Hak Asasi Binatang

Peringatan Hari Hak Asasi Hewan sedunia tahun ini jatuh pada hari Kamis 15 Oktober. Bukan cuma manusia, Binatang ternyata memiliki hak asasi.

Sobattikum pencinta binatang, hari ini Kamis 15 Oktober 2020 adalah Hari Hak Asasi Hewan sedunia,  diperingati sebagai Hari Hak Asasi Binatang yang didukung penuh oleh organisasi kesehatan hewan dunia (OIE).
Hak asasi hewan, dikenal sebagai kebebasan hewan, merupakan ide hak-hak dasar hewan non-manusia harus dianggap sederajat sebagaimana hak-hak dasar manusia.

Para pencinta dan pendukung melihat hal ini dari posisi filosofis yang berbeda, mulai dari gerakan proteksionis yang dicetuskan filsuf Peter Singer—dengan fokus utilitarian terhadap penderitaan dan konsekuensi, sampai gerakan abolisionis yang dicetuskan profesor hukum Gary Francione, yang menyatakan bahwa hewan hanya butuh satu hak, yaitu hak untuk tidak dijadikan benda atau properti. 

Meski ada berbagai macam pendekatan, mereka semua setuju bahwa hewan harus dipandang sebagai orang non-manusia dan anggota komunitas moral, serta tidak digunakan sebagai makanan, pakaian, subjek penelitian, atau hiburan.

Bagi sobat Animal lover, selamat memperingati hari ini.

Author: Andini

Andini, lengkapnya Restu Ayu Andini adalah Producer di Tikum (PT. Dehaen Media Berkat Indonesia) sejak Juli 2019 dengan expertise dibidang Video scrypt dan Copywriting. Menyukai perjalanan dan kuliner serta fashion. Ardini meluangkan banyak waktu untuk menulis/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *