Hobi Unik Pencinta Ikan Koi, si Ikan Hias Eksotis Dari Jepang

Memiliki hobi memelihara binatang merupakan kepuasaan tersendiri bagi beberapa orang, tidak peduli jenis dan harganya. Mulai dari hewan berkaki dua atau empat, hewan yang bisa terbang, hewan yang melata hingga hewan yang hidup di air.

Hari ini kami ingin membahas mengenai hewan air yaitu Ikan. Dan pilihan kami adalah Ikan asal Jepang yaitu Ikan Koi, yang bagi sebagian orang dianggap membawa keberuntungan jika dipelihara. Selain itu, ikan ini banyak dipelihara karena karena memiliki keindahan dan memilki harga jual yang mahal.

Ikan Koi yang memilki nama Jepang “Nishikigoi” merupakan simbol persahabatan dan cinta di Jepang. Di Indonesia Ikan ini sering disebut ikan mas Koi, dan untuk harga Koi sendiri sangat bervariasi, tergantung dari ukuran dan prestasi. Apalagi, jika ikan itu sering menjadi juara dalam berbagai kontes Koi di skala lokal dan internasional. Berikut beberapa jenis dari Ikan Koi yang umumnya dipelihara orang.

  1. Koi Gosanke
  2. Koi Kohaku
  3. Koi Sanke
  4. Koi Showa
  5. Koi Bekko
koi 1

Indonesia juga merupakan negara yang memilki banyak penggemar Koi, mereka juga punya cerita dan keseruan. Mari kita berkenalan dengan KOMUNITAS PENCINTA KOI.

koi 3

Komunitas Pencinta KOI (KPK) berdiri pada tanggal 31 Januari 2010. Komunitas ini berdiri atas prakarsa dari almarhum Bapak Sudardji.

koi 4

Visi dari KPK adalah sebagai ajang apresiasi, informasi, konsultasi, dan tukar pikiran seputar ikan Koi. Sedangkan Misi dari KPK adalah untuk menggalang kebersamaan dan berbagi ilmu untuk kemajuan budidaya ikan Koi di tanah air.

KPK bukanlah organisasi fisik sehingga tidak ada ketua yang ditunjuk secara resmi untuk memimpin komunitas ini. dan untuk para anggota terdiri dari bermacam-macam umur, gender dan profesi. mulai dari usia 14 tahun sampai 65 tahun.

Berdasarkan data yang dihimpun dari sosial media resmi dan aplikasi chatting mereka, jumlah anggota sudah mencapai sekitar 80 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia melalui 10 chapter/ regional di beberapa daerah.

Kegiatan rutin sebelum masa pandemi adalah seminar, Koi Show, mengumpulkan dana melalui penjualan merchandise dan dipergunakan untuk kegiatan bakti sosial, hingga membuat kontes pemeliharaan Koi online. Namun, saat masa pembatasan sosial berskala besar KPK merubah kegiatan rutin melalui daring/online dema berdiskusi atau webinar.

koi 5
koi 6
koi 7

Tikum.id bertanya kepada perwakilan KPK, mengapa ikan Koi begitu istimewa ? lalu salah satu pengurus komunitas menjawab “KOI atau biasa juga disebut permata hidup (Living Jewel) sangat isitimewa dikarenakan corak warna yang begitu beragam dan indah dipandang, bisa dipelihara dalam jumlah banyak dalam satu kolam yang sama sehingga membuat kita tidak bosan dalam memeliharanya dan menikmati proses perkembangannya.” Menurut Bapak Trisno.

koi 8

Nah, bagaimana sobat tikum ? Anda semakin tertarik untuk mulai belajar atau bergabung menjadi bagian dari KPK ? Jika Anda sudah memelihara ikan Koi atau ingin memulai belajar, Kami mengajak Anda untuk ikut bergabung dalam komunitas ini dalam sebuah forum. Anda bisa menghubungi beberapa akun resmi sosial media mereka di bawah ini.

Facebook : @komunitaspecintakoi (KPK)- Official
Instagram : @komunitaspencintakoi

Semoga keberadaan Komunitas Pencinta Koi bisa memberikan nuansa pilihan baru bagi Anda pencinta satwa, serta turut berprestasi dalam berbagai kegiatan atau kontes Internasional dan mengharumkan nama Indonesia.

“Everybody is a genius. But if you judge a fish by its ability to climb a tree it will live its whole life believing that it is stupid.”
Albert Einstein

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen