Indo Ajax – Fan Club Sepak Bola Negeri Kincir Angin

Tikum Komunitas Bola – Hallo hoe gaat het. Jika membaca sapaan ini tentunya Anda sudah bisa menebak bahasa apa dan cerita apa yang akan kami sajikan pada hari ini. Kami mengajak Anda ke negeri kincir angin yaitu Belanda.

Kerajaan Belanda memilki banyak tim sepakbola professional yang tampil dalam liga Belanda. Salah satu tim sepakbola yang sangat populer di dunia dan Indonesia adalah Amsterdamsche Football Club Ajax. Tim yang memiliki julukan “Ajacieden” ini memilki stadium kebanggaan mereka yang bernama Johan Cruyff Arena.

Bahkan, Akademi Ajax Amsterdam bisa dibilang merupakan satu di antara yang terbaik di dunia. sejak era Johan Cruyff pada 1960-an hingga Matthijs de Ligt, Ajax sudah menghasilkan banyak pemain terbaik di dunia. Beberapa pemain terutama dari Belanda sukses memenangkan Ballon d’Or, yakni dimenangkan oleh Cruyff dan Marco van Basten.

Prestasi fenomenal di kompetisi level Eropa yang dicetak Ajax adalah hattrick juara Piala Champions pada rentang tahun 1971-1973. Mantan manajer Ajax Tomislav Ivic pernah menyebut era ini sebagai “Gloria Ajax” setelah terakhir meraih gelar juara Champion di tahun 1995.

Nama Ajax Amsterdam memang terinspirasi dari seorang prajurit yang kuat dan tangguh pahlawan mitologis Yunani bernama Ajax atau Aias. Ia memiliki peran penting dalam perang Troya dan menjadi prajurit terkuat setelah Akhilles dan Diomedes.

Pada tahun 1928 Logo Ajax Amsterdam menampilkan sosok pria berjanggut tebal dan mengenakan topi. Namun, bila dilihat lebih dekat, topi Ajax pada logo lama Ajax memuat ilustrasi manusia setengah kuda atau Centaur. Meski tidak diketahui secara pasti namun banyak orang beranggapan bahwa itu adalah Chiron, Centaur yang dikenal sebagai guru para pahlawan seperti Akhilles, Aristaios, Peleus, Telamon dan tentunya Ajax.

Lalu bagaimana di negara kita ? apakah Ajax begitu populer ? jawabannya sudah pasti YA. Karena di Indonesia ada komunitas supporter atau “The Amsterdammer.” Untuk itu mari kita berkenalan dengan INDO AJAX – Fan Club Sepak Bola Amsterdam.

Indo Ajax – Fan Club berdiri dan mulai aktif pada November 2011. Komunitas fans Ajax Amsterdam ini berdiri atas prakarsa dari Vian Rondonuwu, Carlo van Tengker dan Ken Christofel.

Visi dan Misi terbentuknya Indo Ajax adalah untuk menjadi wadah perkumpulan bagi para penggemar klub Ajax Amsterdam dan menjadi contoh komunitas supporter Klub Belanda yang solid.

Selama berdiri Indo Ajax tidak memiliki ketua umum, mereka cukup mengangkat seorang Majoor, yaitu Carlo van Tengker. Para anggota dari Indo Ajax memiliki berbagai macam usia dan profesi. mulai dari Mahasiswa, Dokter, Wiraswasta, Buruh hingga Petani. Dan yang membedakan Ajax Amsterdam dengan Klub lainnya menurut versi mereka adalah bahwa Ajax Amsterdam lebih dari sebuah klub sepakbola.

Sampai saat ini total jumlah anggota dari Indo Ajax sudah mencapai ratusan orang yang juga tersebar di berbagai kota/chapter di Indonesia seperti : Jakarta, Bogor, Bandung, Bangka, Yogyakarta, Bali, Manado.

Kegiatan rutin sebelum masa pandemic Covid-19 terdiri dari Nonton bareng sepakbola, Gathering bersama, menghadiri undangan dari berbagai media nasional dan lokal, dan mendukung langsung Ajax di Amsterdam langsung ke Belanda atau saat Ajax melakukan tur ke Indonesia.

Bagaimana sobat tikum, seru sekali ya kegiatan dari Indo Ajax. Dan jika Anda juga seorang The Amsterdammer dan ingin bergabung dan berkumpul bersama para pendukung Ajax lainnya, silahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini.

Facebook : @indoAjax (Ajax Indonesia)
Twitter : @indo_ajax

Sukses selalu di masa depan untuk Indo Ajax, dan semoga komunitas ini terus mempersatukan masyarakat serta melestarikannya ke seluruh Indonesia. Ajacied Boven Alles !

“Quality without results is pointless. Results without quality is boring.”
Johan Cruyff

Anda mungkin suka