Hari Ini Sejarah 19 Agustus

Sekarangsayatahu ada apa dengan sejarah umum dan paten, merek serta copyrights dimasa lalu sejarah 19 Agustus di tahun tahun sebelumnya hingga abad lalu

1960 - Korabl-Sputnik 2, pesawat luar angkasa Soviet, diluncurkan. Ini adalah penerbangan pertama yang mengirimkan hewan ke orbit dan kembali ke bumi dengan selamat.

Tikum Sejarah – Sobattikum, sejarah mencatat kejadian-kejadian pada hari ini 19 Agustus di masa lalu yang akan selalu kita ingat dan kenang sebagai momentum penting dalam peradaban manusia yang hingga kini masih mempengaruhi kehidupan kita sehari hari.

Umum

Timeline Sejarah 19 agustus dari yang tertua ke paling baru

  • 1919 – Afganistan merdeka dari Britania Raya.
  • 1944 – Perang Dunia II: Berakhirnya Operasi Bagration.
  • 1945 – Perang Vietnam: Viet Minh pimpinan Ho Chi Minh mengambil alih kekuasaan di Hanoi, Vietnam.
  • 1945 – Presiden Soekarno melantik/mengangkat Mr. Dr. R.S.E. Koesoemah Atmadja sebagai Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Mahkamah Agung, melalui Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor KMA/043/SK/VIII/1999 tentang Penetapan Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia.
  • 1946 – SMP Negeri 1 Blitar dibuka.
  • 1953 – Perang Dingin: CIA membantu dalam penggulingan pemerintahan Mohammed Mossadegh di Iran yang digantikan kembali oleh Shah Mohammad Reza Pahlavi.
  • 1960 – Korabl-Sputnik 2, pesawat luar angkasa Soviet, diluncurkan. Ini adalah penerbangan pertama yang mengirimkan hewan ke orbit dan kembali ke bumi dengan selamat.
  • 1980 – Sebuah Saudia Penerbangan 163 Saudia mengalami kecelakaan.
  • 2003 – Sebuah serangan bom mobil terhadap markas PBB di Irak menewaskan Wakil Istimewa PBB Sergio Vieira de Mello dan 21 orang lainnya.
  • 2006 – Muhammad Ihsan Tarore menjadi pemenang Indonesian Idol Musim Ketiga, 2 hari menjelang Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1427 Hijriah.
  • 2012 – Arab Saudi menentukan hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah jatuh pada hari ini.
  • 2017 – Pembukaan Pesta Olahraga Asia Tenggara 2017.

Paten, Merk dan Copyright

  • 1888: Kontes kecantikan dunia pertama diadakan di Belgia, seorang wanita India Barat berusia 18 tahun memenangi kompetisinya.
  • 1919: Hostess adalah merek dagang yang didaftarkan oleh William B. Ward.

Olahraga dan Rekor

  • 1995: Mike Tyson kembali bertinju setelah menjalani hampir tiga tahun dari hukuman enam tahun penjara karena pemerkosaan, menjatuhkan Peter McNeeley dua kali dalam 89 detik sebelum manajernya menghentikan pertarungan di MGM Grand Arena Las Vegas.

Apa Itu Sejarah?

Sejarah adalah catatan dan kajian tentang kejadian di masa lalu, khususnya segala sesuatu yang terjadi berkaitan dengan kehidupan kita manusia. Dalam bahasa Indonesia ada beberapa istilah termasuk babad, hikayat, riwayat, tarikh, tawarik, tambo, atau histori dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau berupa penemuan, koleksi, organisasi, dan penyajian informasi mencakup kosmik, geologi, dan makhluk hidup.

Linimasa Dunia

Catatan dunia adalah perjalanan umat manusia di seluruh dunia, semua daerah di Bumi, dirunut dari era Paleolitikum (zaman batu tua). Berbeda dengan Bumi (yang mencakup geologis Bumi dan era sebelum keberadaan manusia), dunia terdiri dari kajian rekam arkeologi dan catatan tertulis, dari zaman kuno hingga saat ini.

sejarah 23 juli
Timeline perdaban 6000 tahun

Pencatatan dimulai sejak aksara dan sistem tulisan diciptakan, tetapi asal mula peradaban bertolak dari periode sebelum penciptaan tulisan, atau zaman prasejarah. Prasejarah dimulai dari Paleolitikum (zaman batu tua), diikuti dengan Neolitikum (zaman batu muda) dan Revolusi Pertanian (antara 8000–5000 SM) di kawasan Hilal Subur. Revolusi tersebut merupakan titik perubahan besar dalam kisah perjalanan umat manusia karena sejak masa itu mereka telah mampu membudidayakan tumbuhan dan hewan.

Seiring dengan perkembangan pertanian, gaya hidup nomad berubah menjadi gaya hidup menetap sebagai petani. Kemajuan pertanian mengakibatkan pembagian strata pekerja dalam usaha panen. Strata pekerja menyebabkan munculnya strata masyarakat dan perkembangan kota-kota. Banyak kota kuno berkembang di tepi-tepi kumpulan air (danau dan sungai) yang dapat menyokong kehidupan. Pada masa 3000 tahun sebelum Masehi, telah muncul peradaban di lembah Mesopotamia (dataran di antara sungai Tigris dan Efrat) di Timur Tengah,di tepi Sungai Nil, Mesir, dan di lembah Sungai Indus.

Selain itu, peradaban juga muncul di lembah Sungai Kuning. Di tempat-tempat perkembangan peradaban kuno, pertumbuhan masyarakat yang semakin kompleks menyebabkan penciptaan aksara untuk mempermudah usaha administrasi dan niaga.

Dunia Lama (khususnya Eropa dan Mediterania) umumnya terbagi menjadi Abad Kuno, yang terhitung dari zaman sebelum 476 Masehi; Abad Pertengahan, dari abad ke-5 hingga abad ke-15, meliputi Zaman Kejayaan Islam (sekitar 750 M hingga sekitar 1258 M) dan Zaman Renaisans Eropa Awal (bermula sekitar 1300 M); Abad Modern Awal,dari abad ke-15 sampai akhir abad ke-18, mencakup Abad Pencerahan; dan Abad Modern Akhir, dari masa Revolusi Industri hingga sekarang, termasuk kontemporer.

Dalam sejarah Eropa Barat, “Kejatuhan Roma” tahun 476 M umumnya dipandang sebagai penanda akhir Zaman Kuno dan permulaan Abad Pertengahan. Sebaliknya, di Eropa Timur terjadi transisi dari Kekaisaran Romawi menjadi Kekaisaran Bizantium, yang tidak runtuh sampai berabad-abad kemudian. Pada pertengahan abad ke-15, teknik cetak modern yang ditemukan Johannes Gutenberg merevolusi metode komunikasi, dan berperan dalam mengakhiri Abad Pertengahan serta menjadi perintis dalam Revolusi Ilmiah. Pada abad ke-18, akumulasi pengetahuan dan teknologi—khususnya di Eropa.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka