7 Ikan Hias Paling Mahal untuk yang Suka Kemewahan

Tikum Animal Lovers – Dengan kebanyakan waktu yang dihabiskan di rumah, banyak orang berusaha menemukan hobi baru saat pandemi. Salah satunya adalah dengan memiliki hewan peliharaan. Selain anjing atau kucing yang punya banyak peminat, jumlah pemelihara ikan hias juga terus melonjak.

Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan ingin memelihara ikan namun tidak ingin punya ikan yang biasa-biasa saja, memilih ikan hias mewah mungkin opsi yang menarik. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis ikan yang diketahui cukup mahal harganya. Simak 7 di antaranya berikut ini!

1. Ikan Koi

Koi merupakan jenis ikan yang sangat populer di kalangan pencinta ikan di berbagai belahan dunia. Mengamati koi yang saling berinteraksi bisa memberikan efek terapeutik yang menenangkan. Tidak heran jika banyak orang yang sengaja memeliharanya di dalam kolam di taman rumah. Karena peminatnya yang banyak, harganya tergolong tinggi. Menurut situs unilad.co.uk, ikan koi termahal yang pernah dijual harganya mencapai Rp26 miliar!

2. Polkadot Stingray

Stingray atau ikan pari memang punya bentuk yang unik. Apalagi jenis polkadot dengan tubuh oval dan bintik-bintik di bagian atas tubuhnya. Dilansir dari aquariumsphere.com, ikan pari jenis polkadot merupakan jenis pari air tawar paling mahal. Salah satunya pernah terjual seharga Rp1,4 miliar.

3. Arwana Platinum

Selain koi, arwana juga merupakan ikan hias yang sangat populer di tanah air. Ikan air tawar ini umumnya hidup di danau-danau di Benua Australia, Asia hingga Amerika Selatan. Salah satu arwana platinum termahal yang pernah dijual harganya setara dengan Rp4,2 miliar.

4. Peppermint Angelfish

Biasa ditemukan di gua berbatu yang tertutup karang, peppermint angelfish adalah ikan cantik yang cenderung sulit didapatkan. Ikan ini biasanya hidup di kedalaman 300 hingga 400 kaki. Dengan ukuran yang sangat mungil (maksimal sepanjang 7,2 cm), Anda mungkin akan terkejut kalau ikan ini bisa dihargai sampai Rp400 juta.

5. Bladefin Basslet

Kerap menjadi incaran para kolektor, ikan dengan nama lain Jeboehlkia gladifer ini harga jualnya bisa sampai Rp146 juta. Tinggal di kedalaman lebih dari 150 meter di bawah permukaan laut membuat bladefin basslet hampir mustahil untuk ditangkap. Kalaupun berhasil, butuh usaha keras untuk membawanya sampai ke tangan kolektor karena mereka sering mati di perjalanan.

Fitur unik berupa pola warna mencolok serta sirip yang mirip pisau membuat ikan ini sangat mudah dikenali. Tertarik membeli?

6. Neptune Grouper

Tinggal 100 meter di bawah permukaan laut membuat neptunus grouper banyak diincar para pencinta ikan. Ikan dewasa umumnya memiliki warna merah muda berpadu garis-garis kuning. Sementara ikan yang lebih muda menonjolkan warna oranye terang yang cerah. Kalau ingin memilikinya, kamu harus merogoh kocek sebanyak Rp86 jutaan.

7. Channa Barca

Ikan yang dikenal sebagai predator primitive ini berasal dari Sungai Brahmaputra di India. Ikan ini biasanya menyantap larva, udang hingga cacing tanah untuk hidup. Bentuknya yang unik membuat ikan ini dihargai antara Rp40-Rp50 juta per ekornya.

Seperti halnya hewan peliharaan lain, memelihara ikan juga memerlukan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Tapi kalau Anda sudah jatuh cinta pada hobi ini, Anda pasti akan menemukan kebahagiaan tersendiri saat melakukannya. Apalagi kalau di dalam akuarium Anda ada salah satu dari 7 ikan termahal ini. Aktivitas memelihara ikan dijamin akan jadi lebih seru.

Anda mungkin suka