Agar Lebih Maksimal, Ikuti Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh, yuk!

Sudah Mencoba Berbagai Olahraga, Tetapi Efek Yang Ditimbulkan Tidak Maksimal? Bisa Jadi, Latihanmu Belum Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

Tikum Sport – Sudah Mencoba Berbagai Olahraga, Tetapi Efek Yang Ditimbulkan Tidak Maksimal? Bisa Jadi, Latihanmu Belum Sesuai Dengan Bentuk Tubuh. Simak Artikel Ini Untuk Memahami Jenis Olahraga Yang Efektif Bakar Lemak.

Di tengah beragam manfaat olahraga, mengecilkan tubuh atau menurunkan berat badan menjadi salah satu tujuan yang paling banyak dikejar. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya: sudah olahraga lama dan mati-matian, mengapa efeknya belum juga memuaskan?

Eits, jangan lantas berhenti dan patah semangat, ya. Pasalnya, olahraga yang seakan tak terasa efektif, bisa saja diakibatkan oleh latihan yang belum tepat. Harus dipahami, setiap manusia itu unik. Dalam hal bentuk tubuh, misalnya. Ada yang bagian bahu atau pinggulnya lebih besar, ada pula yang lurus seperti papan. Beda bentuk tubuh, beda pula jenis latihannya, sebab pada dasarnya setiap bentuk punya bagian yang harus dilatih, dinaikkan, atau justru dikurangi massa ototnya.

Nah, agar olahragamu semakin maksimal, kenali dulu, yuk, jenis-jenis olahraga yang harus kamu pilih berdasarkan bentuk tubuh!

1. Apel

Bentuk tubuh buah apel biasanya kentara dari ukuran pinggul kecil, sementara bahu dan dada besar. Nah, karena bobot tubuh paling besar ada di bagian atas, kamu bisa melakukan olahraga kardio untuk membakar lemak serta melatih otot perut. Bagi pemula, bisa langsung mencoba olahraga ringan seperti jogging, lalu pelan-pelan ditambahkan dengan plank dan crunch untuk membentuk otot perut. Untuk membentuk otot lengan dan bahu, kamu juga dapat menambahkan push up, hammer curl, dan jenis angkat beban lain.

2. Pir

Serupa buah pir, lemak atau bobot tubuh terbesarmu biasanya akan terpusat di bagian bawah, seperti pinggul, paha, dan bokong. Sementara itu, tubuh bagian atas (dada atau bahu) akan tampak lebih kecil.

Nah, PR mengurangi bobot lemak bagian bawah ini bisa kamu siasati dengan bersepeda; serta melatih otot kaki dengan melakukan squat, leg curl, leg press, hingga walking lunges.

3. Jam Pasir

Tipe tubuh jam pasir umumnya memiliki pinggul kecil, sementara ukuran bagian atas dan bawah badan hampir sama. Karena faktor inilah, jika kamu pemilik tipe tubuh ini dan kebetulan kelebihan berat badan, maka yang harus dilatih adalah seluruh badan.

Kamu bisa melatih tubuh bagian atas dengan bench press, triceps extension, atau pull-down. Sementara itu, tubuh bagian bawah dapat kamu latih dengan squat, leg press, atau walking lunges. Ingin menggerakkan badan sekaligus? Kamu dapat melakukan jogging atau renang. Adapun untuk menguatkan otot perut, latihan dapat dilakukan dengan plank selama satu menit.

4. Lurus

Banyak orang menyebutnya dengan tipe tubuh seruling atau papan. Nah, karena pada umumnya tipe tubuh ini hanya memiliki sedikit lekukan di bagian dada, pinggang, atau pinggul, kamu bisa mencoba latihan yang berfungsi membentuk lekuk tubuh. Beberapa jenis olahraga yang dapat dicoba, seperti squat untuk membentuk otot bokong, sit up, side plank, atau toe touch.

5. Segitiga Terbalik

Karena bagian atas tubuh (bahu hingga lengan) terlihat lebih besar, kamu bisa fokuskan latihan dengan melakukan butt busting, push up, hingga mengangkat beban. Agar seimbang, jangan lupa lakukan latihan-latihan yang juga menyertakan bagian bawah tubuh, seperti squat, berlari, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa latihan sesuai bentuk tubuh yang dapat kamu coba. Nah, agar tujuanmu tercapai dengan maksimal, kombinasikan juga dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan menjaga pola hidup yang baik, ya.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka