IPEMI Organisasi Pengusaha Muslimah Indonesia

Tikum Organisasi  – Wanita telah terlibat dalam organisasi sejak lama, walau kebanyakan keterlibatannya masih pada organisasi dalam bidang sosial seperti pendidikan, kesehatan dan keagamaan.

Membicarakan keterlibatan perempuan dalam organisasi artinya kita juga harus berbicara mengenai sejarah, dan sejak kapan perempuan terlibat dalam organisasi? Hal ini disebabkan paham yang dianut oleh sebagian masyarakat Indonesia jaman dahulu, bahwa perempuan itu kedudukannya adalah sebagai ratu di dalam sebuah rumah tangga, maka ia harus berada di rumah dan melayani seisi rumahnya. Namun sebenarnya perempuan telah terlibat dalam organisasi sejak tahun 1904, kala itu seorang Dewi Sartika mendirikan sekolah-sekolah untuk perempuan di kota Bandung. Dan Keterlibatan beliau dalam mendirikan sekolah merupakan wujud nyata bahwa perempuan telah mampu mengorganisir, sehingga sekolah-sekolah tersebut dapat berdiri.

Keberadaan kaum hawa di era modern saat ini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata, karena berbagai profesi penting dan jabatan managerial banyak diisi pada sektor pemerintahan dan swasta, seperti Presiden, Menteri, Parlemen, Kepolisian, Militer, Direktur, hingga Pengusaha.

Hal inilah yang ingin kami angkat melalui salah satu profesi yaitu Pengusaha. Dan akan semakin menarik jika kita mengenal juga sebuah organisasi perempuan dalam bidang wirausaha yang bernama Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI).

ipemi depok 2

Sedikit kilas balik mengenai IPEMI, organisasi perempuan ini berdiri pada tanggal 21 April 2015 di Jakarta. Organisasi perempuan ini berdiri atas prakara dari beberapa tokoh yaitu:

  1. Bapak Lutfi Handayani
  2. Ibu Ir. Nurwahidah Saleh
  3. Ibu Hj. Ingrid Kansil, S.Sos
  4. Ibu Tavina Pahlawani

Visi dari IPEMI adalah ingin menjadi organisasi pengusaha muslimah terbesar di Indonesia, yang bermanfaat dan mandiri, untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi muslimah dan masyarakat Indonesia pada umumnya, menuju kemandirian ekonomi yang berkepribadian Indonesia dan berakhlakul karimah.

Misi IPEMI adalah:

  1. Menyediakan dan menambah kesempatan usaha bagi para Muslimah.
  2. Mengembangkan usaha dari pengusaha muslimah dan mencetak pengusaha-pengusaha muslimah yang baru.
  3. Membangun jaringan pemasaran nasional dan regional (Asean), untuk meningkatkan penjualan produk-produk yang dihasilkan oleh pengusaha muslimah yang menjadi anggota IPEMI dan mitra usaha IPEMI.
  4. Melakukan edukasi dan pelatihan, serta mendorong pemanfaatan teknologi informasi maupun manajemen usaha modern, dalam mengelola usaha muslimah dan organisasi komunitas Islam.
  5. Meningkatkan kemandirian ekonomi majelis taklim dan organisasi komunitas Islam lainnya.

Saat ini IPEMI pusat dipimpin oleh ketua umum Ibu Hj. Ingrid Kansil, S.Sos. Beliau adalah ketum terpilih secara aklamasi periode tahun 2020-2025 di Muktamar ke 2, pada tanggal 2 Desember 2020 di Jakarta.

ipemi depok 3

IPEMI sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan berbagai negara yang terdiri dari 34 Wilayah Propinsi dan 341 Kota dan Kabupaten. Sedangkan untuk wilayah internasional terdapat di negara:

  1. London
  2. Yunani
  3. Belgia
  4. Australia
  5. Turki
  6. India
  7. Amerika
  8. Arab Saudi
  9. Jepang
  10. Rusia
  11. Korea Selatan
  12. Brunei
  13. Malaysia
  14. Thailand

Luar biasa bukan sejarah dari IPEMI. Dan pada edisi ini kami ingin fokus memperkenalkan salah cabang IPEMI Indonesia tepatnya di kota Depok.

IPEMI Pengurus Daerah (PD) Kota Depok berada di wilayah provinsi Jawa Barat, dan mulai dirintis sejak Desember 2015 serta telah dikukuhkan pada tanggal 11 Februari 2017 yang dipimpin oleh Ibu Evy Nuviata sebagai ketua untuk periode masa bakti 2017-2022.

Kemudian pada tanggal 17 Juli 2019 telah dilakukan restrukturisasi kepengurusan, dimana Ketua saat ini adalah Ibu Rosmawary Ismail S.Psi atau yang akrab disapa Bunda Ocha.

ipemi depok 4

Latar belakang para anggota IPEMI Depok sangat beragam mulai dari usia muda hingga senior. dan yang membedakan organisasi ini adalah karena mereka memiliki kesamaan Akidah. semua wanita muslimah baik yang sudah memiliki usaha atau belum sama sekali tetap boleh bergabung menjadi anggota. Hal ini diharapkan mampu menambah semangat para perempuan Muslimah di wilayah Depok untuk belajar dan berani memulai menjadi seorang pengusaha.

ipemi depok 5

Selain berinteraksi dengan masyarakat sekitar, kegiatan rutin IPEMI Depok sebelum pandemic covid-19 terdiri dari:

  • Kegiatan masing-masing bidang organisasi sesuai program kerja yang telah disusun yang diadakan pada periode mingguan atau bulanan, seperti pelatihan, seminar, dll.
  • Pertemuan seluruh anggota IPEMI Depok pada setiap bulan.
  • Mengadakan rapat pengurus IPEMI Depok pada setiap bulan.
  • Olah raga bersepeda bersama.

Namun ditengah pandemic covid-19 saat ini mereka mulai mengalihkan seluruh kegiatan offline organisasi menjadi online melalui berbagai aplikasi seperti zoom dalam diskusi dan berbagai pelatihan.

ipemi depok 6
ipemi depok 7
ipemi depok 8

Seru bukan kegiatan para perempuan IPEMI, dan jika anda para perempuan muslimah yang berdomisili di wilayah Depok dan sekitarnya tertarik untuk bergabung menjadi anggota resmi silahkan datang ke kantor sekretariat mereka atau menghubungi beberapa akun sosial media resmi mereka.

Saat ini sekretariat IPEMI Depok terletak di Jl. Margonda Raya No. 23A, Pancoran Mas, Depok. 16431.
E-mail: depokipemi@gmail.com
Instagram: ipemi.kotadepok

Kami bangga bisa mengenal organisasi pengusaha muslimah seperti IPEMI Depok, dan semoga di masa depan IPEMI di tingkat pusat dan daerah tetap kreatif, menginspirasi para perempuan muslimah untuk sebuah perubahan, dan semakin bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

Majulah IPEMI, Maju Indonesia!

“I never dreamed about success. I worked for it.”
Estee Lauder

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka