Ini Prediksi Tren Warna dalam Fashion di Tahun 2021

Deretan warna ini diprediksi akan menjadi tren di tahun 2021. Tak asal booming, tiap warna juga menyimbolkan makna tersendiri sesuai kondisi yang terjadi saat ini.

Deretan warna ini diprediksi akan menjadi tren di tahun 2021. Tak asal booming, tiap warna juga menyimbolkan makna tersendiri sesuai kondisi yang terjadi saat ini.

Bicara soal fashion memang tak pernah bisa lepas dari elemen yang satu ini: warna. Penelitian dari Institute for Color Research menemukan bahwa tanpa disadari orang membuat penilaian tertentu terhadap lingkungan atau produk hanya dalam 90 detik pertama—sekitar 62 hingga 90 persennya berasal dari warna saja. Di sisi lain, warna juga terbukti mampu membangkitkan emosi tertentu.

Karena itu, tren warna juga lazimnya menyesuaikan kondisi yang sedang terjadi secara umum. Untuk tahun 2021, The Pantone Color Institute dan Shutterstock merilis prediksi tren warna yang akan terjadi: kuning cerah dan abu-abu. Dua warna ini menyimbolkan kesatuan, stabilitas, dan harapan.

Selain itu, ada pula beberapa warna lain yang diperkirakan akan menjadi tren. Selengkapnya, berikut adalah daftar warna yang diramalkan booming pada 2021.

Abu-Abu

Menurut Pantone, abu-abu merepresentasikan saling mengandalkan. Hal ini sangat sesuai dengan hal krusial yang terjadi selama pandemi ini: komunitas yang bahu-membahu untuk menjaga keberlangsungan hidup. Dipasangkan dengan warna cerah seperti kuning, warna ini menyampaikan pesan kebersamaan, stabilitas, dan harapan.

Kuning

Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup rusuh bagi seluruh masyarakat di dunia. Pandemi berhasil mengacaukan berbagai tatanan kehidupan. Karena itu, warna kuning hadir sebagai wujud optimisme dan asa. Selain itu, kuning juga disimbolkan sebagai matahari yang muncul setelah badai dengan langit yang kelabu dan keruh.

Ungu

Terutama memasuki musim semi, warna ungu (khususnya lilac alias ungu muda) yang sempat menjadi tren di tahun 2020 masih akan kembali banyak digunakan. Warna ini memiliki banyak arti, beberapa di antaranya mindfulness dan kemewahan yang simpel.

Hijau

Ada beberapa varian warna hijau yang akan naik daun pada tahun 2021, antara lain mint, ash grey, dan tidewater green. Ketiga warna yang sangat berkaitan dengan alam ini mampu menimbulkan emosi yang menyegarkan, menenangkan, restoratif, dan regeneratif. Hal ini juga sesuai dengan gaya hidup ‘lebih dekat dengan alam’ yang meningkat selama pandemi seperti berkebun di rumah, hiking, dan beberapa aktivitas outdoor serupa.

Burnt Coral

Warna ini merupakan perpaduan antara merah muda dan oranye dan telah menjadi tren selama beberapa waktu terakhir. Burnt coral membangkitkan sensasi keakraban dan kenyamanan. Warna yang cukup menyala ini juga merupakan Pantone Color of the Year baru-baru ini.

Marigold

Kecantikan warna bunga marigold juga menginspirasi dunia fashion. Warna marigold—perpaduan antara oranye keemasan dan kuning menghadirkan sensasi kehangatan tersendiri. Menurut Pantone, marigold biasanya diimplementasikan saat musim gugur, tetapi vibe kenyamanan dan keramahan yang dihadirkan juga cocok untuk dipakai saat musim semi.

Rust

Warna ini merupakan salah satu bagian dari palet warna earth tone. Rust merupakan perpaduan warna oranye-cokelat yang menyerupai warna karat meski sebagian juga terinspirasi dari warna daun pada musim gugur. Warna yang merupakan warna favorit Victoria Beckham dan Meghan Markle ini cocok untuk digunakan pada musim apa pun.

Fortuna Gold

Fortune gold merupakan warna emas tua—lebih cenderung dekat ke cokelat zaitun atau oranye daripada kuning murni. Seperti namanya, warna ini menyimbolkan kebetulan-kebetulan yang membahagiakan dan kesempatan yang ada dalam setiap momen hidup.

Pantone juga masih memiliki beberapa warna lain dalam daftar tren di tahun 2021 selain delapan di atas, antara lain blue French, cerulean, set sail champagne, inkwell, buttercream, desert mist, willow, dan raspberry sorbet. Ada yang jadi warna andalan Anda?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka