Intip Sosok Anthony Elanga, Pemain Muda MU Ditarik ke Skuad Utama

Ole Gunnar Solskjaer memasukkan pemain muda MU ke skuad utama jelang laga melawan Granada di Leg Pertama Europa League. Intip sosok Anthony Elanga di sini.

Source: @anthonyelanga

Ole Gunnar Solskjaer memasukkan pemain muda MU ke skuad utama jelang laga melawan Granada di Leg Pertama Europa League. Intip sosok Anthony Elanga di sini.

Salah satu raksasa Liga Inggris, Manchester United, baru-baru ini membuat keputusan penting. Sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer, memasukkan nama Anthony Elanga ke dalam skuad yang berangkat ke Spanyol dalam laga tandang melawan Granada.

Meski belum jadi melakukan debut di Europa League, keputusan sang pelatih jadi penanda babak baru karier sepakbola Elanga. Siapakah Anthony Elanga?

Jebolan Manchester United Academy

Baru-baru ini Elanga, pemuda 18 tahun kelahiran Swedia, menandatangani kontrak jangka panjang dengan MU. Kemudian, ia bergabung dengan skuad utama untuk bertanding di Leg Pertama Babak Perempat Final Europa League.

Walau belum pernah turun di laga resmi, Elanga masuk sebagai pemain pengganti Marcus Rashford pada laga pramusim 2020-2021 melawan Aston Villa. Meski banyak pemain bagus muncul dari generasi saat ini, Elanga berhasil menunjukkan dedikasi, kemauan, dan usaha maksimal pada setiap hal.

Pendidikan, pelatihan, maupun fase pemulihan, ia konsisten menjalani setiap fase dengan baik. Sesuatu yang menjadi modal penting bagi pemain muda. Maka, Elanga dipandang layak untuk masuk ke skuad utama MU.

Bagi putra pemain legendaris Kamerun, Joseph Elanga, duduk di bangku cadangan dalam laga melawan Granada adalah suatu kebanggaan. Rasanya tinggal menunggu waktu saja sampai ia melakukan debut di laga resmi bersama Setan Merah.

Ikuti Jejak Lulusan Academy Terdahulu

Sudah jadi rahasia umum bahwa Manchester United Academy dikenal sebagai gudang pemain muda bertalenta. Setidaknya ada 9 pemain jebolan akademi ini yang mengisi Hall of Fame Sepakbola Inggris, yaitu Sir Bobby Charlton, Nobby Stiles, Duncan Edwards, George Best, Paul Scholes, Mark Hughes, Johnny Giles, Ryan Giggs, dan David Beckham.
Dengan skuad mumpuni dari tahun ke tahun, tak heran jika tim MU U18 kerap menyabet gelar juara berbagai turnamen. Mulai dari U18 Premier League, FA Youth Cup, hingga FIFA Youth Cup.

Di tim U18 selama musim 2018-2019, Elanga mencetak empat gol dari 22 penampilan. Bahkan, salah satu golnya saat melawan Newcastle United pada Maret 2019 meraih gelar Goal of the Month.

Sebelum musim 2019-2020 dihentikan karena pandemi covid-19, Elanga menduduki posisi teratas pencetak gol terbanyak. Ia berhasil menciptakan tujuh gol dari sembilan pertandingan. Atas performa tersebut, Elanga meraih Jimmy Murphy Young Player of the Year, sebuah penghargaan yang diberikan tiap musim kepada pemain terbaik akademi.

Sukses MU Hantam Granada

Sedikit recap dari lawatan United ke Spanyol, Setan Merah sukses hantam Granada 2-0. Memenangi laga tandang memang memberikan keuntungan bagi United pada leg kedua nanti. Bisa dibilang, MU sudah menjejakkan satu kaki di semifinal.

Namun, perjuangan MU menembus lini belakang Granada agak sulit. Menyadari timnya beda kelas dengan sang tamu, Granada berupaya membangun pertahanan yang solid dan disiplin. Butuh waktu hingga sepertiga pertandingan sampai akhirnya MU berhasil menggetarkan gawang Granada lewat sepakan Rashford di menit ke-31.

Usai turun minum, baik MU maupun Granada sama-sama gencar membangun serangan. Peluang emas Granada sempat tercipta di menit ke-67. Begitu pula dengan MU yang menyia-nyiakan kesempatan terbaik untuk unggul di menit ke-82, usai Bruno Fernandes gagal melewati Rui Silva.

MU baru berhasil menambah keunggulan lewat hadiah penalti tepat di menit ke-90, atas pelanggaran yang dilakukan Yan Brice Etike ketika berduel melawan Fernandes. Kegagalan Fernandes sebelumnya dapat ia tebus usai menjaringkan tendangan tajam ke sudut kanan gawang Rui Silva.

Dengan kemenangan laga ini, MU menatap semifinal dengan penuh keyakinan. Artinya, kesempatan debut Anthony Elanga di laga Europa League maupun Liga Inggris masih terbuka. Mari kita nantikan bersama!


Sneakers Men Football Shoes Soccer Cleats Boots Long Spikes TF Spikes Sneakers Soft Indoor Turf Futsal Soccer Shoes Men

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka