Hindari Kebiasaan Berikut untuk Minimalkan Munculnya Jerawat

Jerawat tak pernah datang tiba-tiba. Enam kebiasaan ini boleh jadi pemicu utama Anda masih sering mengalami kondisi kulit berjerawat meski tak lagi muda.

Minimalkan Munculnya Jerawat

Jerawat tak pernah datang tiba-tiba. Enam kebiasaan ini boleh jadi pemicu utama Anda masih sering mengalami kondisi kulit berjerawat meski tak lagi muda.

Munculnya jerawat selalu menimbulkan perasaan tak menyenangkan bagi nyaris setiap orang—terutama wanita. Masalah kulit ini dinilai membuat penampilan jadi kurang maksimal. Pun jika harus ditutup dengan riasan, hasilnya tetap tak akan sesempurna pada kondisi sebaliknya dan justru makin berpotensi memperparah kondisi jerawat itu sendiri.

Namun, jerawat tidak pernah muncul secara tiba-tiba. Kehadiran jerawat selalu dipicu oleh beberapa hal dan melalui proses yang memerlukan waktu. Karena itu, ada baiknya Anda kembali merefleksi kebiasaan yang selama ini dilakukan—yang barangkali menjadi penyebab munculnya jerawat lagi dan lagi seperti berikut ini.

Sering Konsumsi Makanan Manis

Setidaknya, ada empat hal mengapa mengonsumsi makanan manis terlampau sering dapat memicu tumbuhnya jerawat.

  • Kandungan pada gula dapat menyebabkan hilangnya antioksidan sebagai penjaga kesehatan kulit sehingga kulit jadi lebih mudah terinfeksi bakteri.
  • Memicu kelenjar minyak bekerja lebih keras sehingga produksi minyak pun berlebih. Kondisi kulit berminyak • Memicu produksi hormone androgen yang juga berperan dalam percepatan produksi sel kulit baru. Artinya, akan lebih banyak terjadi penumpukan sel kulit mati di lapisan kulit terluar sekaligus menjadikan wajah terlihat lebih kusam.
  • Meningkatkan risiko kulit dihinggapi jamur atau candida. Selain jerawat, kondisi ini juga berpotensi menimbulkan lenting berisi nanah.

Sering Mengonsumsi Makanan Pedas

Kandungan capsaicin pada cabai bersifat menimbulkan peradangan alias inflamasi sehingga memungkinkan jerawat lebih cepat muncul. Di samping itu, mengonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh dan sirkulasi darah.

Dalam kondisi ini, pori-pori pun membesar karena suhu tubuh yang meningkat dan keringat akan keluar. Hal ini akan mempermudah kotoran maupun bakteri masuk ke dalam kulit sebelum akhirnya memunculkan jerawat kemerahan pada wajah.

Pola Tidur Buruk

Telah banyak studi yang menunjukkan betapa pola tidur yang buruk dapat memperburuk kualitas hidup dan kesehatan manusia. Berbagai risiko penyakit serius seperti jantung dan kardiovaskular, diabetes, obesitas, depresi, dan sebagainya pun meningkat seiring dengan tingginya frekuensi penerapan pola tidur buruk.

Munculnya jerawat pun juga tak luput dari kebiasaan yang satu ini. Pada dasarnya, pola tidur yang buruk akan mengganggu ritme sirkadian yang bertugas mengontrol jam biologis tubuh. Hal ini mengakibatkan pula terganggunya keseimbangan hormon—termasuk kimia kulit—sehingga jerawat pun bermunculan.

Terlalu Banyak Sentuhan pada Wajah

Banyak kotoran, kuman, bakteri yang menempel di tangan sekalipun Anda tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang. Tanpa disadari, Anda mungkin telah memudahkan perpindahan kuman yang berada di permukaan sebuah benda ke tangan lalu sampai ke wajah.

Kalau sudah begitu, maka infeksi pun akan terjadi—termasuk jerawat. Hal ini juga akan semakin mudah terjadi apabila Anda memiliki kondisi kulit relatif berminyak.

Tidak Membersihkan Secara Maksimal

Jangan menunda terlalu lama untuk membersihkan wajah setelah menggunakan makeup atau melakukan aktivitas yang berpotensi menimbulkan banyak kotoran di wajah. Di sisi lain, pori-pori juga perlu tetap bernapas sehingga tidak ‘menimbun’ sel-sel kulit mati.

Jangan ragu melakukan double cleansing untuk hasil terbaik, khususnya di malam hari. Setelah membersihkan wajah dengan bersih menggunakan micellar water atau pembersih lainnya, lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun yang pas sesuai kondisi kulit.

Manajemen Stres Buruk

Stres akan memicu ketidakseimbangan hormon. Dalam hal ini, stres akan meningkatkan produksi kortisol, yakni hormon yang merangsang kelenjar minyak.

Kelenjar minyak yang aktif akan menghasilkan sebum. Saat produksi minyak meningkat, maka meningkat pula kemungkinan kotoran, kuman, dan bakteri menempel ke wajah sekaligus membuat kulit lebih kusam.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat pada wajah. Adakah yang masih menjadi kebiasaan Anda selama ini?


For Anaysing Seep, Sport – Original Xiaomi Mi Band 5 Global Version 9 Languages Smart Miband Screen Bracelet Heart Rate Fitness Sport Bluetooth Wristband

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka