Indahnya Danau Toba, Perjalanan Wisata Untuk Pesona Indonesia

Tikum Travel  – Setelah menempuh perjalanan dengan Penerbangan Garuda Indonesia Airlines (GIA) selama 2 jam dari Jakarta, akhirnya tibalah di Bandara Silangit. Bandara baru yang berdiri tidak jauh dari Kota Siborong-borong yang didirikan beberapa tahun lalu. Sebagai fasilitas untuk memudahkan masyarakat Toba dan sekitarnya untuk berkomuter dengan kota besar lain di nusantara.

Perjalanan dari Siborong-borong hingga Parapat menawarkan pemandangan picturesque. Jalan berkelok yang tidak berkesudahan, persawahan dan ladang yang spektakular berikut kombinasi bangunan modern dan tradisional di sepanjang 72 kilometer. Waktu tempuh selama satu jam lebih dengan mobil charteran dari bandara dimaksud agar bisa lebih cepat tiba di pelabuhan Tigaraja yang selanjutnya menyebrang selama 60 menit menuju Tuktuk.

Indahnya Danau Toba merupakan kisah lama bagi para traveller yang melakukan perjalanan sejak beberapa dekade lalu. Dikagumi dan dikunjungi oleh jutaan wisataan domestik dan mancanegara yang terpesona dengan danau biru raksasa, jajaran bukit barisan dan keramahan suku Batak, sebagai tujuan wisata dengan cerita rakyatnya.

Danau Toba mulai dikenal sejak tahun 1783 oleh William Marsden yang menggemparkan masyarakat dunia barat dengan menggambarkan Toba sebagai Kerajaan Batak. Budaya yang memiliki bahasa serta kemampuan dalam tulis menulis di pedalaman Sumatera kala itu. Menyebabkan rasa penasaran para petualang bangsa Eropa untuk tidak berhenti mengunjungi Danau Toba.

Kembali melakukan perjalanan untuk mengunjungi indahnya Danau Toba, merupakan impian sejak 5 tahun yang lalu. Peninggalan sejarah sebagai saksi zaman Megalitik serta Kampung Legenda Manusia Batak Pertama. Keindahan pemandangan selama perjalanan menjadikan alasan untuk perlu mengunjungi Danau Toba.

Gurgur, spot kecil tempat memandang indahnya Danau Toba untuk pertama kali sejak perjalanan dari bandara. Berhenti sejenak untuk coffee break, baiknya lebih banyak untuk meluangkan waktu mengabadikan pemandangan dengan lensa kamera secara instagramable dan live di sosial media.

Tahap Perjalanan Menuju Indahnya Danau Toba

Parapat

Tiba di Parapat, berhenti sejenak di Chinese Retauran Asia yang terletak persis di depan Gerbang Retribusi Tiket. Tidak jauh dari Pelabuhan Tigaraja dan Ajibata. Berdiri di depan Restoran ini menyuguhkan pemandangan Pantai Bebas dengan pasir putih yang merupakan tujuan favorit wisatawan.

Gerbang Parapat merupakan pintu gerbang utama Danau Toba. Serta pusat aktivitas ekonomi di seluruh Kota dan desa sekitar Danau. Melalui dua pelabuhan dengan menggunakan ferry menuju pulau samosir serta desa di utara dan selatan Danau Toba.

Pokkan (Pekan) atau pasar yang digelar setiap hari sabtu di Tiga Raja (Pasar tempat berkumpulnya para raja dan rakyat jelata dulu kala). Berlokasi dekat dengan jetty jurusan Tomok, Tuktuk, Ambarita serta Simanindo. Pasar ini sangat unik dan menjadi hal yang penting untuk dikunjungi. Karena hampir seluruh masyarakat lokal di parapat dan pulau samosir berbelanja kebutuhan pokok di tempat ini.

Kota Parapat juga menghadirkan beberapa tempat akomodasi dan restauran yang terbilang banyak, namun kota ini lebih merupakan tempat transit.

Pulau Samosir

Sedikit cerita mengenai sejarah, Danau Toba merupakan danau kaldera yang bererupsi sekitar 75 ribu tahun lalu. Menelik penelitian dari umur unsur kandungan zat potasium karbon, danau toba pernah meletus sebanyak empat kali dan terdasyat menciptakan letusan super volkanik yang mempengaruhi struktur kehidupan zaman purba kala itu. Bisa dibayangkan dengan debu setebal 15 cm telah menutupi seluruh kawasan di Asia Tenggara dan bahkan pernah tercatat hingga di Kutub Selatan.

Dasyatnya erupsi letusan vulkanik telah menyebabkan perubahan klimatologi yang menurunkan suhu di bumi hingga 2 derajat Celcius pada masanya. Diperkirakan hingga menyisakan manusia hanya tinggal 3 sampai 5 ribu jiwa saja dan telah memusnahkan banyak kehidupan secara ekstrim.

Dengan luas 3,000 meter persegi, Danau Toba termasuk dalam danau terbesar di Indonesia. Ditengahnya terdapat pulau yang kini dinamakan Pulau samosir. Merupakan daratan hasil dari sisa kaldera magma setelah letusan erupsi berakhir.

Pulau Samosir menjadi salah tujuan utama wisatawan yang mengunjungi Sumatera Utara. Selain destinasi wisata menarik lainnya seperti Pusat rehabilitasi Orang Utan di Bahorok, Gunung Sibayak di Berastagi, Rumah Raja Purba di Pematang Purba dan Istana Maimum serta Mesjid Raya di Kota Medan..

Tuktuk Siadong

Setelah menempuh 5 jam perjalanan, akhirnya tiba di Tuktuk Siadong. Tempat akomodasi serta restauran selama tinggal di Pulau Samosir. Tuktuk merupakan peninsula berbentuk sirkular. Seluruh hotel dan guesthouse di Pulau Samosir terkonsentrasi di Tuktuk. Akomodasi yang terletak dipinggir danau merata di sepanjang peninsula dan cukup mudah ditemukan untuk disewa. Hampir setiap akomodasi memiliki restauran menawarkan makanan dengan cita rasa lokal maupun internasional.

Cottage Carolina adalah pilihan tepat yang terletak di pinggir danau. Dengan pemandangan menakjubkan ke arah selatan Danau Toba. Penginapan ini memang tidak memiliki pasir putih, namun taman dipinggir danau sangat ideal sebagai tempat berjemur sekaligus menikmati pemandangan bukit yang mengelilingi danau.

Ambarita

5 kilometer di Utara Tuktuk Siadong, Ambarita merupakan desa dari Raja Siallagan yang berumur lebih dari 300 tahun yang terkenal memiliki peninggalan Stone Chair (Tempat duduk dari Batu yang dibuat oleh masyarakat Ambarita).

Simanindo

Museum Huta Bolon dengan tiket masuk sebesar Rp. 50.000 | Buka Senin – Sabtu 10.00 – 1200

Museum Huta Bolon merupakan rumah dari Raja Batak bernama Raja Simalungun yang beristrikan 14 perempuan. Rumah Bolon memiliki keindahan dengan dekorasi 10 tanduk kerbau berikut dengan ukiran Mula Jadi dan dekorasi senjata, dapur dan peralatan rumah tangga.

Pengunjung akan disuguhi live musik gondang, pantun, tarian tradisional dan pertunjukan Sigale-gale (Batak puppet). Sebelum mengakhiri pertunjukan, para penonton akan diberi ulos (scarf panjang tradisional dan penutup kepala) dan diajak menari atau manor-tor bersama. Pengalaman yang cukup menyenangkan bagi wisatawan mancanegara, karena wisatawan asing akan diajak bercanda atau terkadang di beri marga atau nama keluarga Batak.

Pangururan

Pangururan memiliki arti sangat penting bagi bangsa Batak. Menurut mitos. Pusuk Buhit (Gunung Suci) merupakan tempat lahirnya manusia Batak atau Siraja Batak pertama di Bumi oleh Mulajadi Na Bolon. Puncak Pusuk Buhit setinggi 1981 meter di atas permukaan laut, menawarkan pemandangan spektakuler ke seluruh Danau Toba. Untuk mencapai puncak dibutuhkan perjalanan menanjak selama 4 hingga 5 jam.

Tomok

Tempat bersejarah Megalitik dengan akses masuk berupa donasi | Buka setiap hari pagi hingga petang

5 kilometer selatan Tuktuk, desa Tomok merupakan tempat berejarah Makam Raja Sidabutar. Raja yang mengadopsi agama Kristen. Makam raja diapit oleh Panglima Guru Saung Lang Meraji dan istri yang sangat dicintai yakni Anteng Meliala Senega. Makam yang telah beumur lebih dari 470 tahun ini merupakan sarkofagus dengan 1 buah batu yang utuh memiliki dekorasi Singa dengan tiga tanduk dan mata besar membelalak. Dimasa lalu, kompleks makan ini dipergunakan sebagai tempat ritual memanggil hujan.

Berdampingan dengan kompleks makam Raja Sidabutar, pengunjung dapat berbelanja cindera mata di toko merchandise dengan ragam variatif.

Akhir Perjalanan

Kembali ke Bandara Silangit sore ini, memberikan gambaran positif terhadap preservasi yang baik terhadap budaya kearifan suku Batak di setiap destinasi yang dikunjungi, terlebih dengan kehangatan masyarakat terhadap pengunjung.

Rasa syukur masih dapat menyaksikan Danau Toba yang menawan dan penuh dengan cerita budaya serta kearifan. Agar semakin mengerti adat istiadat suku Batak dimasa lalu.

All I can say: “Go, Visit, See And Feel The Experiences Before Disappear”.

Transportasi Udara

Jakarta – Silangit (PP)

  • Garuda Indonesia Airlines (GIA)
  • Lion Air
  • Batik Air
  • Citilink

Kesana – Kemari

Damri :

  • Bandara Silangit – Parapat – Tigaraja – Ajibata : 10.00 dan 16.00
  • Ajibata – Tigaraja – Parapat – Bandara Silangit : 08.00, 11.00 dan 14.00

Opsi Transportasi Lainnya :

  • Travel : Dapat disewa di hampir semua agen perjalanan atau sewa disini (Travel.com)
  • Motor : Penyewaan motor (Pastikan kepemilikan SIM C ) hampir disemua tempat. Dengan memastikan asurani dan kondisi motor. Berkeliling seluruh are Pulau Samosir merupakan cara paling mudah untuk mencapai semua tempat secara cepat.

Akomodasi

Parapat

  • Banyak opsi dan dapat diperoleh via online booking

Bagus Bay:

  • Tel: 0625451287 | Bagusbay.com. Rumah tradsional Batak dengan interior nyaman. Salah satu akomodasi terbaik di Tuktuk. Anda mesti mencoba Hammock untuk bersantai.

Carolina

  • Rumah Traditional dengan interior oldies namun nyaman. Salah satu akomodasi tertua keberadaanya.

Hariara:

  • Tel: 0625 451183| hariara-guesthouse.web. Guesthouse depan danau dengan taman serta kamar supernyaman.

Romlan

  • Tel: 0625 45386| romlantuktuk.web. Dikelola keluarga Indo jerman dengan pemandangan kamar ke danau. Bangunan dengan gaya tradisional rumah Batak.

Tabo Cottage

  • Tel: 0625 451318| tabocottages.com. Batak house modern dengan kamar dan hamak, dikelola keluarga Indo Jerman.

Samosir Cottages

  • Tel: 0625 452270| samosir cottages.com. Akomodasi terbaik dikelasnya dengan lokasi di utara tuktuk. Pilihan harga kamar yang variatif.

Foody

TukTuk Siadong

  • Hampir Semua akomodasi memiliki restauran,

Bagus Bay

  • Tel: 0625451287 | Bagusbay.com. Salah satu restauran terbaik di Tuktuk. Hiburan setiap rabu dan sabtu malam mulai 20.15

Todays Cafe

  • Local Food (Non Halal). Sak sang guarantee, chapati dan kari terong ala india disini.

Rumba Pizzeria

  • Great Pizza dan tempat ngebir dan nobar English Premier League setiap hari sabtu.

Anda dapat mengikuti ulasan destinasi menarik seluruh indonesia melalui Kanal Travel di #homeofcommunity tikum.id.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka