Hindari 7 Hal Berbusana Berikut di Tempat Kerja

Tampil profesional di kantor juga ada tipsnya. Berikut adalah tujuh hal yang perlu Anda hindari jika ingin tampil profesional secara maksimal di kantor.

Tikum Fashion – Tampil profesional di kantor juga ada tipsnya. Berikut adalah tujuh hal yang perlu Anda hindari jika ingin tampil profesional secara maksimal di kantor.

Tempat kerja merupakan ruang profesional. Untuk mendukung impresi tersebut, ada banyak cara yang dapat dilakukan seperti menyesuaikan tampilan. Pasalnya, visual memang sangat mendukung untuk menciptakan kesan pertama, bukan?

Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan gaya busana maupun make-up yang dikenakan. Sebagai panduannya, berikut adalah tujuh hal yang tidak sebaiknya Anda terapkan agar memberi kesan profesional.

1. Baju Ketat

Baju yang terlalu ketat akan memberi lebih banyak distraksi kepada rekan kerja lainnya. Anda pun akan menjadi risih karenanya, bukan?

Hal ini perlu dihindari sebagai upaya untuk saling menghormati dan mendukung produktivitas satu sama lain. Selain itu, mengenakan baju ketat selama sekitar 8 jam dapat turut mengganggu kenyamanan Anda dan berdampak pada tugas-tugas yang jadi tertunda.

2. Belahan Terlalu Tinggi atau Rendah

Sama seperti baju terlalu ketat, belahan yang terlalu rendah untuk atasan maupun terlalu tinggi untuk bawahan dapat menimbulkan distraksi tersendiri. Ada banyak panduan tentang berapa belahan yang dapat ditoleransi untuk tetap tampil profesional.

Di sisi lain, Anda juga pasti memahami impresi seperti apa yang akan muncul dari gaya pakaian tersebut walau cara berpakaian memang tak selalu bisa jadi patokan menilai seseorang.

3. Terlalu Banyak Aksesori

Aksesori adalah penunjang penampilan, tetapi Anda harus selektif dalam memilah. Salah padu-padan aksesori justru mengurangi drastis kesan profesional yang Anda coba tampilkan di tempat kerja.

Gunakan aksesori secukupnya. Alternatif paling simpel adalah jam tangan. Kalau merasa kurang, Anda bisa menambahkannya dengan kalung, cincin, atau anting sewajarnya. Selain itu, motif pakaian pun dapat menjadi solusi lain untuk meminimalkan penggunaan aksesori lainnya.

4. Parfum dengan Aroma Menyengat

Tampil wangi adalah nilai plus dari seseorang untuk meningkatkan impresi awal terhadapnya. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih aroma apa yang ‘aman’ dan seberapa banyak penggunaannya.

Pasalnya, tidak semua orang dapat menerima setiap jenis aroma dan justru menimbulkan berbagai efek seperti pusing yang bakal mengganggu aktivitasnya. Maka dari itu, gunakanlah wewangian tepat secukupnya.

5. Make-Up Terlalu Bold

Anda mungkin betul-betul hanya ingin menyalurkan kreativitas dan tidak memerlukan pujian dari orang lain saat berdandan tebal. Namun, faktanya, bold make-up di tempat kerja tetap akan dinilai sebagai cara untuk menarik perhatian.

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan riasan tebal dan bold tidak memiliki jiwa kepemimpinan kuat. Ini mungkin dapat menjadi pertimbangan penting Anda terutama saat ingin mengejar karir di kantor.

6. Pakaian dengan Gaya Ripped

Tren fashion yang satu ini memang sempat begitu populer seperti ripped jeans. Namun, gaya ini sangat jauh dari kesan profesional terutama jika Anda harus menjadi representasi perusahaan untuk meyakinkan klien.

Simpan ripped jeans kesayangan Anda untuk kesempatan lainnya. Meski tak bisa memakainya di tempat kerja, Anda toh tetap bisa memakainya dan terlihat modis karenanya di berbagai acara kasual berikutnya.

7. Menggunakan Yoga Pants atau Legging

Jenis bawahan yang satu ini memang nyaman. Sayangnya, yoga pants atau legging tidak hanya nyaman untuk digunakan saat berolahraga maupun aktivitas sehari-hari dalam jangka waktu yang tidak terlalu panjang.

Di samping tidak mendukung kesan profesional, dua jenis celana ini dapat memengaruhi kesehatan Anda. Bahan yang terlalu ketat mengganggu sirkulasi udara maupun darah. Menggunakan yoga pants atau legging terlalu lama berpotensi menyebabkan infeksi ragi/jamur, perut kembung, menimbulkan jerawat di area bokong, dan lain-lain.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka