Ini Dia 6 Helatan Balap Sepeda Paling Terkenal di Dunia

Bagi Anda para penggemar olahraga bersepeda, ada beragam helatan balap sepeda paling bergengsi di dunia. Apa saja?

Tikum Bicycle – Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang sulit. Bagi Anda yang benar-benar ingin menekuninya, tidak hanya dibutuhkan dana yang tak sedikit tapi juga kemauan dan kemampuan fisik yang mumpuni. Terlebih kalau Anda menyukai balapan alih-alih sekadar bersepeda santai.

Dengan penggemar yang begitu banyak, helatan akbar bersepeda pun kerap diadakan di berbagai belahan dunia. Mau tahu event bersepeda apa saja yang paling populer secara internasional? Berikut 6 di antaranya!

1. Tour de France, Prancis

Bicara soal event bersepeda, banyak orang yang akan langsung teringat pada Tour de France. Pada tahun 1901, Geo Lefevre berhasil membuat perubahan besar dalam dunia bersepeda saat dia menginisiasi Tour de France. Sebagai salah satu ajang balapan sepeda tertua di dunia, Anda mungkin tidak akan menemukan yang lebih bergengsi dibanding helatan ini. Beberapa pesepeda terkenal di dunia juga berhasil lahir dari event ini.

2. Tour de Langkawi, Malaysia

Tour de Langkawi merupakan event bersepeda yang diadakan setiap tahun sejak tahun 1996 di Kepulauan Langkawi, Malaysia. Event ini biasanya terdiri dari beberapa segmen yang berlangsung selama 10 hari. Meskipun rutenya berubah setiap tahun, namun pendakian ke Genting Highlands (bagian terberat dalam tur), selalu disertakan.
Tour de Langkawi diakui oleh International Cycling Union (UCI) sebagai road race 2.HC dalam kalender UCI Asia Tour. Perlombaan ini menjadi bagian ProSeries UCI yang baru pada tahun 2020.

3. Tour de Suisse, Swiss

Tour de Suisse merupakan balap sepeda tahunan yang dianggap paling penting di Swiss. Dilombakan selama sembilan hari, helatan ini biasanya berlangsung di dua minggu terakhir pada bulan Juni. Sejak tahun 2011 silam, acara ini menjadi bagian dari UCI World Tour, balap sepeda profesional tingkat tertinggi di dunia.

4. Vuelta Cyclista a España, Spanyol

Vuelta Cyclista a España merupakan tur bersepeda dengan usia termuda dalam daftar ini. Tidak heran jika tempat ini menjadi wadah bagi pebalap sepeda muda yang ingin memulai kariernya di dunia balapan sepeda internasional.

5. Giro d’Italia, Italia

Diselenggarakan pertama kali pada tahun 1909, Giro d’Italia adalah perlombaan sepeda multi tahap yang diadakan di Italia dengan melewati beberapa negara lain. Awalnya helatan ini digunakan untuk meningkatkan penjualan surat kabar La Gazzetta dello Sport yang sampai sekarang masih menjadi penyelenggara perlombaan ini.

Meski awalnya hanya digelar untuk pesepeda di Italia saja, namun seiring berjalannya waktu acara ini ternyata semakin populer. Banyak pengendara sepeda dari berbagai belahan dunia turut bergabung.

Giro d’Italia merupakan bagian dari UCI World Tour yang artinya semua yang bertanding sebagian besar adalah tim dari UCI WorldTeams. Ada juga beberapa tim tambahan yang diundang dengan menggunakan wild card.

6. Amgen Tour California, Amerika Serikat

Lebih dari sepuluh tahun setelah penyelenggaraan pertamanya, Amgen Tour of California terbukti menjadi event balapan sepeda paling penting dan terkenal di Amerika Serikat. Meskipun pelaksanaannya bertepatan dengan Giro, Amgen tetap mampu menarik setengah dari UCI ProTeams elit.

Lintasannya luar biasa mencakup medan California yang sangat beragam. Kaki bukit Sierra, hutan redwood yang indah sepanjang pantai hingga perkebunan anggur, semuanya menyatu menjadi satu.

Itulah 6 helatan sepeda paling terkenal di dunia. Kalau Anda benar-benar mencintai olahraga ini dan berambisi untuk tampil di ajang internasional, Anda bisa memilih untuk ikut serta dalam salah satunya. Tertarik?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka