Ivan Toney, Lahir untuk Bermain di Premier League

Ivan Toney

Tikum Bola – Ivan Benjamin Elijah Toney, demikian nama lengkapnya, dikenal sebagai penyerang Brentford, klub Premier League yang baru promosi musim 2021/22. Kesuksesan Brentford kembali ke kasta teratas Liga Inggris setelah menunggu 74 tahun memang tidak bisa lepas dari peran Toney.

Walau baru bermain satu musim di salah satu klub London Barat tersebut, berkat gol-gol Toney, The Bees mampu menjuarai Championship 2020/21. Bahkan, ia mencatatkan 31 gol sepanjang musim yang sekaligus mendapuknya sebagai top skorer Championship.

Ivan Toney

Bagaimana karier Toney bermula hingga bisa sesukses sekarang?

Mengawali Karier Sebagai Pemain Termuda Northampton Town

Toney mengawali karier sebagai pemain termuda Northampton Town. Ia melakoni debut tahun 2012 pada usia 16 tahun. Satu tahun kemudian ia mulai rutin mengisi starting eleven Northampton Town. Gol pertamanya dalam karier pesepakbola profesional terjadi saat melawan Dagenham & Redbridge, 26 April 2014.

Pemain kelahiran Northampton itu mencatatkan 13 gol dalam 60 laga bersama timnya. Tahun 2015 ia menandatangani kontrak dengan Newcastle United. Debut bersama Newcastle United terjadi pada babak kedua Piala Liga. Sementara, laga perdana di Premier League tiba ketika ia masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-85 kontra Chelsea.

Untuk menambah jam terbang, Newcastle pun meminjamkan Toney ke beberapa klub secara berkala. Dengan Barnsley, Toney mulai membangun permainan khasnya. Tak terhitung berapa kali ia berhasil menunjukkan performa apik dalam laga penting Barnsley.

Salah satu yang paling berkesan adalah Final Football League Trophy 2016. Saat itu Barnsley unggul 3-2 atas Oxford United di Wembley Stadium. Pada musim yang sama, tim yang dibelanya itu pun mampu promosi setelah mengalahkan Millwall.

Bersinar Bersama Peterborough United

Musim 2016/17 hingga 2018, Toney bolak-balik pindah klub dengan status pinjaman Newcastle United. Secara berturut-turut ia membela Shrewsbury Town, Scunthorpe United, Wigan Athletic, dan kembali ke Scunthorpe United.

Tepat pada awal musim 2018/19 Toney memutuskan untuk melakukan penandatanganan kontrak dengan klub League One, Peterborough United. Diperkirakan nilai kontrak tersebut mencapai £650,000.

Di Peterborough United, Toney perlahan tapi pasti mulai mengumpulkan pundi-pundi gol. Torehan pertamanya di papan angka adalah saat Peterborough United menang 3-2 kontra Southend United.

Pada lanjutan laga FA Cup, ia mampu mencetak hat-trick dan membawa Peterborough United bermain imbang 4-4 dengan Bradford City. Hanya selang 18 hari, ia kembali membukukan hat-trick di Accrington Stanley.

Memasuki musim 2019/20, dengan penuh percaya diri Toney mencetak tujuh gol dalam tujuh laga. Ini termasuk hat-trick saat timnya menang 6-0 usai menjamu Rochdale. Sebelum seluruh pertandingan terhenti akibat pandemi, Toney mampu menghasilkan sembilan gol dalam tujuh laga terakhir musim itu.

Melesat Bak Roket dengan Brentford

Tepat pada 31 Agustus 2020, Toney mengumumkan kepindahannya ke Brentford dan sepakat untuk bermain selama lima tahun. Rumor menyebutkan gaji yang ia terima menembus angka £5-£10 juta. Pada saat bersamaan, Tottenham Hotspur menyatakan berminat dengannya, tetapi hanya sebagai pelapis Harry Kane.

Tentu saja itu bukan opsi utama Toney. Keputusannya pun terbukti tepat. Di Brentford, Toney menjalani musim 2020/21 dengan fantastis. Poin demi poin ia persembahkan untuk klub rival Fulham tersebut, terutama saat mereka menghadapi momen genting yang menentukan masa depan klub.

Gol ke-31 yang dicetak Toney kontra Bristol City pada laga terakhir Championship membawanya sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim. Tiga minggu kemudian, ia juga berhasil mencetak gol saat Brentford melawan Swansea City dalam Final Play-off EFL Championship 2021 yang berbuah manis: promosi ke Premier League.

Dengan rekam jejak mengesankan, Toney memang dilahirkan untuk bermain di Premier League, salah satu liga sepakbola terpanas sejagat raya.

Anda mungkin suka