dan rasa keleluargaan antara sesama pribadi anggota untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan.
  5. Membawa perkumpulan JK Owners Indonesia ke kancah internasional.

Sedangkan MISI klub adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan kegiatan untuk menumbuhkan rasa turut memiliki perkumpulan yang bertanggung jawab guna terciptanya rasa kebersamaan diantara sesama anggota dalam rangka meningkatkan peranan, manfaat, fungsi dan mutu perkumpulan.
  2. Melakukan kegiatan untuk meningkatkan mutu dan kemampuan para pemilik Jeep Wrangler JK secara profesional.
  3. Mempersatukan klub klub penggemar otomotif dan non otomotif.
  4. Memperjuangkan dan memelihara kepentingan, keberadaan, peranan, fungsi dan kedudukan perkumpulan di tingkat nasional maupun internasional.
  5. Mengadakan, memupuk serta membina dan meningkatkan kerjasama dengan badan, lembaga dan organisasi lain baik dalam maupun di luar negeri yang mempunyau tujuan yang sama atau hampir sama dengan perkumpulan termasuk dengan lembaga pendidikan atau instansi yang terkait dan mempunyai hubungan tujuan dengan perkumpulan.
  6. Mengadakan kegiatan kegiatan ilmiah, penelitian, pengkajian, pendidikan, dan pelatihan dalam bidang otomotif guna meningkatkan profesionalitas para pemilik Jeep Wrangler JK.
  7. Mengadakan usaha lain sepanjang tidak bertentangan dengan azas, pedoman dan tujuan perkumpulan.

Latar belakang para anggota JKOI sangat beragam dari gender, usia dan profesi. Mulai dari Pegawai Negeri Sipil, Pegawai Swasta, Dokter, Pengacara, TNI/Polri, Pengusaha, Pilot, dll. Jadi bisa kami simpulkan bahwa hampir semua profesi members ada di klub JKOI. Sampai saat ini jumlah anggota JKOI sudah sebanyak 395 orang yang tersebar di berbagai daerah/chapter di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Palembang, Bengkulu, Padang, Medan, Pekanbaru, Batam dan Makasar.

jk owners indonesia 3
jk owners indonesia 4
jk owners indonesia 5
(Bidadari JKOI)
jk owners indonesia 6

Kami bertanya kepada salah satu anggota perwakilan klub yaitu Dokter Andri Gunawan mengenai apa yang istimewa dari klub ini dan mengapa mobil ini menjadi pilihan tunggangan kalian? Beliau menjawab: “JKOI adalah perkumpulan Jeep Wrangler JK pertama di Indonesia, dan sebagai Mother Chapter dari perkumpulan Jeep Wrangler JK yang ada di Indonesia. Sehingga hampir semua komunitas Jeep JK di negeri ini adalah anggota dari JKOI.”

jk owners indonesia 7
(Foto Eksklusif Dokter Andri Gunawan)

Ia menambakan “Jeep Wrangler JK punya karakter yang berbeda sesuai dengan pemiliknya, sehinga antara Jeep Wrangler JK yang satu dengan yang lainnya berbeda dengan Jeep lainnya.”

Bagi Kami di tikum.id JKOI adalah bentuk lain dari keluarga yang solid, karena walaupun anggota klub di dominasi para Pria, akan tetapi mereka selalu melibatkan anggota keluarga seperti Istri dan anak-anak dalam setiap kegiatan mereka. Kepuasan hobi tersalurkan, keluarga ikut Bahagia.

Last but not least, mari kita lihat apa saja agenda kegiatan mereka sebelum masa pandemic covid-19 dan di era normal baru di berbagai periode.

  1. Mingguan
    JKOI biasanya mengadakan acara kumpul bersama members sambil sarapan atau ngopi di tempat-tempat favorit mereka di setiap akhir pekan.
  2. Bulanan
    biasanya klub ini mengadakan acara gathering atau kopdar bersama members
  3. Tahunan
    • Touring domestik, touring tahunan JKOI Bromex (jelajah daerah), touring luar negeri.
    • Perayaan ulang tahun klub
    • Kegiatan bakti sosial dan santunan untuk masyarakat yang terkena musibah atau kekurangan
    • Rapat kerja pengurus JKOI
jk owners indonesia 8
jk owners indonesia 9

Dan untuk Off road terjauh yang sudah dilakukan anggota dari JKOI adalah turing internasional di tahun 2016 yang mencapai Moab, Utah, Amerika Serikat.

jk owners indonesia 10
jk owners indonesia 11
(Foto Eksklusif Tikum.id)

Bagaimana sobat tikum, Anda tertarik untuk bisa mempunya Jeep JK? Atau jika selama ini Anda sudah punya tapi belum tahu kemana wadah untuk menyalurkan hobi dan keasikan dari mobil ini? Kami mengajak Anda penggemar Jeep JK untuk bergabung bersama JK Owners Indonesia (JKOI). Silahkan menghubungi akun sosial media resmi mereka di Instagram @jkoindonesia

Kami bangga bisa menghadirkan sisi lain dari Jeep JK. Semoga kekompakan JK Owners Indonesia dapat menjadi contoh bagi seluruh komunitas otomotif, serta didukung oleh berbagai lembaga dalam mengkampanyekan pariwisata nasional melalui kegiatan touring.

Salam Otomotif.

If people don’t start buying Jeeps, they will never know about the great places in life they can drive to

Gemini Jeeps
Anda mungkin suka