Indomini Club (IMC), Komunitas Pemilik Mobil Mini Cooper

Tikum Otomotif  – Mini adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC) dan penerusnya dari tahun 1959 sampai 2000. Model asli dari mobil ini dianggap sebagai ikon dari Inggris pada tahun 1960-an.

komunitas-mini-cooper-200603 2

Pada tahun 1999 Mini terpilih sebagai tiga besar mobil paling berpengaruh pada abad ke-20. Mobil dengan 2 pintu ini awalnya di desain oleh Sir Alec Issigonis dan diproduksi di Pabrik Longbridge dan Cowley di Inggris.

Pada awalnya Mini dijual oleh Austin dan Morris, sebagai Austin Seven dan Morris Mini Minor. Austin Seven berubah nama menjadi Austin Mini pada bulan Januari 1962, sampai akhirnya Mini menjadi merek sendiri pada tahun 1969.

Lalu seperti apakah Mini di Indonesia ? Minggu ini tikum.id akan membahas sebuh komunitas dari penggemar Mini Cooper, mari kita berkenalan dengan INDOMINI CLUB (IMC).

komunitas-mini-cooper-200603 1

Komunitas IMC (Indomini Club) ini berdiri pada tanggal 29 Februari 2012. Beberapa orang sepakat untuk mendirikan dan mengumpulkan semua pencinta mobil Mini Cooper. Mereka adalah :

  1. Enril Sajidina
  2. Risa Firnandi
  3. Iwan Sambodo
  4. Yopie Karuci
komunitas-mini-cooper-200603 3

Visi dan Misi dibentuknya IMC adalah sebagai wadah silaturahmi pengguna mini dan tempat para anggota berkumpul, bertukar informasi, dan diskusi seputar otomotif khususnya mini cooper.

Hal ini juga sekaligus sebagai wadah pertemuan dengan teman-teman baru yang sudah memiliki mobil Mini atau yang berniat memiliki Mini.

Sedikit cerita unik dibalik terbentuknya IMC, awal mereka saling ketemu adalah mencari melalui sosial media Facebook, bahkan ada yang berkenalan di jalan, menaruh kontak di kertas pada wiper mobil Mini yang mereka temui di parkiran mobil tempat umum. Ini menarik bagi kami di tikum.id alias NIAT.

Selama IMC berdiri beberapa nama mantan Ketua pernah tercatat dalam sejarah klub, seperti :

  1. Risa Firnandi
  2. Edy Purwanto
  3. Enril Sajidina (Ketua saat ini)

Saat ini IMC sudah memiliki 3 Chapter di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali. dengan berbagai varian yang dimiliki para anggota seperti Mini Hatch, Mini Clubman, Mini Countryman, Mini Coupe, Mini Roadster, dan Mini Paceman. Dan tidak termasuk Mini Classic.

komunitas-mini-cooper-200603 4

Lalu bagimana dengan anggota di IMC ? ternyata anggota di klub ini sangat bervariasi, Pria-Wanita, Muda-Tua, semua lengkap. Sebagai contoh anggota IMC termuda mulai dari anak sekolah yang baru memilki SIM, sampai para pensiunan dengan berbagai latar belakang profesi.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, saat ini jumlah anggota IMC berdasarkan data base pada grup Line adalah sebanyak 420 anggota, yang mayoritas anggota dari Jakarta Chapter.

komunitas-mini-cooper-200603 5
komunitas-mini-cooper-200603 6
komunitas-mini-cooper-200603 7

Sebelum pandemic Covid-19 terjadi agenda kegiatan rutin IMC cukup banyak, namun memang lebih baik saat ini kita ikuti dulu himbauan pemerintah mengenai social Distancing. Berikut beberapa kegiatan IMC seperti : morning run, touring luar kota, menghadiri undangan event /exhibition, liputan media, hingga acara tahunan yaitu Anniversary IMC.

Jika anda juga sudah lama naksir Mini Cooper ayo segera miliki unitnya dan bergabung bersama Indo Mini Club dan temukan nuansa baru yang kami sebut “MiniHood”. Silahkan mencari tahu melalui akun sosial media atau e-mail kepada IMC, nanti officer klub akan memberikan panduan bagaimana untuk bisa bergabung menjadi anggota resmi.

Email : indominiclub@gmail.com
Instagram : @indominiclub

Akhir kata kami dari team Redaksi menyampaikan salam sukses untuk IMC, semakin bertambah di seluruh Indonesia dan kompak selalu 

“An expert is someone who tells you why you can’t do something”.

Alec Issigonis
Anda mungkin suka