Ibrahima Konate ke Liverpool, Cek Sosok Pemain Muda Prancis Ini?

Tikum Bola – Pindah dari RB Leipzig, Ibrahima Konate ke Liverpool mencuri perhatian fans The Reds. Seperti apa sosok pemain muda Prancis yang membuat Liverpool kepincut dengannya?

Bek muda Prancis, Ibrahima Konate Ibrahima Konate ke Liverpool muncul sebagai rekrutan pertama Liverpool sepanjang bursa transfer pemain pada musim panas kali ini. Jumat, 28 Mei 2021 Liverpool mengumumkan secara resmi kedatangan Konate usai meneken klausa bebas dirinya sebesar £35 juta.

Konate pun telah menyepakati kontrak yang berlangsung sampai 2026. Lalu, seperti apa sosok pemain berusia 22 tahun ini? Apa yang membuat Liverpool memboyong bek berbakat tersebut ke Anfield? Simak ulasan selengkapnya di sini.

Pindah dari RB Leipzig

Sesungguhnya Leipzig baru sering memasukkan Konate pada musim 2020/2021. Dilansir dari Opta, sepanjang musim ia sukses menciptakan 23 clearance, tiga blok, dan delapan intersepsi. Lewat empat tekel, rata-rata tekel Konate mencapai tingkat sukses 66,7%.

Di sisi lain, ia juga piawai menambah daya serang tim. Sejauh ini Konate mencatatkan empat kali tembakan dengan dua on target, satu meleset, dan satu berbuah gol. Statistik penampilan Konate cukup mumpuni mengingat usianya pun terbilang muda.

Sepanjang empat musim bersama Leipzig, ia menorehkan 95 penampilan dan telah mencetak empat gol. Bersama klubnya, Konate juga tampil delapan kali di Champions League. Sebelum di Leipzig, ia adalah anggota tim senior Sochaux usai lulus dari akademi sepakbola mereka.

Masuk Skuad Tim Nasional Prancis U-21

Konate dipercaya menduduki posisi bek tengah dalam skuad tim nasional Prancis U-21. Kadang ia juga bisa mengisi posisi bek sayap kanan. Ia telah turun membela Prancis sejak tahun 2019 dan mencatat 11 kali penampilan. Kini, ia didapuk sebagai kapten tim Prancis U-21.

Pemain muda keturunan Mali ini lahir di Prancis sehingga Konate berhak membela tim nasional Prancis. Sejak berita ketertarikan Liverpool padanya mencuat, ia tetap bersikap profesional dan fokus pada turnamen musim panas Euro Cup U-21. Setelah turnamen selesai, ia berencana segera menuju Anfield untuk memulai karier bersama The Reds.

Namun, rencana itu berjalan lebih awal karena Prancis terpaksa angkat koper lebih dahulu usai tumbang di tangan Belanda 1-2. Pada laga perempat final yang berlangsung tiga hari pasca kepindahan resminya ke Liverpool, Konate berduet dengan Dayot Upamecano di lini tengah pertahanan Prancis.

Sempat unggul pada menit ke-23 oleh gol tandukan kepala Upamecano, Belanda berhasil membuat keadaan seimbang enam menit setelah turun minum. Sepakan Myron Boadu mampu menggetarkan gawang Illan Meslier. Meskipun Prancis terus mendominasi permainan, mereka harus mengakui kekalahan setelah Boadu mencatatkan gol kedua.

Hasil ini membuat Konate bisa pergi lebih cepat ke Liverpool. Tanpa kegiatan musim panas, ia bisa berlibur sambil mengurus kepindahannya. Tentu ini memberi Konate keuntungan untuk beradaptasi dengan suasana Anfield dan rekan setimnya nanti.

Masa Depan Karier Menjanjikan di Liverpool

Konate mengaku sebuah kehormatan bisa bergabung dengan tim sebesar Liverpool. Ia tak sabar ingin segera bertemu dengan rekan setim dan staf untuk memulai babak baru dalam karier sepakbola profesionalnya.
Sang pelatih, Jurgen Klopp, ternyata sudah lama menyadari potensi Konate, tepatnya saat ia masih bergabung dengan Sochaux. Transfer pemain ini dipandang tepat untuk memperkuat lini belakang Liverpool musim depan.

Klopp yakin, Konate bakal punya karier menjanjikan bersama Liverpool. Apalagi, mengingat musim lalu ia harus melipatgandakan kombinasi starter jantung pertahanan akibat para bek yang dilanda badai cedera. Menurut pandangan Klopp, Konate memenuhi semua aspek yang dibutuhkan untuk membangun benteng Liverpool.

Atribut fisik Konate terbilang impresif. Ia bukan saja cepat, tetapi juga kuat dan dominan di udara, sesuatu yang jadi poin plus pemain bek andal. Terlepas dari cedera yang sempat dialami, pengalaman Konate bermain dalam dua kompetisi dengan persaingan ketat jadi modal utama.

Klopp yakin Konate bisa segera menyatu dengan strategi Liverpool

Namun, ia pun yakin sang calon bintang masih bisa berkembang lebih jauh dengan potensi yang ia punya. Untuk itulah Liverpool meminangnya dan berniat menjadikan Konate sebagai sosok pemain bermasa depan cerah.

Anda mungkin suka