Ide Bisnisnya Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Ide Bisnisnya Ibu Rumah Tangga

Tikum Woman – Anda seorang ibu rumah tangga dan ingin mendapat penghasilan sendiri tanpa modal? Yuk, intip ide bisnisnya ibu rumah tangga tanpa modal berikut ini!

Siapa bilang ibu rumah tangga minim kesempatan untuk memperoleh pendapatan sendiri? Di zaman sekarang, peluang usaha untuk dilakukan di rumah saja sambil mengurus rumah dan si kecil terbuka sangat lebar.

Asyiknya lagi, beberapa ide bisnisnya ibu rumah tangga tanpa modal, lho! Modal yang dimaksud di sini adalah Anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan lainnya. Cukup menggunakan keterampilan dan laptop maupun ponsel yang dimiliki, pundi-pundi rupiah bisa mengalir.

Jadi, apa saja, nih, ide bisnis ibu rumah tangga tanpa modal yang bisa dilakukan?

Freelancer

Anda punya keahlian khusus seperti desain grafis, penulis, penerjemah, data entry, dan sebagainya? Kalau ya, cobalah membuka jasa freelance. Anda bisa mulai mempromosikan keahlian Anda melalui berbagai platform sekaligus sebagai portofolio.

Selain melakukannya secara independen, Anda bisa mencoba bergabung dengan beberapa platform freelancer seperti Upwork, Fiverr, Sribulancer, Toptal, Projects.co.id, Writer Access. Untuk meningkatkan kepercayaan calon klien, pastikan Anda telah menyiapkan portofolio, mengisi informasi personal dengan lengkap, dan membuat branding semenarik mungkin, ya!

Dropshipper

Anda suka belanja online? Kali ini, kenapa tidak mencoba untuk menjadi pihak yang menjual? Nyatanya, jumlah penjual online terus bertambah, tetapi peluang untuk memperoleh keuntungan juga ternyata tetap terbuka lebar bagi ‘pemain baru’.

Kalau belum memiliki produk sendiri atau minim modal, tenang saja. Dropshipper bisa jadi ide bisnis ibu rumah tangga tanpa modal yang bisa Anda pilih. Anda bisa menggunakan platform marketplace yang ramai digunakan masyarakat, seperti Tokopedia, Shopee, dan sebagainya.

Sebagai seorang dropshipper, Anda hanya perlu mempromosikan produk supplier. Jika ada orang yang membeli produk tersebut, supplier akan mengirimkannya ke pembeli menggunakan nama Anda sebagai pengirimnya. Dengan demikian, pembeli pun tetap akan melihat Anda sebagai penjualnya.

Content Creator

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menjadi seorang content creator. Asal konsisten dan melakukannya secara tepat, Anda tetap bisa menghasilkan pendapatan sebagai content creator meski jumlah content creator saat ini terus bertambah dan banyak didominasi generasi Z. Adapun pendapatan yang diperoleh umumnya berasal dari endorsement.

Untuk menjadi seorang content creator, Anda perlu mengetahui dengan pasti niche yang akan diangkat. Mulailah dengan satu platform berikut beberapa tips khususnya (misal, jika menggunakan Instagram, perbanyak gunakan Instagram Reels) dan lakukan pendekatan sesuai dengan niche dan target audiens. Tak lupa, lakukanlah dengan konsisten.

Program Afiliasi

Ini adalah ide bisnis tanpa modal yang makin populer dilakukan masyarakat. Tak hanya ibu rumah tangga, bahkan siswa dan karyawan pun banyak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

Program afiliasi (affiliate) adalah program yang memungkinkan Anda memperoleh komisi jika Anda berhasil membuat orang lain membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan. Besarnya komisi pun berbeda-beda sesuai perusahaan yang Anda pilih. Penyedia afiliasi pun sangat banyak, seperti Shopee, TikTok, Amazon, Zalora, dan lain-lain.

Jika Anda masih menemukan kebingungan antara perbedaan afiliasi dan dropship, berikut dua poin penting yang menjadi pembeda keduanya.

Sebagai dropshipper, Anda bisa menentukan sendiri harga jualnya sehingga keuntungan yang diperoleh berdasarkan keputusan Anda (pastikan Anda menjualnya dengan harga di atas harga dasar). Sementara itu, dalam program afiliasi, seluruh harga telah diatur oleh pemilik usaha dan Anda hanya memperoleh komisi penjualan.

Sebagai dropshipper, pengiriman ke pembeli adalah menggunakan atas nama Anda sehingga pembeli tidak benar-benar tahu apakah Anda seller atau dropshipper. Sementara itu, dalam program afiliasi, pengiriman ke pembeli tetap menggunakan atas nama perusahaan.

Nah, itulah beberapa ide bisnis rumah tangga tanpa modal. Tertarik untuk mencoba?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen