Indahnya Film Minari, Kisah Imigran Korea di Pedesaan Amerika

Film Minari mendapat sambutan meriah di festival film dan akan tayang di bioskop tahun 2021. Simak informasi tentangnya di sini sebelum nonton.

Siapa yang sudah nonton Minari ? Film yang awalnya dirilis di Festival Film Sundance awal 2020 ini meraih popularitas internasional dan banyak penghargaan. Film garapan Lee Isaac Chung ini juga dianggap sebagai “penyegaran” oleh publik karena inilah pertama kalinya cerita berlatar belakang pedesaan Amerika Serikat menggambarkan kehidupan keluarga imigran Korea. SobatTikum penasaran? Baca dulu informasinya sebelum nonton!

Sinopsis Film Minari

Minari berkisah tentang keluarga imigran Korea yang pindah dari West Coast ke area pedesaan di Arkansas. Jacob, sang ayah, bertekad untuk menciptakan kehidupan yang lebih makmur dengan menggarap lahan pertanian mereka sendiri.

Monica, istrinya, serta David dan Anne, sang anak, kaget ketika melihat bahwa rumah baru mereka ternyata hanya sebuah trailer di tengah tanah kosong.

Di tengah-tengah kebosanan dan kehidupan serba prihatin, keluarga Jacob kedatangan tamu: nenek David yang terbang dari Korea untuk tinggal bersama mereka. Kedatangan sang nenek yang agak nyentrik tersebut menarik perhatian David yang bosan dengan rutinitas harian mereka. Jacob, sementara itu, mempertaruhkan keuangan, keadaan keluarga, bahkan pernikahannya demi mewujudkan impian memiliki lahan pertanian.

Film ini dibintangi oleh Steven Yeun sebagai Jacob, Han Ye-Ri sebagai Monica, Alan Kim sebagai David, dan Noel Kate Cho sebagai Anne. SobatTikum mungkin sudah mengenal Yeun dari serial dan film sukses seperti The Walking Dead, Mayhem, Burning, dan Okja.

Tema Film Minari

Tahukah SobatTikum kalau Minari sifatnya adalah semi-biografi? Sutradara Lee Isaac Chung yang juga menulis skenarionya ternyata terinspirasi dari masa kecilnya sendiri. Menurut Chung, film tersebut menggambarkan perjuangan keluarganya saat berusaha meraih mimpi yang terlihat nyaris mustahil. Hal ini sesuatu yang banyak dialami imigran Asia Amerika, dan dampaknya terasa hingga ke generasi selanjutnya.

Tema utama film Minari adalah realita kehidupan kaum imigran di Amerika Serikat. Daerah pedesaan Amerika, terutama di area yang didominasi orang kulit putih, memang cenderung kurang ramah terhadap pendatang yang “terlihat asing”.

Hal ini membuat banyak generasi Asia Amerika merasa terasing walau mereka lahir dan besar di Amerika Serikat. Akibatnya, mereka tercabik dalam menentukan identitas.

Tema lainnya yang terlihat jelas adalah keluarga. Dalam film ini, SobatTikum bisa melihat naik-turunnya dinamika hubungan keluarga di tengah situasi menantang. Jacob bertekad meraih impian menjadi keluarga petani makmur, namun kondisi keuangan dan hubungannya dengan anggota keluarganya menjadi taruhan.

David dan Anna kecil berjuang mengatasi rasa bosan serta terombang-ambing karena “terdampar” di lahan kosong sebagai rumah. Akan tetapi, dalam kondisi tersulit, mereka berusaha bersandar pada cinta keluarga.

Pujian dan Penghargaan untuk Minari

Minari pertama kali tayang di Festival Sundance tanggal 26 Januari 2020 dan mendapat penghargaan Grand Jury Prize serta Audience Award, jadi SobatTikum bisa yakin kalau film ini memang bermutu. Akan tetapi, itu bukan satu-satunya bukti kualitas film ini.

Sepanjang tahun 2000, Minari telah mendapat berbagai penghargaan film bergengsi, contohnya:

  • Boston Society of Film Critics Awards untuk Aktris Pendukung, Komposisi Orisinal, dan Akting Gabungan Terbaik
  • Chicago Film Critics Association untuk Aktor Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik
  • Florida Film Critics Circle untuk Film, Sutradara, Aktris Pendukung, Skenario, dan Film Asing Terbaik
  • Los Angeles Film Critics Association untuk Aktris Pendukung Terbaik

Film ini rencananya akan dirilis secara resmi di bioskop Amerika Serikat pada tanggal 12 Februari 2021, sebelum diputar di berbagai negara lain. Jadi, jika SobatTikum mencari alternatif selain film Hollywood yang mengangkat tema menyentuh serta digarap secara berkualitas, nantikan kedatangan Minari.

Anda mungkin suka