Waspada, 6 Hal Sepele yang Punya Dampak Buruk Pada Kesehatan Perempuan

Kesehatan Perempuan

Tikum.id Woman – Masyarakat terutama perempuan kerap memiliki kebiasaan sepele yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan mereka. Apa sajakah itu?

Tahukah Sobat Tikum, bahwa sekitar 85 persen perempuan memiliki masalah kesehatan akibat gaya hidup dan kebiasaan buruk yang mereka lakukan? Hal ini terjadi karena kebanyakan menganggap sepele kebiasaan tersebut dan melakukannya secara rutin. Padahal jika dibiarkan, beberapa kebiasaan buruk bisa jadi pemicu timbulnya penyakit berbahaya seperti kanker atau diabetes.

Lalu, apa saja sih kebiasaan sepele yang dilakukan perempuan dan bisa mengancam kesehatan mereka? Simak ulasan berikut,

1. Kerap Menggunakan High Heels

High heels atau sepatu dengan sol tinggi memang akan membuat kaki terlihat semakin jenjang dan cantik. Tidak heran apabila banyak perempuan yang senang menggunakan sepatu jenis ini ketika bekerja atau beraktivitas di luar rumah. Meskipun terlihat tidak berbahaya, nyatanya penggunaan high heels rutin bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Kaki yang terbiasa memakai high heels rentan mengalami nyeri sendi atau bahkan keseleo. Jika terlalu lama dibiarkan, masalah sendi ini akan berpengaruh ke kesehatan tulang dan menimbulkan masalah di bagian lain tubuh.

2. Lupa Menghapus Make Up

Zaman sekarang hampir semua perempuan pasti menggunakan make up ketika mereka keluar rumah meskipun hanya seulas bedak dan lipstick saja. Sayangnya karena terlalu lelah setelah seharian beraktivitas di luar, banyak perempuan yang malah menghapus make up dan membersihkan wajah sebelum tidur.

Terlihat sepele nyatanya hal ini akan membuat kita memiliki masalah kulit seperti jerawat. Membiarkan make up seperti maskara atau eye shadow juga akan menimbulkan masalah lain seperti iritasi mata.

3. Makan Ketika Merasa Stres

Saat mengalami stres, perempuan kerap meluapkannya dengan cara makan yang banyak. Hal ini tentu saja akan menimbulkan masalah kesehatan pada pencernaan atau bahkan obesitas. Apalagi jika jenis makanan yang dikonsumsi adalah junk food. Jika kebiasaan yang dianggap sepele ini dibiarkan, bukan tidak mungkin akan timbul masalah kesehatan lain seperti kanker atau jantung koroner.

4. Menggunakan Pakaian Dalam yang Tidak Tepat

Siapa sangka salah memilih ukuran atau bahan pakaian dalam ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan. Misalnya, menggunakan bra yang terlalu ketat akan membuat postur tubuh jadi rusak, mudah sakit punggung, dan mengalami iritasi kulit di bagian tubuh tertentu.

Begitu pula ketika memilih celana dalam dari bahan yang tidak ramah kulit atau berukuran lebih kecil. Selain akan menimbulkan iritasi, kita juga bisa mengalami keputihan.

5. Mengabaikan Masalah Gigi

Gigi termasuk salah satu bagian tubuh yang bisa menunjang penampilan perempuan. Sayangnya, beberapa perempuan cenderung mengabaikan kesehatan gigi dan lebih fokus pada hal-hal lain. Mereka kerap malas sikat gigi, membersihkan karang, atau sekadar ke dokter untuk mengecek kesehatan gigi.
Kebiasaan buruk yang terlihat sepele tersebut nyatanya bisa mengancam kesehatan perempuan. Apalagi bagi mereka yang malas sikat gigi hingga memiliki lubang. Gigi berlubang akan menimbulkan bau mulut dan membuat tubuh mudah terserang penyakit karena menjadi sarang bakteri berkembang biak.

6. Malas Berolahraga

Tidak hanya bagi perempuan, kebiasaan sepele ini juga akan menimbulkan masalah kesehatan bagi laki-laki. Olahraga tidak harus dilakukan di Gym SobaTikum, kita juga bisa melakukan olahraga ringan murah meriah seperti jalan kaki keliling komplek, lari kecil mengelilingi rumah, atau beberapa kali sit up setiap sebelum dan bangun tidur.

Nah, itulah beberapa kebiasaan sepele yang mengancam kesehatan perempuan. Kira-kira, mana kebiasaan yang masih SobaTikum lakukan dan harus segera dihentikan? Semoga bermanfaat.