Ingin Liburan Bersama Hewan Peliharaan? Ikuti 7 Tips Berikut!

Berniat membawa binatang peliharaan bersama saat liburan? Jangan asal-asalan dalam mempersiapkan! Yuk, ikuti tips-tips berikut!

Berniat membawa binatang peliharaan bersama saat liburan? Jangan asal-asalan dalam mempersiapkan! Yuk, ikuti tips-tips berikut!

Seperti apa pun situasi dan kondisinya, merencanakan perjalanan terkadang memang bisa membuat stres. Terlebih, kalau Anda berniat membawa hewan peliharaan bersama ketika liburan. Hal-hal yang perlu dicemaskan bisa berderet panjang dalam catatan, lo! Mulai dari sebelum berangkat, saat hendak menggunakan akomodasi perjalanan, setibanya di destinasi, hingga pulang kembali ke rumah.

Tidak tahu apa saja hal yang perlu dipersiapkan? Yuk, ikuti 7 tips berikut ini sebelum membawa hewan peliharaan berlibur!

1. Pertimbangkan alasan membawa hewan peliharaan saat berlibur

Apakah Anda memang benar-benar harus membawa piaraan selama perjalanan? Kalau berencana untuk mengunjungi tempat-tempat, seperti restoran, museum, dan taman bermain, sebaiknya urungkan niat untuk membawa hewan pergi bersama. Jika memang tidak bisa dititipkan, pastikan binatang peliharaan selalu merasa nyaman. Jangan memaksa membawa hewan yang mudah stres, ya!

2. Pilihlah akomodasi yang ramah hewan peliharaan

Pastikan untuk memilih akomodasi perjalanan yang ramah hewan peliharaan. Bukan hanya itu, perhatikan pula akomodasi penginapan yang dipilih. Apakah mereka mengizinkan binatang piaraan masuk dan ikut menginap? Adakah layanan perawatan hewan? Jika tidak ada keterangan tentang jasa seperti itu, tidak ada salahnya bertanya pada pegawai penginapan.

3. Siapkan dokumen-dokumen penting

Anda tidak bisa berangkat ke destinasi wisata tanpa membawa dokumen-dokumen penting, termasuk dokumen milik hewan! Banyak tempat yang mengharuskan pengunjung pembawa piaraan untuk menunjukkan sertifikat kesehatan terbaru. Sertifikat tersebut harus ditandatangani oleh dokter hewan terakreditasi. Apabila hendak mengambil jalur penerbangan, hubungi pihak bandara untuk mengetahui dokumen penting lain yang dibutuhkan.

4. Bawalah keperluan yang tepat

Jangan lupa siapkan perlengkapan penting sebelum berangkat. Pastikan membawa tas pengangkut hewan, wadah untuk kotoran, tali penuntun, obat-obatan, handuk, peralatan grooming, dan mainan. Namun, jangan memenuhi kandang dengan mainan, ya. Pilihlah satu buah mainan yang dapat menyibukkan piaraan dalam jangka waktu panjang.

5. Buatlah hewan peliharaan tetap nyaman

Bisa jadi, Anda ingin menyediakan ruangan yang luas untuk hewan peliharaan selama perjalanan jauh. Namun, memberikan ruang yang agak terbatas sebenarnya lebih baik, lo. Pasalnya, ketika berada di dalam kendaraan, kandang pasti akan ikut terguncang. Maka dari itu, sangkar yang nyaman, minimalis, dan kuat akan membuat hewan tetap terlindungi.

Berikutnya, jangan sampai lupa memberikan minum pada binatang agar tetap terhidrasi. Berbeda dengan di rumah, hewan piaraan tidak bisa minum sesuka hati saat liburan. Anda bisa menyediakan wadah minuman di dalam kandang. Namun, jika khawatir air akan tumpah, berhentilah sesekali untuk memberi minuman.

Untuk makanan, sebaiknya jangan biarkan binatang terlalu kenyang. Berikan mereka pakan lebih sedikit dari biasanya. Hal ini untuk menghindari penyakit akibat stres, seperti diare, ketika hewan mengalami mabuk perjalanan.

6. Siapkan penanda jika seandainya piaraan kabur

Hal selanjutnya yang perlu diantisipasi ialah apabila seandainya piaraan Anda kabur atau menghilang. Pakaikan kalung dengan bandul bertuliskan informasi kontak pada hewan. Dengan begitu, ketika seseorang menemukan mereka, piaraan dapat kembali kepada Anda dengan selamat.

7. Jangan tinggalkan hewan dalam kendaraan

Sebenarnya, poin ini adalah sesuatu yang lazim untuk diingat oleh setiap pemilik hewan peliharaan. Menurut para dokter hewan, meninggalkan binatang dalam kendaraan yang terkunci bisa sangat membahayakan, terutama kala musim panas. Selain membuat stres, hewan yang dikunci dalam transportasi bisa mengalami dehidrasi.

Demikian beberapa tips bagi Anda yang ingin mengajak hewan peliharaan tersayang pergi liburan. Pastikan untuk mempersiapkan secara teliti dan cermat supaya nyaman selama perjalanan. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya. Selamat menikmati hari-hari libur Anda!


Pet Cat Carrier Backpack Breathable Cat Travel Outdoor Shoulder Bag For Small Dogs Cats Portable Packaging Carrying Pet Supplies

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka