Hari Ini Dalam Sejarah 1 Juni

sejarah mencatat kejadian-kejadian hari dalam sejarah di masa lalu 30 Mei yang akan selalu kita ingat dan kenang sebagai momentum penting dalam sejarah dunia hari ini.

"Pancasila" dikemukakan pertama kalinya oleh Ir. Soekarno lewat pidato "Lahirnya Pancasila" di sidang Dokuritsu Junbi Cosakai sebagai Dasar Negara Indonesia dan diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

Sobattikum, sejarah mencatat kejadian-kejadian hari dalam sejarah 1 Juni di masa lalu yang akan selalu kita ingat dan kenang sebagai momentum penting dalam sejarah dunia hari ini.

Hari ini dalam sejarah 1 Juni dari yang tertua hingga yang paling dekat kemasa sekarang.

  • 193 – Kaisar Romawi Markus Didius dibunuh di istananya.
  • 1638 – Gempa bumi yang pertama kali dicatat terjadi di Amerika Serikat.
  • 1945 – “Pancasila” dikemukakan pertama kalinya oleh Ir. Soekarno lewat pidato “Lahirnya Pancasila” di sidang Dokuritsu Junbi Cosakai sebagai Dasar Negara Indonesia dan diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila.
  • 1984 – Bandar Udara Kemayoran resmi berhenti beroperasi.
  • 1960 – Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya didirikan.
  • 2003 – Republik Rakyat Tiongkok mulai mengisi penampungan air di balik Bendungan Tiga Ngarai, menaikkan permukaan air di dekat bendungan hingga 100 meter.
  • 2008 – Insiden Monas: Aksi demonstrasi Aliansi Kebangsaan Untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) diserang oleh masa beratribut Front Pembela Islam di Monas, 14 orang terluka.
  • 2009 – Air France Penerbangan 447 jurusan Rio de Janeiro-Paris jatuh di Samudra Atlantik pada kedalaman lebih dari 4.000 meter. Menewaskan 228 penumpang dan awak pesawat.
  • 2014 – Basuki Tjahaja Purnama menjadi pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta karena Joko Widodo menjadi capres dalam Pemilihan umum Presiden Indonesia 2014.
  • 2014 – Pengundian nomor urut capres-cawapres Pemilihan umum Presiden Indonesia 2014. Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh nomor urut 1 dan pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Muhammad Jusuf Kalla memperoleh nomor urut 2.
  • 2014 – Stefanny Eveline, Livia Ramadhanty, Krista Natali, dan Yoriko Angeline dinyatakan terpilih menjadi personel grup vokal Teenebelle mengalahkan 16 kandidat potensial lainnya.
  • 2019 – Liverpool Menjuarai UEFA Champions League Musim 2018-2019 setelah mengalahkan Tottenham Hotspurs dengan skor 2-0 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid.

Ingin bergabung dengan Komunitas Pencinta Sejarah, Baca dulu profilnya dibawah ini.

komunitas logoKOMUNITAS HISTORIA INDONESIA

Artikel Hari ini Dalam Sejarah adalah publikasi harian, Ikuti terus dengan mengunjungi tikum.id.


Anda tertarik untuk berbagi ide dan gagasan maupun informasi komunitas Life-style?
Baca Panduan dan daftar laman pada tautan dibawah ini.



Baca Buku Elektronik – ireader c6 color ebook reader audio listening touch screen 300pi e-ink read Wifi Comiccolor screen e-book Only Chinese language

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka