Inilah 5 Mall Terbesar Di Indonesia

Mungkin Sobattikum dulu, Duluuu. sering mengunjungi mall karena merupakan hangout paling cocok  untuk jalan – jalan mengisi waktu luang atau mencari hiburan, makan dan berbelanja.

Belakangan ini ini mungkin dari sering , berpindah menjadi sekali – sekali atau sudah jarang karena kemudahan berbelanja via online shop lewat ujung jari menggantikan  yang terakhir, Berbelanja di mall. Hal ini juga diperparah dengan menjamurnya cafe di kota-kota besar, mau tidak mau kita harus akui, convenient dan cafe telah menggerus jumlah pengunjung mall.

Memang mall menawarkan kenyamanan yang luar biasa dan pilihan barang yang melimpah, kuliner dari setiap penjuru nusantra berikut cuisine internasionlnya dan selalu nyaman dengan AC super dingin.

Namun belakangan ini kita banyak mendegar toko dan butik mulai banyak yang tutup terhempas ganasnya online shop bukan hanya dengan harga kompetitif namun juga items yang terbilang mahal dan branded.

Walaupun demikian, masih ada rasa optimis bagi sebahagian pengelola toko dan butik yang bertahan walau harga sewa yang dibayar dan HR terbilng tinggi.

Memang Interaksi dan pengalaman berbelanja di Mall tidak dapat dipenuhi oleh e-commerce. Dari 321 mall, beberapa lokasi baru mall yang terintegrasi dengan transpot publik contohnya  Blok M BCA mampu mendapatkan tenan hingga sold out.

Dalam artikel ini kami mengevaluasi 5 tempat terbilang top untuk dikunjungi sobat tikum karena aspek diversity, innovasi dan penuh hiburan untuk hangout.

1. Pakuwon Mall

Lokasi Surabaya, Jawa Timur

Luas 30 hektar, mal ini sering dijuluki Supermall Pakuwon karena ukurannya yang raksasa.

Mal, awalnya dirancang oleh Grup Pengembangan Desain (DGD) dari Baltimore, Amerika Serikat, pertama kali dibuka pada tahun 2003. Kemudian, pengembang, PT Pakuwon Jati, yang juga mengembangkan Blok M Plaza, bekerja sama dengan perusahaan arsitek yang berbasis di Singapura, DP Architects untuk memperpanjang mal. Mengikuti langkah tersebut, Pakuwon Mall dibuka kembali pada tahun 2017 dengan citra baru sebagai pusat perbelanjaan kelas internasional.

mall terbesar 1

2. Tunjungan Plaza

Lokasi  Surabaya, Jawa Timur

Luas 17,5 hektar dengan 600 penyewa, Tunjungan Plaza adalah superblok pertama yang dibangun di Surabaya.

Ini host merek internasional seperti Hugo Boss, Tory Burch, Omega, Michael Kors, Aigner dan banyak lagi. Merek desainer premium seperti Hermes dan Chanel juga akan membuka toko di properti.

mall terbesar 2

3. Summarecon Mall Kelapa Gading

Lokasi Jakarta Utara

Luas 50.000 meter persegi dan saat ini menampung hingga 600 penyewa, properti ini telah secara bertahap dikembangkan sejak tahun 1990.

Dikatakan untuk menyambut sekitar 100.000 orang pada hari kerja dan 150.000 orang pada akhir pekan, mal ini terintegrasi dengan nyaman dengan tiga fasilitas komersial lainnya, yaitu MKG, La Piazza dan Gading Food City.

mall terbesar 4

4. Grand Indonesia

Lokasi Jakarta Pusat

Luas 141.472 meter persegi, Grand Indonesia terletak di dekat bundaran ikonik Hotel Indonesia.

Properti ini terdiri dari dua mal, East Mall dan West Mall, yang terhubung dengan Sky Bridge. West Mall pertama kali dibuka pada April 2007, diikuti oleh East Mall pada Agustus 2007.

Juga terintegrasi dengan Menara BCA, Hotel Indonesia Kempinski, dan Kempinski Private Residences.

mall terbesar 3

5. mal Taman Anggrek

Lokasi Jakarta Barat

Luas 130.000 meter persegi dan menampung sekitar 400 penyewa merek nasional dan internasional. Hotel ini juga menawarkan arena seluncur es, teater multipleks dan pusat kebugaran.

Ketika dibuka pada tahun 1996, Taman Anggrek adalah pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara.

Mal telah sangat dipengaruhi oleh banjir besar baru-baru ini yang melanda ibu kota, memaksanya untuk tutup selama dua minggu.

mall terbesar 5

Jadi, Sobattikum biasa atau suka nongrong dimana? Berikan komentar nda melalui formulir dibawah ini dan sebutkan mengapa Sobattikum memilih tempat tersebut.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka