Inilah 5 Burung Kicau yang Bakal Tren di Tahun 2021

Hobi memelihara burung yang unik dan menggemaskan? Kalau begitu, jangan lewatkan info seputar 5 jenis burung kicau yang diprediksi bakal tren di tahun 2021 ini!

Hobi memelihara burung yang unik dan menggemaskan? Kalau begitu, jangan lewatkan info seputar 5 jenis burung kicau yang diprediksi bakal tren di tahun 2021 ini!

Apakah Anda gemar memelihara burung? Hobi yang satu ini memang terbilang populer, bahkan sudah ada sejak zaman dahulu kala. Orang-orang yang memelihara burung biasanya tertarik dengan warna dan suara kicauannya yang unik. Selain itu, beberapa jenis burung memiliki nilai jual tinggi sehingga dijadikan sebagai investasi oleh sebagian kalangan.

Apa pun alasannya, tentu tidak bisa sembarangan dalam memilih burung peliharaan. Belum lagi, setiap orang memiliki selera dan tujuan masing-masing. Nah, bagi Anda yang masih bingung memilih, coba simak rekomendasi 5 burung kicau yang bakal tren di tahun 2021 ini!

1. Burung Cinta (Lovebird)

5 Burung Kicau yang Bakal Tren di Tahun 2021 2

Burung cinta, atau yang biasa disebut sebagai lovebird, merupakan spesies burung mungil dengan corak warna-warni di tubuhnya. Warna yang dimaksud, di antaranya seperti biru, jingga, kuning, hijau, dan merah. Usia lovebird biasanya bisa mencapai 10 tahun. Burung cinta memiliki sifat yang setia pada pasangannya. Oleh karena itu, tak heran jika lovebird dijadikan simbol kerukunan, kebahagiaan, dan kesetiaan dalam pernikahan.

Bagi penghobi burung, lovebird cenderung mudah untuk dirawat. Burung ini tak terlalu pemilih soal makanan. Lovebird bisa menyantap biji-bijian, buah, sayur, bahkan tulang cumi-cumi. Selain itu, burung cinta tak gampang stres serta relatif mudah dijinakkan. Jika tertarik untuk memelihara burung ini, Anda bisa memilih dari beberapa jenis yang ada. Misalnya, jenis Opaline fischeri dan Agapornis personatus.

2. Cucak Hijau

5 Burung Kicau yang Bakal Tren di Tahun 2021 3

Sesuai dengan namanya, burung yang satu ini memiliki warna hijau yang mendominasi. Cucak hijau jantan mempunyai aksen warna hitam pada bagian bawah paruhnya. Sebaliknya, betina tidak seperti itu dan cenderung berparuh panjang. Cucak hijau biasanya sangat suka memakan jangkrik, buah-buahan, dan ulat.

Walaupun termasuk burung liar, cucak hijau cenderung mudah dijinakkan dan gampang akrab dengan manusia. Burung ini sangat rajin berkicau dan tak mudah stres. Namun, ketika cucak hijau tengah tidur, jangan sampai mengejutkannya, ya! Hal ini bisa membuat burung stres, lemas, bahkan mengakibatkan kematian.

3. Murai Batu

5 Burung Kicau yang Bakal Tren di Tahun 2021 4

Selanjutnya, ada jenis burung kicau bernama murai batu. Burung yang satu ini cukup unik karena bisa menirukan suara-suara dari lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh, murai batu Nias yang bisa meniru suara hewan lain dan suara air terjun. Menarik, bukan? Corak bulu murai batu biasanya didominasi dengan warna hitam, serta warna kekuningan atau jingga dibagian dada dan perutnya. Bagi yang kurang suka warna mencolok, murai batu bisa menjadi pilihan tepat.

4. Pleci

5 Burung Kicau yang Bakal Tren di Tahun 2021 5

Burung pleci merupakan burung mungil dengan dominasi warna bulu hijau kekuningan. Meskipun kecil, hewan yang satu ini punya kicauan yang keras dan merdu sehingga membuat suasana lingkungan lebih asri. Beberapa jenis pleci bersuara indah, antara lain, pleci dada kuning mata putih, pleci dada kuning mata cokelat, pleci dahi hitam, auriventer, buxtoni, montanus, dan pleci kacamata enggano.

5. Kolibri (Hummingbird)

5 Burung Kicau yang Bakal Tren di Tahun 2021 6

Terakhir, ada burung kolibri yang bahkan lebih mungil ketimbang burung pleci dan lovebird. Kolibri dinyatakan sebagai burung terkecil di dunia, yakni hanya 5,7 cm diukur dari paruh sampai buntut. Selain itu, burung ini memiliki kepakan sayap tercepat di dunia. Kolibri termasuk burung cerdas yang bisa menirukan kicauan burung lain. Unik, kan?

Bagaimana? Tertarik untuk memelihara salah satu dari 5 jenis burung kicau lucu di atas? Sebaiknya, jangan hanya mengikuti tren. Anda juga harus memperhatikan alasan dan tujuan memiara hewan. Selain itu, pastikan untuk memberikan perawatan yang baik dan benar untuk burung kicau, ya.


Teclast 10.1″ Tablet M40, Octa Core, 6GB RAM, 128GB ROM, Android 10.0, 1920×1200 IPS, 4G LTE, 5G WiFi, GPS, 6000mAh Battery

Anda mungkin suka