HARI BANK DUNIA BAGI MASYARAKAT DUNIA

1 April juga diperingati sebagai Hari Bank Dunia. Hari dimana dibentuknya organisasi internasional yang didirikan untuk melawan kemiskinan dengan cara membantu membiayai negara di seluruh dunia yang membutuhkan.

hari-worldbank-internasional

Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar tanggal 1 April ? ya memang bukan hari libur nasional, tapi orang selalu ingat dengan hari April Mop. padahal tanggal ini punya makna khusus bagi para pelaku perbankan di seluruh dunia.

1 April juga diperingati sebagai Hari Bank Dunia. Hari dimana dibentuknya organisasi internasional yang didirikan untuk melawan kemiskinan dengan cara membantu membiayai negara di seluruh dunia yang membutuhkan.

Kembali kepada sejarahnya awal terbentuknya Bank Dunia dimulai dalam sebuah konferensi penting di Amerika Serikat, tepatnya di Bretton Woods, New Hampshire. Dalam United Nations Monetary and Financial Conference tersebut, dibuatlah sebuah badan yang nantinya bakal memainkan peran vital dalam perekonomian dunia dan akhirnya disebut sebagai Wold Bank.

hari-worldbank-internasional-2

Negara pertama yang mendapatkan bantuan dari Bank Dunia pada saat itu adalah Perancis. Kala itu mereka membutuhkan dana segar dengan nilai mencapai 250 juta dollar AS, untuk membangun kembali infrastruktur negara mereka yang hancur lebur pasca perang dunia II.

Bank Dunia saat ini berpusat di Washington DC, Amerika Serikat. Namun mereka punya kantor cabang di 11 negara berbeda. Dan sampai saat ini total anggota Bank Dunia berjumlah 184 negara.

World Bank juga bertugas memberikan jasa konsultasi pada negara yang ingin memperbaiki perekonomiannya engan cara menyampaikan solusi terbaik untuk permasalahan kemiskinan dan memperbaiki standar kehidupan para warga di negara terkait.

Sejak tahun 1963, Bank Dunia telah mencairkan dana sekitar 36,5 triliun dollar AS khusus untuk membantu sektor pendidikan.

hari-worldbank-internasional-3

Indonesia dan Bank Dunia pernah punya kaitan yang amat erat. Pada 5 Mei 2010 setelah memutuskan mundur sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjadi wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia selama 6 tahun sebelum kembali menjabat sebagai Mentri Keuangan di Era Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

hari-worldbank-internasional-4

Demikianlah ulasan sejarah Hari Bank Dunia yang perlu sobat tikum ketahui. menarik bukan ?

“It’s not how much money you make, but how much money you keep, how hard it works for you, and how many generations you keep it for.” (Robert Kiyosaki)

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka