Hari Ini Sejarah 17 Juni

Sobattikum, sejarah mencatat kejadian-kejadian hari sejarah 17 Juni di masa lalu yang akan selalu kita ingat dan kenang sebagai momentum penting dalam sejarah dunia hari ini.

Hari ini dalam sejarah 17 Juni

Linimasa dari yang tertua hingga yang paling dekat kemasa sekarang.

  • 83 – Berdirinya kota Palembang.
  • 1775 – Revolusi Amerika: Pasukan Inggris memenangkan pertempuran Bunker Hill, dekat Boston.
  • 1864 – Pembangunan jalur kereta api pertama di Pulau Jawa (dan Hindia Belanda, kelak Indonesia) diresmikan oleh Gubernur Jenderal Sloet van de Beele.
  • 1885 – Patung Liberty tiba di kota New York dengan menggunakan kapal laut dari Prancis, Isere.
  • 1928 – Amelia Earhart, memulai penerbangan trans Atlantik dari Newfoundland menuju Wales.
  • 1939 – Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA) ditetapkan sebagai cagar alam oleh pemerintah Hindia Belanda (sekarang Indonesia) dengan luas awal 15,04 ha. Kemudian kawasan ini diperluas sehingga pada sekitar tahun 1960-an tercatat memiliki luas 1.344,62 ha.
  • 1940 – Perang Dunia II: Kapal Perang Inggris RMS Lancastria ditenggelamkan oleh Luftwaffe (Angkatan Udara Jerman Nazi) di Saint-Nazaire, Prancis.
  • 1944 – Berdirinya Republik Islandia.
  • 1947 – Maskapai penerbangan Pan Am melakukan penerbangan pertama mengelilingi dunia dengan pesawat penumpang dari kota New York yang menelan biaya 1.700 dolar AS.
  • 1948 – Soekarno untuk pertama kali menginjakkan kakinya di Aceh dan meminta rakyat Aceh untuk membelikan Indonesia pesawat terbang, dana yang terkumpul kala itu mencapai 120.000 Dollar Singapura dan 20 kg emas lebih, pesawat tersebut dinamakan dengan Seulawah air kemudian diganti namanya menjadi Indonesia airways yang menjadi cikal bakal maskapai Garuda Indonesia.[1]
  • 1950 – Operasi transplantasi ginjal pertama kali dilakukan di Chicago dalam waktu 45 menit oleh Dr. Richard H. Lawler.
  • 1962 – Brasil menjadi juara Piala Dunia FIFA 1962, gelar juara untuk yang ke-2 kalinya.
  • 1967 – Republik Rakyat Tiongkok melakukan uji coba bom hidrogen yang pertama kali di Lop Nur yang merupakan uji coba nuklir Tiongkok yang keenam kalinya.
  • 1970 – Edwin Land mempatenkan kamera Polaroid.
  • 1972 – Lima orang ditangkap dalam kasus penyadapan kantor Partai Demokrat AS di Hotel Watergate dalam kasus Skandal Watergate.
  • 1994 – Pembukaan Piala Dunia FIFA 1994.
  • 1995 – Akhir kegiatan belajar-mengajar tahun ajaran 1994/1995 di Indonesia.
  • 2000 – Akhir kegiatan belajar-mengajar tahun ajaran 1999/2000 di Indonesia.
  • 2006 – Akhir kegiatan belajar-mengajar tahun ajaran 2005/2006 di Indonesia.
  • 2011 – Peresmian Trans Studio Bandung oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Jero Wacik.

Linimasa Sejarah Dunia

Sejarah dunia adalah sejarah umat manusia di seluruh dunia, semua daerah di Bumi, dirunut dari era Paleolitikum (zaman batu tua). Berbeda dengan sejarah Bumi (yang mencakup sejarah geologis Bumi dan era sebelum keberadaan manusia), sejarah dunia terdiri dari kajian rekam arkeologi dan catatan tertulis, dari zaman kuno hingga saat ini.

Pencatatan sejarah dimulai sejak aksara dan sistem tulisan diciptakan, tetapi asal mula peradaban bertolak dari periode sebelum penciptaan tulisan, atau zaman prasejarah.Prasejarah dimulai dari Paleolitikum (zaman batu tua), diikuti dengan Neolitikum (zaman batu muda) dan Revolusi Pertanian (antara 8000–5000 SM) di kawasan Hilal Subur. Revolusi tersebut merupakan titik perubahan besar dalam sejarah umat manusia karena sejak masa itu mereka telah mampu membudidayakan tumbuhan dan hewan.

Seiring dengan perkembangan pertanian, gaya hidup nomad berubah menjadi gaya hidup menetap sebagai petani. Kemajuan pertanian mengakibatkan pembagian strata pekerja dalam usaha panen. Strata pekerja menyebabkan munculnya strata masyarakat dan perkembangan kota-kota. Banyak kota kuno berkembang di tepi-tepi kumpulan air (danau dan sungai) yang dapat menyokong kehidupan. Pada masa 3000 tahun sebelum Masehi, telah muncul peradaban di lembah Mesopotamia (dataran di antara sungai Tigris dan Efrat) di Timur Tengah,di tepi Sungai Nil, Mesir, dan di lembah Sungai Indus.

Selain itu, peradaban juga muncul di lembah Sungai Kuning. Di tempat-tempat perkembangan peradaban kuno, pertumbuhan masyarakat yang semakin kompleks menyebabkan penciptaan aksara untuk mempermudah usaha administrasi dan niaga.

Sejarah Dunia Lama (khususnya Eropa dan Mediterania) umumnya terbagi menjadi Abad Kuno, yang terhitung dari zaman sebelum 476 Masehi; Abad Pertengahan, dari abad ke-5 hingga abad ke-15, meliputi Zaman Kejayaan Islam (sekitar 750 M hingga sekitar 1258 M) dan Zaman Renaisans Eropa Awal (bermula sekitar 1300 M); Abad Modern Awal,dari abad ke-15 sampai akhir abad ke-18, mencakup Abad Pencerahan; dan Abad Modern Akhir, dari masa Revolusi Industri hingga sekarang, termasuk sejarah kontemporer.

Dalam sejarah Eropa Barat, “Kejatuhan Roma” tahun 476 M umumnya dipandang sebagai penanda akhir Zaman Kuno dan permulaan Abad Pertengahan. Sebaliknya, di Eropa Timur terjadi transisi dari Kekaisaran Romawi menjadi Kekaisaran Bizantium, yang tidak runtuh sampai berabad-abad kemudian. Pada pertengahan abad ke-15, teknik cetak modern yang ditemukan Johannes Gutenberg merevolusi metode komunikasi, dan berperan dalam mengakhiri Abad Pertengahan serta menjadi perintis dalam Revolusi Ilmiah. Pada abad ke-18, akumulasi pengetahuan dan teknologi—khususnya di Eropa.


Komunitas

Ingin bergabung dengan Komunitas Pencinta Sejarah, Baca dulu profilnya dibawah ini.

komunitas logoKOMUNITAS HISTORIA INDONESIA

Artikel Hari ini Dalam Sejarah adalah publikasi harian, Ikuti terus dengan mengunjungi tikum.id.


Anda tertarik untuk berbagi ide dan gagasan maupun informasi komunitas Life-style?
Baca Panduan dan daftar laman pada tautan dibawah ini.



Baca Buku Elektronik – ireader c6 color ebook reader audio listening touch screen 300pi e-ink read Wifi Comiccolor screen e-book Only Chinese language

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen