Hari Ini Sejarah 11 Juni

sejarah mencatat kejadian-kejadian hari dalam sejarah di masa lalu 10 Juni yang akan selalu kita ingat dan kenang sebagai momentum penting dalam sejarah dunia hari ini.

Kapal kapten James Cook kandas di Great Barrier Reef.

Sobattikum, sejarah mencatat kejadian-kejadian hari sejarah 11 Juni di masa lalu yang akan selalu kita ingat dan kenang sebagai momentum penting dalam sejarah dunia hari ini.

Hari ini dalam sejarah 11 Juni

Linimasa dari yang tertua hingga yang paling dekat kemasa sekarang.

  • 631 – Kaisar Dinasti Tang, Taizong, mengirim utusan ke Xueyantuo dengan membawa emas dan sutra demi membebaskan tahanan yang diperbudak setelah ditangkap pada masa transisi dari Dinasti Sui ke Dinasti Tang. Dengan langkahnya itu, Kaisar Taizong berhasil membebaskan 80.000 tahanan pria dan wanita.
  • 1770 – Kapal kapten James Cook kandas di Great Barrier Reef.
  • 1775 – Suami Marie Antoinette, Louis Auguste naik tahta dengan gelar Raja Luis XVI sepeninggalnya Raja Louis XV.
  • 1860 – Residen Belanda di Banjarmasin, F.N. Nieuwenhuijzen mengumumkan penghapusan kerajaan di seluruh Kalimantan termasuk pemerintahan Kesultanan Banjar. Belanda mencabut dukungan kepada Tamjidullah II sebagai Sultan Banjar.
  • 1892 – Limelight Department milik Bala Keselamatan, salah satu studio film tertua di dunia, secara resmi didirikan di Melbourne, Australia.
  • 1913 – Charles Fabry, fisikawan Prancis berhasil menemukan adanya lapisan ozon di atmosfer.
  • 1937 – Marsekal Mikhail Nikolaevich Tukhachevsky dan sejumlah perwira senior Tentara Merah didakwa atas Kasus Organisasi Anti-Soviet Trotsky, pengadilan rahasia selama Pembersihan Besar-Besaran di Uni Soviet.
  • 1938 – Pertempuran antara Tentara Revolusioner Tiongkok dan pasukan Kekaisaran Jepang meletus di Wuhan, Tiongkok. Salah satu pertempuran yang terjadi pada masa Perang Tiongkok-Jepang II itu berhasil dimenangkan oleh Jepang. Jepang kemudian berhasil mencaplok wilayah Wuhan dari tangan Tiongkok
  • 1945 – Raden Mas Suryaguritna adalah nama lain Pakubuwana XII, sebelum naik tahta dan berubah nama menjadi Sri Susuhunan Pakubuwana XII pada tanggal 11 Juni 1945.
  • 1950 – Republik Indonesia Serikat menjadi anggota ke-16 ILO.
  • 1955 – Lebih dari 80 orang terbunuh setelah Pierre Levegh dan Lance Macklin bertabrakan dalam perlombaan 24 Jam Le Mans.
  • 1963 – Pemisahan rasial di Universitas Alabama dihilangkan karena Gubernur George Wallace menyisi perhentian di pintu gedung sekolah.
  • 1964 – Komisi bersama Indonesia-Belanda terbentuk untuk menyelesaikan sengketa Irian Barat sesuai dengan ketentuan dalam Perjanjian New York tahun 1962. Perjanjian tersebut berisi tentang pemindahan kekuasaan atas Irian barat (Papua Barat) dari Belanda ke Indonesia.
  • 1983 – Gerhana matahari total teramati di Indonesia.
  • 1998 – Program Pangan Dunia PBB menyatakan bahwa kelaparan ekstrem telah terjadi di Sudan. Sekitar satu juta orang di Sudan diperkirakan meninggal dunia karena kelaparan.
  • 2003 – Fosil manusia yang diklaim sebagai yang tertua di dunia ditemukan di wilayah Afar, Ethiopia. Fosil tersebut diperkirakan berusia 160.000 tahun
  • 2010 – Pembukaan Piala Dunia FIFA 2010.
  • 2011 – Akhir kegiatan belajar-mengajar tahun ajaran 2010/2011 di Indonesia.
  • 2015 – Sepak bola pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2015: Indonesia lolos ke semifinal setelah mengalahkan Singapura dengan skor 1-0, dalam pertandingan terakhir babak penyisihan grup A di Stadion Jalan Besar.
  • 2015 – Pembukaan Copa América 2015.

Linimasa Sejarah Dunia

Sejarah dunia adalah sejarah umat manusia di seluruh dunia, semua daerah di Bumi, dirunut dari era Paleolitikum (zaman batu tua). Berbeda dengan sejarah Bumi (yang mencakup sejarah geologis Bumi dan era sebelum keberadaan manusia), sejarah dunia terdiri dari kajian rekam arkeologi dan catatan tertulis, dari zaman kuno hingga saat ini.

Pencatatan sejarah dimulai sejak aksara dan sistem tulisan diciptakan, tetapi asal mula peradaban bertolak dari periode sebelum penciptaan tulisan, atau zaman prasejarah.Prasejarah dimulai dari Paleolitikum (zaman batu tua), diikuti dengan Neolitikum (zaman batu muda) dan Revolusi Pertanian (antara 8000–5000 SM) di kawasan Hilal Subur. Revolusi tersebut merupakan titik perubahan besar dalam sejarah umat manusia karena sejak masa itu mereka telah mampu membudidayakan tumbuhan dan hewan.

Seiring dengan perkembangan pertanian, gaya hidup nomad berubah menjadi gaya hidup menetap sebagai petani. Kemajuan pertanian mengakibatkan pembagian strata pekerja dalam usaha panen. Strata pekerja menyebabkan munculnya strata masyarakat dan perkembangan kota-kota. Banyak kota kuno berkembang di tepi-tepi kumpulan air (danau dan sungai) yang dapat menyokong kehidupan. Pada masa 3000 tahun sebelum Masehi, telah muncul peradaban di lembah Mesopotamia (dataran di antara sungai Tigris dan Efrat) di Timur Tengah,di tepi Sungai Nil, Mesir, dan di lembah Sungai Indus.

Selain itu, peradaban juga muncul di lembah Sungai Kuning. Di tempat-tempat perkembangan peradaban kuno, pertumbuhan masyarakat yang semakin kompleks menyebabkan penciptaan aksara untuk mempermudah usaha administrasi dan niaga.

Sejarah Dunia Lama (khususnya Eropa dan Mediterania) umumnya terbagi menjadi Abad Kuno, yang terhitung dari zaman sebelum 476 Masehi; Abad Pertengahan, dari abad ke-5 hingga abad ke-15, meliputi Zaman Kejayaan Islam (sekitar 750 M hingga sekitar 1258 M) dan Zaman Renaisans Eropa Awal (bermula sekitar 1300 M); Abad Modern Awal,dari abad ke-15 sampai akhir abad ke-18, mencakup Abad Pencerahan; dan Abad Modern Akhir, dari masa Revolusi Industri hingga sekarang, termasuk sejarah kontemporer.

Dalam sejarah Eropa Barat, “Kejatuhan Roma” tahun 476 M umumnya dipandang sebagai penanda akhir Zaman Kuno dan permulaan Abad Pertengahan. Sebaliknya, di Eropa Timur terjadi transisi dari Kekaisaran Romawi menjadi Kekaisaran Bizantium, yang tidak runtuh sampai berabad-abad kemudian. Pada pertengahan abad ke-15, teknik cetak modern yang ditemukan Johannes Gutenberg merevolusi metode komunikasi, dan berperan dalam mengakhiri Abad Pertengahan serta menjadi perintis dalam Revolusi Ilmiah. Pada abad ke-18, akumulasi pengetahuan dan teknologi—khususnya di Eropa.


Komunitas

Ingin bergabung dengan Komunitas Pencinta Sejarah, Baca dulu profilnya dibawah ini.

komunitas logoKOMUNITAS HISTORIA INDONESIA

Artikel Hari ini Dalam Sejarah adalah publikasi harian, Ikuti terus dengan mengunjungi tikum.id.


Anda tertarik untuk berbagi ide dan gagasan maupun informasi komunitas Life-style?
Baca Panduan dan daftar laman pada tautan dibawah ini.



Baca Buku Elektronik – ireader c6 color ebook reader audio listening touch screen 300pi e-ink read Wifi Comiccolor screen e-book Only Chinese language

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka