Hilangnya Status Situs Warisan Dunia di Beberapa Negara

Akhir Juni lalu, UNESCO melaporkan beberapa tempat wisata yang bisa kehilangan status warisan dunia PBB karena kerusakan lingkungan imbas perubahan iklim, pembangunan berlebihan, atau pariwisata berlebihanmenyebabkan Hilangnya Status Situs Warisan Dunia.

Tikum Travel – Situs warisan dunia adalah suatu tempat budaya dan alam, serta benda yang berarti bagi umat manusia dan menjadi sebuah Warisan bagi generasi berikutnya.

Berbagai tempat yang ditetapkan UNESCO’s World Heritage Sites adala Taman Nasional, Hutan, Pegunungan, Danau, Pulau, Gurun Pasir, Bangunan, Kompleks, Wilayah, Pedesaan, dan Kota yang telah dinominasikan untuk program Warisan Dunia internasional.

Akhir Juni lalu, UNESCO melaporkan beberapa tempat wisata yang bisa kehilangan status warisan dunia PBB karena kerusakan lingkungan imbas perubahan iklim, pembangunan berlebihan, atau pariwisata berlebihanmenyebabkan Hilangnya Status Situs Warisan Dunia.

Diketahu sampai saat ini ada 1.000 lebih situs yang tersebar di lebih dari 100 negara yang masuk daftar Warisan Dunia. Daftar itu masih terus bertambah seiring banyaknya negara yang mengajukan proposal serupa setiap tahunnya. Bagi sebuah negara gelar Warisan Dunia UNESCO banyak diharapkan karena hal ini bisa meningkatkan citra sebuah tempat yang menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Sayangnya 4 tempat berikut terancam Hilangnya Status Situs Warisan Dunia tersebut, dengan alasannya masing-masing. Berikut tempat-tempat itu.

1. Great Barrier Reef, Australia

Tempat ini terancam dihapus karena terumbu karang terbesar di dunia yang merupakan daya Tarik wisata hancur akibat pemanasan global

Status Situs Warisan Dunia 1

2. Venecia, Italia

Tempat ini terancam dihapus dari warisan dunia karena kerusakan yang dilakukan oleh Industri pariwisata yang berlebihan

Status Situs Warisan Dunia 2

3. Budapest, Hongaria

Tempat ini terancam dihapus dari warisan dunia karena renovasi kastil Buda yang dianggap melanggar norma-norma konservasi internasional dan melampaui intervensi minimal yang direkomendasian untuk sebuah bangunan monument bersejarah.

Status Situs Warisan Dunia 3

4. Liverpool, United Kingdom

Pembangunan stadion sepak bola baru di Bramley-Moore Dock disebut bisa merusak nilai sejarah area tepi laut yang pernah menjadi pusat perdagangan di abad ke 18-19.

Status Situs Warisan Dunia 4

Belajar dari 4 negara di atas, mari kita tetap jaga dan lestarikan semua situs warisan dunia yang ada di Indonesia seperti kawasn Candi Borobudur, Kawasan Candi Prambanan, Taman nasional Komodo, dll. Yuk, kita bagikan artikel ini ke seluruh masyarakat Indonesia.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka