Ini Dia Top Scorer Champion League Sepanjang Sejarah

Sebagai salah satu liga paling bergengsi di dunia, Champion League mencetak pemain-pemain terbaik yang menjadi top scorer. Siapa saja?

Champion League, Liga Champion atau yang juga dikenal dengan sebutan UEFA Champion League merupakan sebuah kompetisi sepakbola tahunan yang diadakan oleh Asosiasi Sepakbola Eropa (UEFA). Gelar juara dalam liga ini akan diperebutkan oleh klub-klub divisi teratas di Eropa yang ditentukan lewat format grup dan sistem gugur.

Champion League telah berhasil menampilkan beberapa top scorer atau pencetak gol terbanyak dalam sejarah. Pemain-pemain dengan sensasi luar biasa seperti Raul dan Andriy Shevchenko mendominasi selama 1990-an dan 2000-an.

Sementara itu nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berhasil menunjukkan kepada dunia tentang bagaimana sebuah seni dalam mencetak gol dibuat. Para top scorer ini dicatat sejak pertama kali kompetisi dilaksanakan pada tahun 1955 silam.

Siapa Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Champion League?
Seperti yang kita tahu, Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik yang dimiliki oleh dunia sepakbola. Salah satu prestasi terbesarnya adalah menjadi top scorer sepanjang sejarah dalam Liga Champion. Di bawah nama Ronaldo, ada rival terberatnya dari Barcelona, Lionel Messi.

Setelah pasangan Ronaldo dan Messi, ada jurang pemisah yang cukup jauh dengan peringkat berikutnya. Raul di peringkat ketiga dan Karim Benzema yang berada di posisi keempat. Sementara di posisi kelima ada bintang Bayern, Robert Lewandowski. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak ulasannya berikut ini!

  1. Cristiano Ronaldo. Berada di posisi pertama, pemain yang sekarang berada di Juventus tersebut berhasil mencetak 130 gol dalam 170 kali penampilannya dalam liga.
  2. Lionel Messi. Pemain asal Argentina berusia 33 tahun ini mengejar Ronaldo sebagai top scorer dengan raihan 115 gol yang dicetaknya dalam 142 kali pertandingan.
  3. Raul. Dengan selisih yang cukup jauh, mantan pemain yang sekarang menjadi manajer untuk Real Madrid Castilla ini harus puas berada di peringkat ketiga dengan total gol 72. Seluruh gol ini dicetaknya dari 142 kali penampilannya dalam Champion League.
  4. Karim Benzema. Pemain dengan nomor punggung 9 yang berada di posisi striker ini berhasil mencetak 65 gol dalam 120 pertandingan Liga Champion yang diikutinya.
  5. Robert Lewandowski. Pemain Bayern Munich sekaligus kapten tim nasional Polandia ini mencetak 66 gol dalam 87 kali penampilannya. Dengan hasil ini, perbandingan jumlah gol yang dicetaknya dengan jumlah pertandingan yang diikutinya sama dengan Cristiano Ronaldo yakni 0,76 gol per pertandingan
  6. Ruud van Nistelrooy. Mantan pemain yang berada di posisi striker ini sekarang lebih dikenal sebagai pelatih. Prestasinya selama bermain adalah menjadi top scorer di Liga Champion. Berada di posisi keenam, van Nistelrooy mencetak 56 gol dalam 73 kali penampilan
  7. Thierry Henry. Mantan pemain berusia 43 tahun yang sekarang menjabat sebagai manajer untuk Montreal Impact ini juga berhasil menorehkan prestasi yang tidak kalah membanggakan dengan mencetak 50 gol dalam 112 kali penampilannya di Champion League.

Dalam daftar top scorer di Liga Champion, komposisi terbanyak terdiri dari pemain yang bermain di era modern (antara tahun 1992 dan setelahnya). Ini membuat banyak pemain kontemporer yang masuk ke dalam daftar. Dalam posisi 20 besar, sebanyak 15 pemain di antaranya mulai bermain mulai pertengahan tahun 1990-an.

Meskipun kebanyakan top scorer adalah pemain yang sudah pensiun, namun tidak menutup kemungkinan rekor mereka akan segera dipecahkan oleh pemain-pemain muda. Kita tunggu saja!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen