Hari Lanjut Usia Nasional

Pada peringatan Hari Lansia Nasional kita menyadari masa ini adalah masa paling sulit dengan wabah COVID19 dimana jumlah kematian akibat covid 19 pada usia diatas 55 tahun adalah 36%. Hari Lansia ini bisa menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat t. entang kesehatan yang dimulai dari keluarga dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Sobattikum, pada tanggal 29 Mei setiap tahunnya menjadi hari yang penting sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN).

Pada peringatan Hari Lansia Nasional kita menyadari masa ini adalah masa paling sulit dengan wabah COVID19 dimana  jumlah kematian akibat covid 19 pada usia diatas 55 tahun adalah 36%. Hari Lansia ini bisa menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat t. entang kesehatan yang dimulai dari keluarga dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Hari Lanjut Usia Nasional atau HLUN di Indonesia dicanangkan secara resmi oleh Presiden Soeharto di Semarang pada 29 Mei 1996.
Pencanangan Hari Lanjut Usia Nasional atau HLUN untuk menghormati jasa Dr KRT Radjiman Wediodiningrat yang di usia lanjutnya memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Sementara di dunia, Hari Lanjut Usia Internasional atau International Day of Older Persons ditetapkan dalam Sidang Umum PBB setiap 1 Oktober berdasarkan resolusi No. 45/106 tanggal 14 Desember 1990.

Penetapan Hari Lansia Internasional merupakan kelanjutan dari Vienna International Plan of Action on Aging yang diputuskan di Wina tahun 1982 dengan resolusi No. 37/1982 yang melahirkan kesepakatan untuk mengundang bangsa-bangsa yang belum melaksanakan agar menetapkan hari bagi lanjut usia.

Hal ini sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka