Ini Perbedaan Cleat Roadbike dan MTB

Apa saja perbedaan cleat pada road bike dan MTB? Bolehkah menggunakan cleat road bike untuk sepeda MTB dan sebaliknya? Temukan penjelasannya dalam ulasan berikut.

Apa saja perbedaan cleat pada road bike dan MTB? Bolehkah menggunakan cleat road bike untuk sepeda MTB dan sebaliknya? Temukan penjelasannya dalam ulasan berikut.

Salah satu istilah yang paling sering dibahas dalam circle pesepeda adalah cleat. Pasalnya, cleat sepeda merupakan elemen penting dalam mencapai tenaga paling optimal saat mengayuh. Apa yang Dimaksud dengan Cleat?

Cleat merupakan komponen yang mengaitkan pedal dengan sepatu. Cleat sendiri lebih merujuk pada bagian yang menempel di sepatu, sedangkan bagian serupa yang menempel di padel disebut clip.

tikum news bike Cleat Roadbike dan MTB 2

Benefit Penggunaan Cleat

Sebagian orang—terutama yang terbilang awam saat bersepeda—kerap enggan menggunakan cleat. Pasalnya, menggunakan cleat berarti sepatu mereka ‘dikunci’ sehingga menyatu dengan pedal. Kalau sudah begitu, mereka pun khawatir jadi lebih mudah jatuh.

Padahal, keberadaan cleat justru meningkatkan efisiensi saat gowes—sebuah studi bahkan menyebut bahwa peningkatan efisiensi tersebut mencapai hingga 30 persen. Pasalnya saat menggunakan cleat, maka seluruh gerakan memutar kaki membantu mendorong sepeda ke depan sehingga akselerasi lebih cepat dan momentum laju sepeda ke depan lebih terjaga. Kondisi ini akan makin terasa saat berada di jalanan menanjak, yakni saat pesepeda mengerahkan seluruh daya kaki untuk tetap melaju ke depan.

Lebih lanjut, cleat membantu menciptakan power yang lebih tinggi, speed lebih cepat, dan otot-otot kaki jadi makin terlatih secara utuh. Pun dari segi keselamatan, menyatunya kaki dan dan pedal juga akan membuat pesepeda lebih menguasai sepedanya.

Perbedaan Cleat MTB dan Road Bike

Cleat dapat digunakan baik pada MTB maupun road bike. Fungsi pada kedua jenis sepeda ini pun sama. Kendati begitu, terdapat beberapa perbedaan cleat MTB dan road bike seperti berikut ini.

Model Sepatu

Sepatu road bike mempunyai cleat besar di bagian bawahnya sehingga kurang coock pula untuk dipakai saat berjalan kaki. Sementara itu, cleat untuk sepatu MTB ‘tertanam’ di bagian sol karet sehingga dapat digunakan dengan mudah untuk berjalan kaki.

Sol

Sol pada road bike terbilang lebih ringan karena menggunakan bahan serat karbon atau plastik. Oleh karena itu, cleat pada road buke pun dibuat ringan dan ramping karena adanya pengaruh terhadap aerodinamis saat memacu sepeda.

Sementara itu, sol pada MTB relatif lebih berat karena menggunakan bahan karet. Adapun cleat pada MTB juga lebih tebal dan berat karena mengutamakan daya tahan demi menjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan saat gowes di medan yang cukup menantang.

Ukuran

Cleat pada road bike berada di sisi ‘luar’ sol sehingga ukurannya relatif lebih besar. Sementara itu, cleat pada road bike mempunyai ukuran yang lebih ramping karena penempatannya berada di dalam sol. Tentunya, pihak produsen pun harus menyisipkan cleat yang lebih kecil agar muat saat dipasang di bagian dalam sol.

Kemudahan Saat Dilepas

Cleat untuk jenis sepatu road bike lebih sulit dilepas karena lebih mengikat kuat. Sebaliknya, cleat untuk MTB yang memang ditujukan untuk keperluan bersepeda di medan offroad relatif lebih gampang dilepas. Adapun jumlah bolt mounting pada cleat road bike dan MTB masing-masing adalah 3 dan 2 yang disesuaikan dengan lebar cleat itu sendiri.

Cleat sepeda road bike dan MTB secara umum memiliki tujuan yang sama, yakni meningkatkan efisiensi saat bersepeda. Kendati begitu, karakter antara cleat pada road bike dan MTB berbeda-beda menyesuaikan dengan kebutuhan aktivitas sepeda yang dilakukan. Walau begitu, tak jarang pesepeda road bike yang justru memilih cleat MTB karena berbagai faktor. Hal ini pun boleh-boleh saja dilakukan sesuai selera dan kenyamanan.


New Amazfit T-rex Trex Pro T Rex GPS Outdoor Smartwatch Waterproof 18-day Battery Life 390mAh Smart Watch For Android iOS Phone

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka