Alat-alat Yang Tidak Boleh Berbagi saat Isolasi Mandiri Covid-19

Pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri di rumah sebisa mungkin tidak berbagi alat makan, mandi, maupun berbagi ruangan dengan yang sehat

Tikum Health – Para pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah sebisa mungkin tidak berbagi alat makan, alat mandi, maupun berbagi ruangan dengan orang yang sehat. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi penularan virus.

Pandemi covid-19 masih belum menunjukkan penurunan angka penularan di Indonesia. bahkan varian baru yang di claim lebih cepat menular yaitu Delta masih menjadi momok yang menakutkan bagi mayarakat Indonesia.

Jika di antara keluarga Anda sudah ada yang dinyatakan sembuh setelah melakukan isolasi mandiri, ada beberapa hal yang mesti dilakukan agar risiko penularan kembali tidak terjadi. Salah satunya adalah membuang alat kebersihan pribadi seperti sikat gigi. Sebab barang-barang ini masuk dalam kategori sampah infeksius dan tidak boleh dibuang sembarangan.

Menurut ketua satgas pengendalian Covid-19 dari Pengurus Besar Ikatan Doketer Indonesia (IDI) Prof. Zubairi Djoerban “Hal yang harus dilakukan setelah pulih dari Covid-19 adalah buang alat kebersihan pribadi Anda seperti sikat gigi dan pembersih lidah,”

Berbeda dengan pasien yang melakukan perawatan covid-19 di Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, alat-alat yang masuk kategori sampah infeksius sudah dikelola dengan baik dan aman ditempat yang sudah berizin spesifikasi khusus.

Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan pakai sabun dan mandi setelah membuangnya. Terakhir, jangan campur limbah infeksus ini dengan limbah rumah tangga, usahakan semprotkan dahulu disinfektan sebelum Anda membuangmya ke tempat pembuangan akhir.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka