Hari Peringatan Pekerja Internasional

Hari Peringatan Pekerja atau Hari Peringatan Pekerja Internasional berlangsung setiap tahun di seluruh dunia pada tanggal 28 April, adalah hari internasional untuk mengenang dan aksi bagi tenaga kerja yang tewas, cacat, luka atau dibuat tidak sehat oleh pekerjaan mereka.

Hari Peringatan Pekerja atau Hari Peringatan Pekerja Internasional berlangsung setiap tahun di seluruh dunia pada tanggal 28 April, adalah hari internasional untuk mengenang dan aksi bagi tenaga kerja yang tewas, cacat, luka atau dibuat tidak sehat oleh pekerjaan mereka.

Hari Peringatan Pekerja adalah kesempatan untuk menyoroti pencegahan banyak insiden kerja dan kesehatan yang buruk serta untuk mempromosikan kampanye dan organisasi serikat dalam perjuangan untuk perbaikan keselamatan kerja. Slogan untuk peringatan ini Ingat yang telah mati – Berjuang untuk hidup.

Meskipun 28 April digunakan sebagai titik fokus untuk mengingat dan hari solidaritas internasional, kampanye dan kegiatan terkait lainnya terus dilakukan sepanjang tahun tepat di seluruh dunia.

28 April diakui oleh Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan Konfederasi Serikat Perdagangan Internasional (ITUC) sebagai Hari Peringatan Pekerja Internasional. Pada tahun 1996 ICFTU memperingati ‘hari peringatan Pekerja dan mulai mengatur ‘tema’ tahunan. Untuk tahun 2006 tema ICFTU adalah Kesatuan tempat kerja:tempat kerja yang lebih aman , dengan fokus pada larangan global asbes dan meningkatnya kesadaran HIV/AIDS.

Selama tahun 2001 ILO, bagian dari PBB, mengakui Hari Peringatan Pekerja dan mendeklarasikan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia dan pada tahun 2002 ILO mengumumkan bahwa 28 April harus menjadi hari resmi dalam sistem PBB.

Hari Peringatan Pekerja diakui sebagai hari nasional di banyak negara termasuk: Argentina, Belgia, Bermuda, Brasil, Kanada, Republik Dominika, Gibraltar, Luksemburg, Panama, Peru, Portugal, Spanyol, Thailand, Taiwan, Amerika Serikat dan Britania Raya. Serikat pekerja di negara-negara lain termasuk Benin, Republik Ceko, Finlandia, Hongaria, Malta, Nepal, Selandia Baru, Rumania dan Singapura sedang mengejar pengakuan pemerintah.

Hari Peringatan Pekerja sekarang merupakan hari internasional mengingat pekerja tewas dalam insiden di tempat kerja, atau dengan penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan, dan setiap tahun pada tanggal 28 April, acara Hari Peringatan Pekerja diadakan di seluruh dunia. Beberapa contoh termasuk kampanye aktif, dan acara kesadaran kerja. acara-acara publik termasuk pidato, layanan keagamaan multi-iman, meletakkan karangan bunga, menanam pohon, monumen pembukaan, pelepasan balon, meningkatkan kesadaran publik tentang isu-isu keselamatan kerja dan meletakkan sepatu kosong untuk melambangkan mereka yang telah meninggal di tempat kerja.

Tema 2020: Stop the pandemic: Safety and health at work can save lives

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka