Inilah 5 Pemain Muda Calon Peraih Ballon d’Or di Masa Depan

Perebutan Ballon d’Or sama serunya dengan performa para pemain dalam mengolah si kulit bundar di lapangan. Siapa saja pemain muda potensial yang dapat meraih penghargaan ini di masa depan?

Perebutan Ballon d’Or sama serunya dengan performa para pemain dalam mengolah si kulit bundar di lapangan. Siapa saja pemain muda potensial yang dapat meraih penghargaan ini di masa depan?

Industri sepak bola yang begitu besar membuat hal-hal yang terjadi di luar lapangan menjadi sama asyiknya untuk disimak. Salah satu acara di luar lapangan yang paling ditunggu-tunggu adalah penentuan peraih penghargaan Ballon d’Or.

Ballon d’Or dalam Bahasa Perancis berarti “Bola Emas”. Penghargaan prestisius ini sudah berjalan sejak tahun 1956 untuk menentukan pemain sepak bola terbaik di Eropa setiap tahunnya. Penghargaan ini sangat bergengsi karena ditentukan berdasarkan voting yang dilakukan oleh para jurnalis sepak bola, pelatih, dan kapten timnas.

Meskipun selama satu dekade terakhir Ballon d’Or hanya didominasi oleh Lionel Messi dan Christiano Ronaldo, seiring usia mereka yang makin menua, ada banyak bibit-bibit baru di dunia sepak bola yang berpotensi meraih gelar tersebut di masa depan. Siapa saja mereka?

1. Erling Haaland

Erling Haaland

Tampil gemilang bersama RB Salzburg di musim 2018/2019 membuat Haaland langsung menarik minat banyak klub besar di Eropa. Setelah memutuskan berlabuh bersama Borussia Dortmund, ia pun langsung menggila dengan mencetak 33 gol dan 6 assist dari 32 pertandingan.

Kehebatannya pria kelahiran tahun 2000 ini membuahkan penghargaan Golden Boy 2020 yang menempatkannya sebagai pemain muda terbaik musim 2019/2020. Dengan pencapaian ini, tidak heran jika banyak yang percaya ia akan menyabet gelar Ballon d’Or dalam beberapa tahun mendatang.

2. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe

Sebagai salah satu pemain muda dengan penampilan yang paling konsisten saat ini, nama Mbappe selalu menjadi topik panas untuk diperbincangkan. Kecepatan dan kemampuannya dalam mengolah bola jauh melebihi usianya yang baru menginjak angka 22 tahun.

Pemain asal Perancis ini telah mengemas 73 gol dari 84 penampilan bersama PSG. Performa gemilangnya membuahkan 3 gelar juara domestik dan 1 medali perak Liga Champions. Di level timnas, nama Mbappe bahkan lebih mentereng setelah mengantarkan Perancis menjuarai Piala Dunia 2018. Ia pun didapuk sebagai Pemain Muda Terbaik pada kompetisi tersebut.

3. Trent Alexander Arnold

Trent Alexander Arnold

Peraih PFA Young Player of The Year 2019/2020 ini adalah bek kanan andalan Liverpool dan tim nasional Inggris. Lahir pada 22 Oktober 1998, Trent adalah buah kesuksesan Akademi Pemain Liverpool yang sudah mengembangkan bakatnya sejak tahun 2004.

Saat ini, ia diakui sebagai salah satu bek serang terbaik di dunia. Kreativitas dan visi permainannya jauh melebihi para pemain bertahan biasa. Hingga kini, ia telah mengoleksi 28 assist dan 6 gol di EPL, serta 9 assist dan 2 gol di kompetisi Eropa.

4. Jadon Sancho

Jadon Sancho

Pemain sayap andalan Borussia Dortmund dan tim nasional Inggris ini telah menyedot cukup banyak perhatian selama beberapa tahun terakhir. Dengan usia baru 20 tahun, Sancho dikenal dengan gaya permainan yang kreatif dan tricky.

Dari 85 kali penampilannya bersama Dortmund, Sancho telah mengemas 30 gol. Performa terbaiknya keluar pada musim 2019/2020 dengan mengemas 17 gol dan 16 assist dari 32 pertandingan di Bundesliga. Seiring performanya yang kian gemilang, harga transfer Sancho kini ditaksir lebih dari 100 juta Euro.

5. Alphonso Davies

Alphonso Davies

Nama Alphonso Davies kian ramai diperbincangkan pasca penampilan heroiknya bersama Bayern Munich untuk meraih gelar Liga Champions ke enam di sepanjang sejarah klub. Pemain asal Kanada yang baru berusia 20 tahun ini dikenal memiliki talenta serba bisa karena mampu bermain sebagai bek sayap, penyerang sayap, dan gelandang serang.

Penampilannya yang mengagumkan pada musim 2019/2020 membuahkan berbagai gelar individu untuknya, mulai dari Bundesliga Rookie of The Season 2020 hingga UEFA Champions League Squad of The Season 2019-2020.

Kelima nama di atas menunjukkan bahwa dunia sepak bola tidak pernah berhenti melahirkan bakat-bakat luar biasa di setiap era. Menurut Anda, siapa pemain muda di dunia sepak bola yang akan mendapatkan Ballon d’Or di masa depan?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka